Inilah Amalan Yang Akan Menghindarkan Dari Siksa Kubur

Updated at : August 19, 2016
Siapa yang tidak takut dengan siksa kubur? Setiap orang atau manusia yang beriman pasti takut akan azab kubur. Bahkan Utsman Bin Affan RA yang merupakan menantu Rasulullah SAW yang telah dijamin oleh Allah akan masuk syurga saja menangis ketika beliau melewati kuburan karena beliau takut dengan apa yang akan terjadi atau yang akan dialami setelah ditempatkan di dalam kubur.

Allah SWT yang Maha Perkasa sudah berjanji kepada seluruh Makhluk-Nya diseluruh muka  bumi tentang satu hari yang pasti akan tiba dan tak ada satupun makhluk yang dapat menolaknya. Yaitu Yaumul Qiyamah atau hari kiamat, dimana setiap Makhluk akan menerima. Tetapi jauh sebelum itu Allah SWT telah menjanjikan kepada seluruh Makhluk khususnya untuk manusia dan jin bahwa akan datang satu saat yang tidak dapat ditolaknya pula, yaitu sakaratul maut.

Setiap makhluk yang mati akan ditempatkan di pekuburan, dan tentu saja akan bertempat di alam kubur. Dan setiap manusia akan mengalami nikmat atau justru siksa di alam kubur sesuai amal perbuatanya selama hidup di dunia.
Amalan agar terhindar dari siksa kubur
ilustrasi : siksa kubur
Seperti firman Allah dalam Surat Al-zalzalah ayat 7 dan 8 yang artinya “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihatnya (balasan)nya.

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula.” Dengan alasan Itulah mengapa Allah SWT memerintahkan makhluk-makhluk Nya untuk berbuat amal sholeh agar terhindar dari siksa kubur. Dan dibawah ini adalah beberapa amalan dan orang yang akan terhindar atau selamat dari azab kubur.

1. Senantiasa Membaca surat Al-Mulk

Amalan agar terhindar dari siksa kubur yang pertama adalah dengan membaca Surat Al-mulk (Tabarakalladzi byadihil mulk) setiap malam. Seperti Sabda Rasulullah SAW “Sesungguhnya ada surat yang terdiri dari 30 ayat yang akan memberi syafaat kepada pembacanya. Sehingga pembacanya itu di ampunkan dosanya, yaitu Tabarakaladzi biyadihil Mulk” (HR. Ahmad).

Selain itu juga ada hadits Seperti Dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: “Siapa yang membaca ‘Tabarakalladzi biyadihil mulk atau Surat Al-mulk setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami dimasa Rasulullah SAW menanamkan Surat tersebut dengan ‘Al-Mani’ah atau penghalang dari siksa di alam kubur. Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah atau Kitab Allah. Siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.”(HR. An-Nasai dan Al-Hakim).

2. Meninggal Saat Berjuang di Jalan Allah

Kemudian untuk orang yang akan selamat dan terhindar dari azab kubur adalah mereka yang meninggal ketika berjuang dijalan Allah. Yang dimaksud dengan berjuang dijalan Allah SWT adalah mereka yang selalu mempertahankan dan menjaga Islam dan wilayah Islam serta membela dan berjuang untuk umat Islam dari serangan-serangan musuh umat Islam.

Seperti Sabda Rasulullah SAW berkata “Berjuang dalam satu hari Dan satu malam di jalan Allah adalah lebih baik daripada shoum atau puasa sebulan penuh yang pada malamnya melakukan shalat malam. Jika dia meninggal, maka mengalir amalnya yang dilakukan dan Allah akan memberikan yang terbaik dan menyelamatkan dari siksa kubur.” (H.R Muslim).

Dalam hadits lain disebutkan “Barang siapa meninggal karena jihad dijalan Allah, Maka Allah SWT akan mengalirkan rizqinya, menyelamatkanya dari semua prahara kubur dan dibangkitkan dari kubur dengan selamat dari malapetaka yang besar.” (H.R Ibnu Majah).

3. Meninggal pada Hari Jumat atau di Malam Jumat

Orang yang akan diselamatkan dari azab kubur yang selanjutnya adalah dia yang meninggal di Hari atau di malam jum’at. Seperti sabda Rasulullah SAW mengenai ini “Barang siapa yang meninggal pada hari atau malam jum’at, maka dia diselamatkan dari siksa kubur, sedangkan pada hari kiamat dia akan datang membawa stempel atau tanda orang-orang yang mati syahid.” (H.R Ahmad Dan Tirmidzi).

4. Mati Syahid

Orang yang akan selamat dari azab kubur yang ke empat adalah dia yang mati syahid. Mati Syahid adalah dia yang mati dalam keadaan sedang berjuang di jalan Allah, yang senantiasa menegakkan kebenaran dan agama Allah.

Seperti Hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Majah bahwa diantara kelebihan dari orang yang mati syahid yang menegakkan Kalimah Allah adalah ia akan dijauhkan dari siksa kubur.

5. Senantiasa Menjaga Sholat Lima Waktu

Amalan yang selanjutnya agar selamat dari siksa kubur adalah memelihara shalat 5 waktu.

6. Membaca Surat Al-Ikhlas

Amalan yang selanjutnya yang bisa menyelamatkan dari siksa kubur adalah senantiasa selalu membaca Surat Al-ikhlas terlebih ketika sedang mengalami kesakitan sakaratul maut.

Al-Imam At-Tabrani mengemukakan Hadits melalui Abdullah b. Asy-Syakhiir bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Siapa mambaca Qul Huwallaahu ahad dalam kesakitan yang membawa matinya, tidaklah ia menderita himpitan kubur atau siksa kubur, dan di hari kiamat kelak, ia dibawa oleh malaikat dengan telapak tanganya sampai terlepas dari Titian Siratul Muntaha dan sampai ke syurga.” (Tentu bagi mereka yang beriman).

7. Sedekah

Amalan yang ke tujuh agar terhindar atau selamat dari siksa kubur adalah dengan membiasakan memberi atau sedekah kepada orang yang membutuhkan. Seperti Uqbah B. Aamir mengemukakan bahwa Rasulullah SAW bersabda

“ Sesungguhnya sedekah itu akan mengurangi kepanasan ( siksaan) kubur dari yang selalu memberi sedekah, dan bahwa sesungguhnya seseorang Mukmin itu akan dapat bernaung dibawah naungan sedekahnya  di hari kiamat.” (HR. At-Tabrani).

8. Wafat karena Sakit Perut

Orang yang akan terhindar atau selamat dari siksa kubur yang selanjutnya adalah dia yang mati atau meninggal karena sakit perut.

Abu Daud Mengemukakan Hadist secara Marfuu’ : “Siapa mati karena penyakit dalam perutnya tidaklah ia disiksa dalam kuburnya.” Juga riwayat Ibnu Majah Al-Baihaqi dan At-Turmidzi dimana dia menganggap hadits itu termasuk Hadits Hasan.

Abdullah bin Yasykur berkata, bahwa dia sedang duduk bersama Sulaiman bin Shard dan Khalid bin Arfadhah ketika orang-orang menyebutkan adanya seseorang yang meninggal karena sakit perut. Keduanya sangat ingin untuk melayat jenazahnya dan salah satunya berkata kepada yang lainya, Barang siapa yang meninggal karena sakit perut, maka dia tidak akan disiksa dalam kuburnya.” (H.R. Tirmidzi dan Ahmad)

Nabi Muhammad SAW bersabda “Orang yang meninggal karena sakit perut adalah mati syahid”. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Ahmad).

9. Membaca Surat Al-Qalam

Amalan selanjutnya yang akan menghindarkan anda dari siksa kubur adalah dengan senantiasa membaca Surat Al-Qalam. Seperti dalam Kitab Tsawabula’mal :147 Imam Ja’far Ash-Shadiqsa berkata : “Barang siapa yang membaca Surat Al-Qalam dalam shalat fardhunya atau shalat sunah nafilahnya, Allah akan menyelamatkan dari kefakiran dan melindunginya dari himpitan atau siksa kubur.

Demikian tadi adalah beberapa amalan dan orang yang akan terhindar atau selamat dari azab kubur. Oleh karena itu hendaklah Anda selalu mengingat bahwa kematian itu pasti, entah kapan dan dimana waktu itu akan tiba. Jadi sudah seharusnya senantiasa melakukan amal-amal soleh, amal kebaikan dan tentu berdoa kepada Allah SWT agar di selamatkan dari siksa kubur dan siksa api neraka.





No comments: