Niat Sholat Tahajud, Tata Cara Dan Keutamaannya

Updated at : January 26, 2017
Niat Sholat Tahajud - Setiap hamba Allah pastilah memiliki keinginan yang hanya dia dan Allah yang mengetahui. Bagi hamba yang beriman, pasti keinginan ini disampaikannya melalui doa atau ibadah lainnya.

Salah satu cara agar doa seorang hamba lebih cepat dan mudah di kabulkan adalah dengan lebih mendekatkan diri pada Allah, yaitu dengan cara menjalankan amalan sunnah. Dan amalan sunnah yang sangat di sarankan oleh Allah dan Rasulullah adalah sholat tahajud.

Sholat Tahajud yaitu sholat sunnah yang di kerjakan pada malam hari setelah sholat isya’ dengan syarat ketika menjalankan shoat sunnah tahajud haruslah tidur dahulu barang beberapa menit saja.

Apabila sholat sunnah tahajud di lakukan sehabis sholat isya’ tanpa tidur terlebih dahulu maka itu tidak di hitung sebagai sholat tahajud melainkan sholat sunnah lainnya seperti sholat witir dan lain-lain.
Bacaan Niat Sholat Tahajud
perjalanantanpahenti.blogspot.com
Tata cara melakukan sholat tahajud pada dasarnya sama saja dengan sholat sunnah lainnya, yaitu mengikuti rukun sholat yang sudah di jelaskan Allah dalam Al-Qur’an dan Rasulullah melalui hadistnya.

Jumlah raka’at sholat tahajud sendiri tidak terbatas, atau sebanyak-banyaknya. Namun setiap 2 raka’at salam, baru kemudian di lanjutkan dengan raka’at berikutnya yang di awali dengan bacaan niat kembali.

Adapun waktu terbaik untuk menjalankan sholat tahajud yaitu pada sepertiga ketiga malam yaitu sekitar pukul 01.00 – tiba waktu subuh. Meskipun begitu, bukan berarti di waktu lain anda tidak akan mendapat keutamaan sholat tahajud, yaitu pada sepertiga pertama malam (pukul 19.00 – 22.00), dan sepertiga kedua malam (pukul 22.00 – 01.00).

Baca juga : Doa Mandi Wajib, Tata Cara Mandi Wajib, Niat Mandi Wajib dan Cara Mandi Wajib Lengkap

Jika sebelumnya telah di jelaskan bahwa rukun sholat tahajud sama dengan rukun sholat lainnya, namun ada satu yang membedakan yaitu bacaan niat sholat tahajud. Ya, tentu saja setiap sholat memiliki bacaan niat yang berbeda, begitupun bacaan niat sholat tahajud.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Bahasa Arab, Latin Lengkap dengan Artinya


Lafadz Niat Sholat Tahajud yang berbeda ini di sesuaikan dengan sholat yang akan di jalankan dan tujuan sholat di jalankan. Adapun bacaan niat sholat tahajud adalah sebagai berikut.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

”USHALLII SUNNATAN TAHAJJUDI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'AALAA”’.

Artinya :
”’ Aku niat Sholat Sunnah Tahajud dua Raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala ”’

Bacaan niat shalat malam (tahajud) tersebut harus anda lafalkan sebelum takbiratul ikhram. Namun tidak hanya di lafalkan dalam lisan saja, niat sholat tahajud tersebut juga harus anda baca atau niatkan dalam hati, karena sesungguhnya Allah mengetahui apa-apa yang ada dalam hati setiap hambanya.

Setelah takbiratul ikram, selanjutnya lanjutkan dengan membaca Fatikhah, suratan pendek, rukuk, i’tidal, sujud, duduk diantara 2 sujud dan tahiyat akhir pada raka’at kedua.

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud 

Tata Cara Sholat Tahajud - Shalat tahajud merupakan sifat orang yang bertakwa dan calon penghuni surga. Berikut tata  cara mengerjakan shalat tahajjud...


  • Membaca doa niat shalat tahajud di dalam hati dibarengi dengan Takbiratul Ihram 
  • Membaca doa Iftitah 
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat yang ada di dalam Al-Qur'an.
  • Ruku sambil membaca bacaan tasbih tiga kali
  • I'tidal sambil membaca bacaannya 
  • Sujud pertama serta membaca Tasbih tiga kali 
  • Duduk diantara dua sujud serta membaca bacaannya 
  • Sujud yang kedua serta membaca tasbih tiga kali. 
  • Setelah selesai rakaat pertama, kerjakan rakaat kedua seperti cara yang diatas, selanjutnya Tasyahhud akhir setelah selesai kemudian membaca salam dua kali, untuk rakaat-rakaat selanjutnya caranya sama seperti contoh yang ada diatas. 



Amalan dan Do'a Setelah Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap
ekoprasetyo20.files.wordpress.com

Selain membaca bacaan sholat, setelah sholat tahajud anda juga di anjurkan untuk membaca doa atau amalan setelah sholat tahajud. Adapun doa atau amalan setelah sholat tahajud yaitu.


  • Membaca istigfar minimal 32 kali atau 100 kali, atau bahkan sebanyak mungkin semampu anda.
  • Membaca doa tasbih sebanyak 32 kali atau lebih.
  • Membaca sholawat Nabi Muhammad SAW sebanyak 32 kali.
  • Membaca  doa setelah sholat tahajud yang berlafazkan :


“Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya :
“Ya Allah, bagimu segala puji. Engkau lah Allah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagimulah segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagimu-lah (Allah) segala puji, Engkau-lah (Allah) yang hak dan janjimu benar dan perjumpaanmu itu adalah hak dan firmanmu adalah benar, dan surga adalah hak dan neraka adalah hak dan Nabi-nabi itu hak benar dan Nabi Muhammad SAW adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar. Ya Allah kepada-Mu lah kamu berserah diri (bertaqwa) kepada Engkau jualah kami kembali dan kepadamulah kami rindu dan kepada Engkaulah kamu berhukum.

Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan yang sebelumnya baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau Allah Rabbul Alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah”.

Seluruh bacaan tersebut memiliki makna serta merupakan panjatkan atas keinginan anda. Tapi setelah membaca betapa panjang dan banyaknya doa yang anda panjatkan ketika sholat tahajud, apakah anda mengetahui fadilah atau keutamaan yang bisa anda peroleh ketika melaksanakan sholat tengah malam ini?

Berikut ini fadilah dari sholat tahajud

Lafadz Niat Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab, Tulisan Latin lengkap Terjemahannya.
pinterest.com

  • Orang yang menjalankan sholat tahajud dalam hidupnya akan mendapat tempat yang terpuji. Hal ini di jelaskan Allah dalam Al-Qur’an yaitu “Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu : mudah-mudahan Tuhan-Mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji (QS : Al-Isra : 79).
  • Allah menyebut orang yang melaksanakan sholat tahajud sebagai musihin dan berhak mendapatkan segala kebaikan dari-Nya dan rahmat-Nya. Allah telah berfirman : Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang di berikan mereka kepada Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir makam mereka memohon ampun (kepada Allah) . (QS :Az-Zariyah : 15-18).
  • Allah memuji orang yang melaksanakan sholat tahajud dan di kelompokkan kedalam hamba yang baik. Allah berfirman : Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka (QS : Al-Furqan : 63-63).
  • Allah bersaksi atas orang-orang yang menjalankan sholat tahajud bahwa mereka ialah orang beriman. Terangkum dalam firman Allah : Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila di peringatkan dengan ayat-ayat Kami, mereka menyungkurkan sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa tahajud dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Seorangpun tidak mengetahui apa yang di sembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang meyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan (As-Sajdah : 15-15)
  • 4 fadilah tersebut merupakan sebagian fadilah yang akan anda dapatkan kelak, masih banyak fadilah lain yang juga Allah janjikan kepada hambanya yang mau menjalankan sholat tahajud.


Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk para pengunjung semua, demikian pembahasan singkat mengenai Lafadz Niat Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab, Latin lengkap dengan Terjemahannya.





No comments: