Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap

Updated at : August 12, 2016
Sholat tahajud adalah adalah Sholat Sunnah yang di;lakukan pada waktu malam hari sedikitnya dua Raka’at atau tidak terbatas jumlahnya dimana tiap-tiap dua Raka’at di barengi dengan salam. Tetapi ada juga yang mengatakan maksimal 8 sampai 12 rakaat.

Pelaksanaan sholat ini secara umum sama seperti sholat sunnah pada umumnya. Pada dasarnya gerakan dan bacaan sholat sunnah ini tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya yang membedakan adalah waktu pelaksanaannya serta niatnya.

Untuk waktu melakukan sholat tahajud yaitu setelah sholat isya sampai dengan terbitnya fajar, tetapi dengan catatan harus tidur terlebih dahulu walapun hanya sebentar.

Mampu menjalankan ibadah sunnah adalah suatu keindahan tersendiri dalam diri seseorang. Pasalnya, tidak semua orang mau atau mampu untuk menjalankan ibadah yang sifatnya tidak diharuskan ini.

Namun, tanpa anda sadari, ternyata ibadah sunnah sering kali memiliki fadilah atau keutamaan yang luar biasa ketika di jalankan. Salah satu ibadah sunnah yang memiliki fadilah luar biasa besarnya yaitu sholat tahajud.
Sholat Tahajud Lengkap
google.com

Hukum Sholat Tahajud


Hukum memengerjakan sholat tahajud adalah sunnah muakkad atau sangat disunnahkan untuk di kerjakan.

Pengertian lain dari sunnah muakkad yaitu amalan sunnah yang selalu dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW atau sunnah yang jarang tidak di lakukan oleh Nabi SAW.

Contoh lain sholat sunnah muakkad adalah sholat sunnah dhuha serta sholat sunnah tarawih pada bulan ramadhan.

Sholat sunnah yang di jalankan pada malam hari ini sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini di buktikan dengan berbagai hadist yang menjelaskan perintah serta keutamaan menjalankan sholat tahajud.

Selain waktunya yang memang kebanyakan orang menghabiskan waktu tersebut untuk beristirahat, banyak juga yang tidak melakukan sholat tahajud dengan alasan tidak faham dengan tata cara sholat tahajud.

Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara sholat tahajud beserta dengan bacaan yang di lafalkan.

Bacaan Doa Niat Shalat Tahajjud 


Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud - Dalam membaca doa niat shalat tahajjud dapat diucapkan secara lisan atau dalam hati, tapi lebih baik diucapkan dalam hati.

Membaca niat shalat tahajjud dibaca saat/berbarengan takbiratul ihram.

Bacaan niat sholat tahajud

Bacaan Doa Niat Shalat Tahajjud: "Ushalli sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillahi ta'aala".
Artinya: "Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah ta'ala". 

Waktu Mengerjakan Sholat Tahajud


1. Waktu mengerjakan sholat sunnah tahajud pertama yaitu pada sepertiga malam pertama  yang terdapat pada pukul 19.00 sampai 22.00.

2. Waktu mengerjakan sholat sunnah tahajud kedua yaitu pada sepertiga malam kedua yang terdapat pada pukul 22.00 sampai 01.00.

3. Waktu mengerjakan sholat tahajud ketiga yaitu pada sepertiga malam kedua yang terdapat pada pukul 01.00 sampai masuk waktu subuh.Waktu ini adalah  waktu paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud.

Baca Juga :
Niat Sholat Tarawih dan Keutamaan Menjalankan Sholat Tarawih
Niat Puasa Senin Kamis Dan Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Diri Anda
Niat Puasa Ramadhan, Hukum, Keutamaan Serta Hikmahnya
Doa Mandi Wajib, Tata Cara Mandi Wajib, Niat Mandi Wajib dan Cara Mandi Wajib Lengkap
Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi dan Kisah Penuh Hikmah di dalamnya
Keutamaan Puasa Rajab dan Keistimewaan Bulan Rajab

Jumlah Raka’at Sholat Tahajud


Untuk sholat sunnah tahajud, jumlah raka’at yang bisa anda kerjakan tidak terbatas. Namun untuk jumlah minimalnya yaitu 2 raka’at.

Meskipun tidak terbatas jumlahnya, namun sholat di lakukan dengan cara 2 raka’at salam kemudian di lanjutkan dengan dari awal lagi (membaca niat dan seterusnya). Tetapi ada juga yang menyebutkan jika maksimal 8 sampai 12 rakaat.
Cara Mengerjakan Shalat Tahajud Terlengkap
Ilustrasi, via tribunnews

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud


  1. Membaca niat sholat tahajud di dalam hati, dan di lakukan bersamaan dengan takbiratul ikhram.
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca suratan wajib, yaitu Fatihah.
  4. Membaca suratan pendek, surat yang di sarankan saat raka’at pertama adalah surat AL-Kafirun, dan saat raka’at kedua adalah surat Al-Ikhlas.
  5. Rukuk dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali.
  6. I’tidal dengan membaca bacaannya.
  7. Sujud pertama dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali.
  8. Duduk di antara dua sujud dengan membaca bacaannya.
  9. Sujud kedua dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali pula.
  10. Lakukan cara sholat tahajud tersebut hingga dua raka’at, dan pada raka’at kedua di lanjutkan dengan duduk tasyahud akhir sabil membaca bacaannya.
  11. Salam 2 kali.


Bacaan Niat dan Doa Setelah Sholat Tahajud


Setelah sholat membaca istigfar sebanyak 100 kali atau lebih.

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap Dengan Bacaannya

Membaca doa tasbih sebanyak 32 kali atau lebih.

doa setelah sholat tahajud


Membaca sholawat nabi Muhammad SAW sebanyak 32 kali atau lebih.

Cara Sholat Tahajud Lengkap Dengan Bacaannya


Membaca doa setelah sholat tahajud yang berlafal :

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ 

Bacaan Do'a setelah sholat tahajud dalam bahasa Indonesia :

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya : 
“Ya Allah, bagimu segala puji. Engkau lah Allah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya.Bagimulah segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi.Bagimu-lah (Allah) segala puji, Engkau-lah (Allah) yang hak dan janjimu benar dan perjumpaanmu itu adalah hak dan firmanmu adalah benar, dan surga adalah hak dan neraka adalah hak dan Nabi-nabi itu hak benar dan Nabi Muhammad SAW adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar. Ya Allah kepada-Mu lah kamu berserah diri (bertaqwa) kepada Engkau juahlah kami kembali dan kepadamulah kami rindu dan kepada Engkaulah kamu berhukum.

Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kamu lakukan dan yang sebelumnya baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan.Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau Allah RabbulAlamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah”.

Aktifitas setelah menjalankan sholat tahajud


Setelah selesai menjalankan sholat tahajud, anda bisa kembali beristiharat dengan sebelumnya membaca ayat kursi, surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, serta surat An-Nas.

Atau jika anda tidak menghendaki untuk tidur kembali, maka bisa membaca Al-Qur’an sembari menunggu datangnya waktu sholat subuh.

Jika sudah mengetahui tata cara sholat tahajud, sepertinya tidak ada lagi alasan untuk tidak menjalankan sholat sunnah mu’akkad ini. Apabila ada merasa kesulitan untuk menghafalkan doa setelah tahajud yang terbilang cukup panjang tersebut, maka anda bisa membacanya.

Atau anda juga bisa melafalkannya dalam bahasa sendiri, seperti bahasa Indonesia. Karena Allah Maha Pintar dan Maha Mengetahui sehingga anda tidak perlu resah jika pesan yang di sampaikan alam doa tersebut tidak akan di dengar Allah SWT. Bermunajahlah kepada Allah. Sampaikan semua masalah yang ada dalam hati anda, kemudian tutup dengan doa yang diiringi dengan tangis dan rasa takut, lemah dan harap di hadapan Allah SWT.

Sehubungan dengan sifat sholat tahajud yang merupakan sholat sunnah mu’akkad, yaitu sholat sunnah yang sangat di anjurkan, Nabi Muhammad telah menjelaskannya dalam hadist yaitu :
"Hai kalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Surga dengan selamat." (HR. Tirmidzi)
"Seutama-utama sholat sesudah sholat fardhu ialah sholat sunnah di waktu malam." (HR. Muslim)
Dari Jabir R.A. yang berkata: "Aku mendengar Rasulullah SAW. Bersabda: "Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat seorang Muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya), dan itu setiap malam." (HR Muslim dan Ahmad).
"Lazimkan dirimu untuk sholat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa."(HR Ahmad).
Selain itu, Allah juga telah menjelaskan betapa di anjurkannya sholat tahajud. Juga Allah SWT telah menjelaskan keistimewaan dan keutamaan menjalankan sholat Tahajud. Penjelasan Allah SWT ini di sampaikan melalui firmannya yang tercatat dalam Al-Qur’an yaitu.
"Pada malam hari, hendaklah engkau sholat tahajud sebagian tambahan bagi engkau.Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji. (QS. Al-Isra: 79). 
Semoga uraian singkat mengenai tata cara mengerjakan sholat tahajud di atas bermanfaat bagi pembaca semua.





No comments: