Tata Cara Shalat Istikharah, Bacaan Doa dan Niat Serta Keutamaan Shalat Istikharah

Updated at : August 15, 2016
Shalat Istikharah - Manusia adalah makhluk Tuhan yang penuh dengan kekhilafan. Tidak hanya dalam tindakan, namun kekhilafan manusia juga dapat berasal dari pilihan tindakan atau pilihan hatinya.

Saat manusia khilaf atau salah menentukan pilihan, itu sudah pasti karena dirinya tidak memohon petunjuk Allah sang Maha Pemberi Petujuk. Ya, mungkin saja setiap manusia pernah mengalami keraguan untuk memutuskan 2 atau lebih perkara.

Ketika seorang hamba merasa demikian, apa yang dapat di lakukan agar pilihannya tepat? Satu-satunya cara yaitu dengan memohon petunjuk Allah melalui doa atau pun dengan sholat, yaitu shalat istikharah

Sholat istikharah sendiri merupakan sholat yang sifatnya sunah dan hanya di jalankan ketika seorang hamba merasa ragu untuk memilih 2 atau lebih perkara. Pengertian ini berasal dari nama sholat istikharah sendiri yang dalam bahasa Indonesia artinya memilih.

Karena Allah SWT telah menjanjikan kebaikan bagi siapa saja yang mau meminta tolong kepada Allah dengan penuh kesabaran. Hal ini di buktikan dengan firman Allah yang berbunyi :

‘Wasta’inu bis shobri was sholah’ (minta tolonglah kepada Allah dengan sabar dan sholat)
Setelah mengetahui fadillah atau manfaat menjalankan shalat istikharah, tentu tidak ada hal lain yang perlu anda lakukan saat sedang ragu atau gelisah terhadap suatu pilihan melainkan menjalankan shalat istikharah dan memohon petunjuknya.

Lalu kapan anda bisa menjalankan sholat istikharah? Sholat sunah yang satu ini dapat anda jalankan kapan saja, bisa siang hari atau pun malam. Yang terpenting jangan melakukan sholat di waktu-waktu terlarang untuk sholat, yaitu setelah sholat subuh (sebelum masuk waktu dhuha) dan setelah sholat ashar (sebelum masuk waktu magrib).

Akan tetapi, waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat istikharah yaitu pada malam hari. Lebih tepatnya yaitu pada sepertiga ketiga malam atau pukul 01.00 sampai masuk waktu subuh.

Sepertiga ketiga malam ini merupakan waktu istimewa dimana Allah akan mengijabah apa yang di inginkan oleh hamba-Nya, begitu pun dengan permohonan untuk memohon petunjuk menentukan pilihan juga akan lebih mudah di ijabah jika di panjatkan pada waktu tersebut.

Kemudian bagaimana tata cara sholat istikharah? Sebenarnya tata cara menjalankan sholat istikharah sama dengan tata cara atau rukun sholat sunah maupun wajib lainnya. Yang membedakan hanyalah bacaan niat sholatnya.

Bacaan Niat Shalat Istikharah Bahasa Arab, Latin Lengkap dengan Artinya


Lafadz Niat Shalat Istikharah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

”USHALLI SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA”.

Artinya : 
” Aku Niat Shalat Sunah Istikharah dua Raka’at karena AllohTa’ala ”.


Tata Cara Shalat Istikharah


  • Membaca bacaan niat shalat istikharah di atas dalam hati sembari takbiratul ikhram.
  • Membaca doa iftitah.
  • Membaca suratan wajib, yaitu surat Al-Fatihah.
  • Membaca suratan pendek, suratan pendek yang utama di baca pada raka’at pertama adalah surat Al-Kafirun, dan pada raka’at kedua yaitu surat Al-Ikhlas.
  • Rukuk dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali.
  • I’tidal dengan membaca bacaannya.
  • Sujud pertama dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali.
  • Duduk diantara dua sujud dengan membaca bacaannya.
  • Sujud kedua dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali.
  • Bangkit dan ulangi tata cara tersebut.
  • Pada raka’at kedua di lanjutkan dengan duduk tasyahud akhir dengan membaca bacaannya.
  • Salam 2 kali.


Bacaan Doa Setelah Shalat Istikharah


Setelah selesai menjalankan shalat istikharah, sebaiknya lanjutkan dengan amalan seperti berdzikir dan membaca doa setelah sholat istikharah. Amalan yang dianjurkan setelah menjalankan sholat istikharah adalah :


  • Membaca istighfar.
  • Membaca sholawat Nabi Muhammad SAW.
  • Membaca tahmid dan tasbih sebanyak-banyaknya.
  • Membaca surat Al-Fatihah.
  • Di lanjutkan dengan membaca doa setelah shalat istikharah, yang berbunyi :


Bacaan Doa setelah Shalat Sunnah Istikharah


ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.

Arti Doa Setelah Shalat Istikharah diatas, 
"Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu."

Dengan cara inilah seorang hamba akan mendapat petunjuk dari Allah akan apa yang dia ragukan selama ini. Lalu apakah hanya sebatas itu saja manfaat atau fadilah menjalankan shalat istikharah?Tentu saja tidak, ada beragam fadilah yang dapat anda peroleh dengan menjalankan sholat sunah yang satu ini.


Berikut beberapa di antara fadilah shalat istikharah :


1. Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa dengan menjalankan shalat istikharah anda rasa ragu terhadap suatu pilihan akan hilang tergantikan dengan kemantapan hati.

2. Tentu saja kemantapan hati yang Allah berikan kepada hamba-Nya yang menjalankan sholat istikharah adalah kemantapan hati akan pilihan yang tepat. Pilihan yang tepat ini tidak selalu menurut manusia adalah yang terbaik, namun yang terbaik menurut pandangan Allah SWT.

3. Setelah menjalankan shalat istikharah, insya Allah hamba-Nya akan terhindar dari kesalahan menentukan pilihan karena Allah telah memberikan petunjuk kepadanya.

4. Allah akan menunjukkan bantuan atau tuntunannya dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan memantapkan hati hambanya untuk menentukan pilihan.

5. Setiap ibadah yang di lakukan seorang hamba selain memiliki tujuan tertentu pastinya juga akan membawa hamba tersebut lebih dekat dengan Allah SWT.

Jika seorang hamba telah memasrahkan segala sesuatunya hanya kepada Allah tanpa lepas dari usaha yang telah di lakukan sebelumnya, pasti Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya tersebut dalam kesesatan.

Jika sudah membaca semua amalan tersebut, maka yang perlu anda lakukan yaitu terus berharap akan petunjuk Allah sembari menunggu petunjuk yang akan di berikan Allah SWT.

Baca juga :
Keutamaan Puasa Rajab dan Keistimewaan Bulan Rajab
Niat Puasa Ramadhan, Hukum, Keutamaan Serta Hikmahnya
Niat Puasa Senin Kamis Dan Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Diri Anda
Niat Sholat Tarawih dan Keutamaan Menjalankan Sholat Tarawih
Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap
Tata Cara Sholat Hajat, Bacaan Doa dan Niat Serta Keutamaan Sholat Hajat

Allah biasanya akan memberikan petunjuk kepada hamba-Nya melalui mimpi. Meskipun begitu, anda tetap saja harus berhati-hati karena bisa saja mimpi tersebut berasal dari syetan. Baiknya anda mengikuti kata hati setelah memasrahkan segalanya kepada Allah.

Itulah Tata Cara Shalat Istikharah, Bacaan Doa dan Niat Serta Keutamaan Shalat Istikharah  dalam Bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahannya. Silakan kamu pelajari dan hafalkan. Semoga dengan melakukan Sholat Istiharah dan membaca Doa Sholat istikharoh, Kamu segera memperoleh petunjuk oleh Allah SWT untuk masalh yang sedang kamu hadapi. Amien. 




No comments: