Tips Sehat Saat Berpuasa Agar Badan Tetap Fit Dan Fresh

Updated at : August 05, 2016
Bagi yang beragama Islam, wajib hukumnya (kecuali mereka yang diperbolehkan tidak berpuasa) untuk menjalankan kegiatan puasa Ramadhan. Yaitu menahan hawa nafsu serta makan dan minum dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam. Agar tubuh anda tetap berenergi dan bugar, yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi anda.

Tips Sehat Saat Berpuasa Ramadhan. Memang, puasa akan menimbulkan pengaruh terhadap metabolisme tubuh anda. Jika asupan nutrisi tidak tepat maka metabolisme tubuh anda akan melambat selama puasa. Namun bukan berarti membuat tubuh anda tidak bugar. Justru puasa sangat mendukung kesehatan tubuh anda tetap bugar apa bila diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga.
Tips Sehat Saat Berpuasa
beritasehatlengkap.blogspot.com
Jadi bagaimana cara Tips Sehat Saat Berpuasa agar badan selalu fit dan fresh?

1. Jangan Lewatkan Sahur

Jangan sampai anda ogah-ogahan bangun bahkan hingga melewatkan santap sahur. Mengapa? karena tubuh anda memerlukan nutrisi untuk menjalani aktivitas selama puasa. Oleh sebab itu, anda harus mengkonsumsi nutrisi yang tepat melalui santap sahur.

2. Cegah Dehidrasi

Jangan lupakan sayur sayuran dan buah-buahan, Terutama sayuran dengan kandungan air tinggi seperti mentimun, selada, lobak, seledri, kembang kol, terong, kubis merah, atau paprika. Buah-buahannya antara lain semangka, stroberi, jeruk, melon, atau buah persik. Buah dan sayuran akan membantu tubuh anda tetap terhidrasi sekaligus menambah elektrolit, vitamin, dan mineral.

3. Cerdas Memilih Karbohidrat

Jika sebelumnya Anda sering mengkonsumsi nasi putih saat sahur yang merupakan karbohidrat sederhana, coba ganti dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti kacang kacangan, beras merah, lentil, atau gandum. Karbohidrat kompleks akan dilepaskan secara perlahan sehingga membuat tubuh anda merasa kenyang lebih lama.

4. Jangan Lupakan protein

Protein juga akan membantu tubuh anda merasa kenyang lebih lama. Untuk itu, setiap makan sahur maupun berbuka sebaiknya tambahkan protein. Misalnya, ketika berbuka makan protein dari dada ayam atau ikan bersama beberapa sayuran hijau untuk seratnya. Sementara ketika sahur siapkan telur oatmeal dengan susu dan kacang almond.

5. Perhatikan Apa Yang Anda Minum

Tetap terhidrasi adalah kunci utama agar puasa anda berjalan lancar. Cara mudahnya adalah dengan minum segelas air putih saat mengawali berbuka, kemudian minum 2-3 gelas air ketika berbuka dan sahur.

6. “Balas Dendam”( Berbuka secukupnya )

Jangan saat berbuka anda sebagai balas dendam. Karena tak sabar, anda langsung berbuka dengan porsi besar. Jika ini dilakukan, bukan tidak mungkin sistem pencernaan anda akan “kaget” dan menimbulkan gangguan pencernaan seperti kembung, mual, atau sebah. Oleh karena itu janganlah berlebihan makan saat berbuka puasa, Sebaiknya ikuti sunnah Nabi Muhammad yaitu berbuka dengan makan buah kurma dan minum minuman yang manis atau sekedar air saja. Minumlah cukup air guna mengganti cairan tubuh yang hilang selama anda berpuasa.

7. Kadar Gula Darah Menurun

Ketika berpuasa, maka kadar gula darah dalam tubuh anda menurun drastis. Karena itu, makanan (karbohidrat sederhana) atau minuman yang manis akan lebih mudah diproses menjadi glukosa yang kemudian diubah menjadi energi dan membuat tubuh anda kembali segar. Namun ingat, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

8. Snack Malam Bergizi

Menu berbuka yang bergizi dan cukup akan membuat tubuh anda lebih berenergi dan tidak kekenyangan ketika melakukan sholat tarawih. Setelah tarawih, anda dapat melanjutkan makan-makanan ringan namun pilihlah makanan yang sehat seperti buah-buahan, roti gandum, kolak ubi, atau oatmeal cookis.

9. Konsumsi Lemak Baik

Lemak, terutama lemak baik (HDL)juga diperlukan tubuh anda untuk menyerap nutrisi. Dan juga Lemak baik juga berperan penting dalam menyediakan energi, membantu menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Lemak baik bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan buah seperti alpukat.

10. Kurangi garam

Sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang asin-asin baik saat sahur dan berbuka. Mengkonsumsi makanan tinggi garam dapat membuat tubuh anda cepat lapar dan dehidrasi.
Tips sehat saat berpuasa, Kemudian pola makan juga sangat berpengaruh dalam hal menjaga stabilitas tubuh ketika sedang berpuasa, pola makan yang teratur dan baik dapat membantu tubuh untuk tetap fit. Banyak pola makan yang kita pakai namun ternyata tidak tepa saat kita terapkan saat berpuasa, anda harus benar mengatur pola makan agar tubuh anda tetap terjaga saat berpuasa.
makanan sehat saat puasa

Contoh Pola Makan Selama Puasa


Tips sehat saat berpuasa, pada awal berbuka, jangan langsung menyantap hidangan dalam porsi besar. Banyak sudah dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis, namun perlu diperhatikan untuk tetap tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Ikuti contoh pengaturan pola makan yang dirancang khusus saat anda sedang menjalankan ibadah puasa.

Menu Sehat Buka Puasa (Takjil)

- 1 Gelas Air Putih dan teh manis
- Makanan ringan (Bakwan, ubi ubian)
Menu Buka Puasa (Menu Utama)
- 25 gram beras merah
- 50 gram dada ayam/ikan/sapi
- 50 gram tempe/tahu
- 50 gram sayuran

Snack Malam

- 1 buah apel
Menu Sahur
- 50-80 gram beras merah
- 100 gram dada ayam/ikan/sapi
- 100 gram sayuran
- 1 gelas air putih


Tips sehat saat berpuasa


• Makanan yang ideal adalah rendah lemak, rendah karbohidrat dan tinggi protein.
• Pengolahan daging bisa dimasak dengan direbus, dibakar, atau dipanggang asal tidak digoreng dengan minyak.
• Menu tersebut  bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh anda.
• Saat sahur sebaiknya jangan konsumsi  makanan/minuman yang manis.
• Mengkonsumsi 500 ml- 1 liter air selama berolahraga.

Selama berpuasa, metabolisme tubuh anda juga akan ikut terpengaruh jika asupan nutrisi kurang, maka proses metabolisme tubuh akan melambat (malah menyebabkan letih, tidak bersemangat dan bahkan kegemukan). Namun, bukan berarti hal tersebut membuat anda tidak bersemangat selama puasa.

Kuncinya adalah pada asupan nutrisi yang tepat apabila asupan nutrisi tubuh anda tepat, maka anda akan menjalani ibadah puasa dengan tubuh lebih bugar dan berenergi.

Bagi anda yang sering merasa lemas dan tidak bertenaga saat menjalankan puasa coba mulai anda ubah pola makan dan perhatikan semua asupan-asupan tubuh kita agar tubuh kita dapat menstabilkan kondisi yang turun saat kita berpuasa karena pada dasarnya berpuasa itu menyehatkan, jika kita jalani dengan baik dan benar.

Kurangi rokok bagi anda kaum kaum perokok aktif, karena rokok dapat menyebabkan dehidrasi yang cukup signifikan, biasanya bagi para perokok kegiatan merokok yang wajib adalah setelah menyantap makanan apalagi saat berpuasa setelah berbuka dan setelah sahur rasanya tidak enak jika tidak merokok, asap yang anda hirup sangat sangat mengganggu stabilitas tubuh dalam menjaga kondisi normalnya.

Dan juga jangan terlalu tergoda dengan segala macam bentuk makan yang menggugah selera makan namun tidak memperhatikan kandungan-kandungan yang ada dalam makan tersebut yang mana bisa mengganggu kondisi tubuh saat berpuasa dan dapat mengganggu kenyamanan puasa anda.

Jadi berpuasa sehat sebenarnya tidaklah susah tergantung bagaimana kita memahaminya.





No comments: