Inilah Daftar Lengkap Gunung Tertinggi di Dunia Beserta Ketinggiannya Yang Wajib Kamu Ketahui

Updated at : July 25, 2017
10 Gunung Tertinggi di Dunia – Jika tinggi gunung di ukur mulai dari permukaan air laut maka gunung yang paling tinggi di dunia Gunung Everest yang terletak di Pengunungan Himalaya dengan ketinggiannya kurang lebih sekitar 8.848 meter atau 29.029 kaki dari permukaan laut. Ketinggian yang di miliki oleh gunung ini menjadikan Everest yang berada di wilayah negara Negara Nepal dan Provinsi Tibet negara Tiongkok sebagai tujuan wisata ekstrim.

Seperti kita tahu gunung merupakan pasak dari bumi, Yang maksudnya adalah gunung-gunung menjaga bumi tempat kita berpijak tetap seimbang. Gunung tersebar di seluruh wilayah bumi, mulai dari gunung berapi dan gunung tidak berapi atau gunung yang sudah tidak aktif lagi.

Pada kesempatan kali ini kopi-ireng.com akan mencoba membahas tentang gunung-gunung paling tinggi di dunia. Saat ini terjadi perdebatan mengenai penentuan peringkat gunung paling tinggi yaitu ada yang mengukur tinggi dari dasar laut dan ada yang mengukur tinggi gunung mulai dari permukaan air laut.

Selain itu ada juga yang hanya menuliskan nama puncak gunungnya saja dari suatu pegunungan. Agar tidak membuat bingung pembaca semua, kami akan membahas satu persatu berdasarkan cara pengukurannya dan juga standart lainnya.

Daftar Gunung Tertinggi di Dunia


Yang pertama yang akan kita bahas adalah gunung tertinggi di dunia yang ketinggiannya mulai diukur dari permukaan laut. Gunung-gunung ini tersebar di berbagai belahan dunia, ada yang di benua Asia, benua Amerika, benua Afrika dan belahan bumi lainnya. Berikut pembahasan selengkapnya:
gunung tertinggi di dunia mount everest
Gunung paling tinggi di dunia

1. Gunung Everest

Gunung Everest
Gunung Everest
Everest memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 8.848 meter atau 29.029 kaki , Mount Everest adalah puncak gunung tertinggi yang ada di bumi ini. Everest terletak di perbatasan antara Negara Nepal dan Negara Tiongkok tepatnya di provinsi Tibet. Selain itu Everst juga merupakan salah satu puncak paling tinggi yang ada di pegunungan Himalaya.

Karena Everest merupakan gunung tertinggi di dunia, membuatnya menarik banyak perhatian dari para pendaki gunung dari berbagai belahan dunia. Jumlahnya sudah tidak terhitung lagi berapa yang telah mencoba untuk mencapainya. Karena suhu di sana yang ekstrim dan tingginya tidak sedikit pendaki yang meninggal di tengah perjalanan saat mendaki.

Pada tanggal 29 Mei tahun 1953, 2 orang pendaki yang bernama Sherpa Tenzing Norgay yang berasal dari Nepal dan Edmund Percival Hillary yang berasal dari Selandia Baru menjadi orang yang pertama mencapai puncak paling tinggi di dunia ini.

Tinggi                 : 8.848 meter (29.029 kaki)
Pengunungan      : Himalaya
Letak                   : Nepal dan Tiongkok (Tibet)
Nama lain            : Sagarmatha dan Chomolungma
Pendaki Pertama yang mencapai puncak adalah Edmund Hillary dan Tenzing Norgay (Tahun 1953)
Rute termudah     : South Col (Nepal)

2. Gunung Aconcagua

Gunung Aconcagua
pixabay
Akonkagua merupakan sebuah gunung yang terletak di Argentina, dekat perbatasan dengan negara Chili. Gunung ini terletak di pegunungan Andes di bagian barat di negara itu. Aconcagua mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 6.962 meter (22.841 kaki) dan adalah gunung terbesar di benua Amerika. Tepatnya Aconcagua ini di Provinsi Mendoza.

Orang pertama yang menjadi pendaki gunung Aconcagua adalah Matthias Zurbriggen di tahun 1897.

Tinggi           : 6.962 meter atau 22.841 kaki
Pegunungan  : Andes
Letak             : Negara Argentina dekat perbatasan Chili.
Pendaki Pertama : Matthias Zurbriggen pada tahun 1897


3. Gunung McKinley

Gunung McKinley
pixabay
Denali atau yang biasa di kenal dengan nama Gunung McKinley adalah gunung paling tinggi di Amerika Utara yang puncaknya berada pada ketinggian 6.168 meter atau 20,237 kaki di atas permukaan air laut.  Menurut wikipedia Denali adalah gunung daratan tertinggi di dunia.

Tinggi                : 6.618 meter atau 20.237 kaki
Pegunungan       : Alaska
Letak                  : Denali National Park and Preserve, Alaska Amerika Serikat
Pendaki Pertama : Hudson Stuck, Harry Karstens, Walter Harper dan Robert Tatum pada tanggal 7 Juni tahun 1913
Rute termudah     : West Buttress Route (pendakian gletser atau salju)

4. Gunung Logan

Gunung Logan
pixabay
Gunung Logan merupakan gunung tertinggi yang terletak di Negara Kanada dan menjadi gunung kedua tertinggi di wilayah Amerika Utara setelah Gunung McKinley. Nama gunung Logan berasal dari nama William Edmond Logan, Dia adalah seorang geologis yang berasal dari Kanada dan juga pendiri dari Komisi Geologis Kanada.

Tinggi                : 5,959 meter (19,551 kaki)
Pegunungan       : Santo Elias
Letak                  : Kanada
Pendaki Pertama : Pada tahun 1925 oleh A.H. MacCarthy

5. Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro
pixabay
Kilimanjaro atau dulu disebut Kaiser-Wilhelm-Spitze adalah gunung di timur laut Tanzania. Puncak Gunung Kilimanjaro merupakan puncak tertinggi di Benua Afrika, dengan ketinggiannya sekitar 5.895 meter di atas permukaan air laut.

Kilimanjaro merupakan gunung api strato raksasa yang sekarang sudah tidak aktif lagi, Tetapi mempunyai fumarol yang mengeluarkan gas pada kawahnya yang terletak pada puncak utama Kibo. Di Negara Tanzania, puncak Kibo dikenal dengan Puncak Uhuru. Selain kibo kerucut volkanik yang cukup terkenal lainnya adalah Mawenzi dan Shira.

Gunung ini terletak pada kawasan Kilimanjaro National Park, di wilayah negara Tanzania Afrika.

Tinggi                : 5.895 meter (19.340 kaki)
Jenis            : Stratovolcano
Letak                  : Tanzania
Pendaki Pertama : Johannes Kinyala Lauwo dari korps pengintai angkatan darat Marangu merupakan orang pertama yang berhasil mencapai Kibo atau Puncak Uhuru dan selanjutnya berhasil mendakinya berulang-ulang sampai sembilan kali. Orang asing pertama yang berhasil mencapai Kibo atau Puncak Uhuru adalah Hans Meyer yang berasal dari Jerman serta Ludwig Purtscheller yang berasal dari Austria. Mereka berdua dipandu oleh Johannes Lauwo menuju Kibo atau Puncak Uhuru pada tanggal 6 Oktober tahun 1889.

6. Pico Cristóbal Colón

Pico Cristóbal Colón
pinterest
Pico Cristóbal Colón adalah gunung tertinggi kedua di wilayah Amerika Latin. Gunung ini terletak di wilayah negara Kolombia dengan puncak tertingginya yang ketinggiannya sekitar 5.700 meter di atas permukaan air laut.

Tinggi                       : 5.700 meter atau 18.700 kaki
Letak                         : Kolombia
Pendakian pertama pada tahun 1939 oleh Wood, Bakerwell serta Praolini

7. Gunung Elbrus

Gunung Elbrus
wikipedia
Gunung Elbrus adalah sebuah gunung yang berada di wilayah Rusia dan dekat perbatasan Negara Georgia. Gunung ini terletak pada bagian selatan di negara itu. Gunung Elbrus mempunyai ketinggian sekitar 5.642 meter (18.510 kaki) dan Dengan ketinggiannya itu menjadikan gunung ini yang paling tinggi di Eropa.

Orang-orang pertama yang mendaki gunung Elbrus adalah Florence Crauford Grove, Frederick Gardner, Horace Walker, Peter Knubel serta Ahiya Sottaiev di tahun 1874.

Tinggi                 : 5.642 meter (18.510 kaki)
Letak                   : Rusia
Penakluk yang Pertama : Florence Crauford Grove, Frederick Gardner, Horace Walker, Peter Knubel serta Ahiya Sottaiev di tahun 1874.

8. Pico de Orizaba

Pico de Orizaba
wikimedia
Pico de Orizaba merupakan sebuah gunung yang bertipe stratovolcano yang berada di wilayah negara Meksiko. Puncak tertingginya mempunyai ketinggian sekitar 5.636 meter atau 18,491 kaki dan terletak pada ujung bagian timur dari pegunungan Trans-Mexican Volcanic Belt. Masyarakat setempat umumnya menyebut gunung ini dengan sebutan Citlaltépetl.

Tinggi                       :  5.636 meter atau 18,491 kaki
Letak                         : Meksiko
Pendakian pertama pada tahun 1848 oleh F. Maynard dan William F. Raynolds

9. Vinson Massif

Gunung Paling Tinggi di dunia Vinson Massif
wikipedia
Vinson Massif terletak di Benua Antartika. Ya, meskipun seluruh wilayah benua ini ditutupi oleh es, Tetapi Benua Antartika juga mempunyai salah satu gunung tertinggi di dunia. Gunung yang berada di antartika ini bernama Vinson Massif. Karena letaknya yang berada di Antartika, tentu saja seluruh permukaan gunung ini mulai dari ujung bagian basah sampai puncaknya ditutupi oleh es.

Tinggi                       :  4.892 meter atau 16,050 kaki
Letak                         : Antartika
Pendakian pertama pada tahun 1966 oleh Nicholas Clinch dan party

10. Puncak Jaya Di Pegunungan Jayawijaya

Puncak Jaya Di Pegunungan Jayawijaya

Pegunungan Jayawijaya merupakan sebuah rangkaian pegunungan yang membujur di wilayah Provinsi Papua, Indonesia yang mempunyai puncak paling tinggi bernama Puncak Jaya dengan ketinggiannya sekitar 4.884 meter atau 16.024 kaki di atas permukaan laut. Pada puncak pegunungan Jayawijaya terdapat salju abadi yang jumlahnya saat ini semakin menipis akibat pemanasan global dan sebab lainnya. Padahal wilayah tersebut merupakan satu-satunya wilayah di negara Indonesia yang memiliki salju. Selain Puncak Jaya, Pegunungan Jayawijaya juga mempunyai beberapa puncak lainnya yang ketinggiannya lebih rendah dari Puncak Jaya, yaitu:

Puncak Mandala 4.760 meter di atas permukaan laut.
Puncak Trikora 4.730  meter di atas permukaan laut.
Puncak Idenberg 4.673  meter di atas permukaan laut.
Puncak Yamin 4.535  meter di atas permukaan laut.
Puncak Carstenz Timur 4.400  meter di atas permukaan laut.

Tinggi                 : 4.884 meter (16.024 kaki)
Pengunungan      : Jayawijaya
Letak                   : Papua Indonesia
Penakluk yang Pertama : Anton Colijn, Jean Jacques Dozy, serta Frits Julius Wissel  (pada Tahun 1936)

Baca juga : Inilah 10+ Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Letak dan Tingginya.

Gunung Tertinggi di Dunia Dari Dasar Laut


Jika pada daftar di atas Gunung paling tinggi di dunia adalah Gunung Everest. Hal ini di karenakan menggunakan acuan tinggi yang di ukur dari permukaan air laut. Sedang jika ketinggian gunung di ukur dari dasar laut maka Gunung yang paling tinggi di dunia adalah Gunung Mauna Kea yang terletak di Hawaii.

Gunung Tertinggi di Dunia Dari Dasar Laut
geology.com

Mauna Kea mempunyai ketinggian sekitar 4.205 meter jika di ukur di atas permukaan laut, Tentu jauh lebih rendah jika di bandingkan dengan Everest. Tetapi jika tinggi gunung ini di ukur dari dasar laut Mauna Kea memiliki ketinggian sekitar 10.205 meter hal ini di sebabkan separuh gunung ini berada di dalam laut, Jadi ketinggian yang terbenam air laut yang di miliki Mauna Kea sekitar 6000 meter.

Gunung ini juga menjadi satu-satunya tempat yang mempunyai salju di kepulauan Hawaii Amerika Serikat.


Daftar 50 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia



Pegunungan Himalaya merupakan pegunungan tertinggi yang ada di dunia ini. Pegunungan ini mempunyai puncak-puncak tertinggi yang menjadi tujuan favorit bagi para pendaki gunung dari seluruh penjuru bumi. Nah, berikut ini adalah daftar puncak-puncak tersebut beserta puncak gunung lainnya yang menjadi paling tinggi di dunia beserta lokasi dan ketinggian dari permukaan laut :

1. Everest, pegunungan Himalaya

Tinggi                 : 8.848 meter (29.029 kaki)
Pengunungan      : Himalaya
Letak                   : Nepal dan Tiongkok (Tibet)
Nama lain            : Sagarmatha dan Chomolungma
Pendaki Pertama yang mencapai puncak adalah Edmund Hillary dan Tenzing Norgay (Tahun 1953)
Rute termudah     : South Col (Nepal)

2. K2 atau Godwin Austen

K2 atau Godwin Austen adalah puncak gunung tertinggi kedua di dunia. K2 terletak di bagian jajaran pegunungan Karakoram di perbatasan antara Pakistan, India dan Cina. K2 merupakan pegunungan nasional di Negara Pakistan. Konon katanya, pegunungan yang satu ini lebih sulit untuk didaki jika di bandingkan dengan Gunung Everest karena kondisi cuacanya yang buruk. Gunung K2 dijuluki dengan nama "Pegunungan Kejam".

K2 memiliki nama lain yang tak resmi yaitu Godwin Austen, Nama Godwin Austen diperoleh dari nama orang yang pertama kali mencoba memanjatnya.

Tinggi                : 8.611 meter (28,251 kaki)
Pengunungan     : Karakoram
Letak                 : Negara Pakistan dan Tiongkok (Xinjiang)
Sebutan lain       : Qogir (diturukan dari Chogori), Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu
Penakluk Pertama yang mencapai puncak adalah Achille Compagnoni dan Lino Lacedelli (pada Tahun 1954)

3. Kangchenjunga

Kangchenjunga adalah puncak gunung tertinggi ketiga di dunia setelah Gunung Everest dan Gunung K2 dengan ketinggiannya yang mencapai 8.586 meter (28.169 kaki). Selain itu gunung ini juga adalah gunung tertinggi kedua di Negara Nepal. Kangchenjunga mempunyaia arti 5 Harta Karun Salju, karena gunung ini terdiri dari lima puncak, Dimana 4 diantaranya mencapai ketinggian lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan lima benda milik dewa yakni emas, perak, permata, biji-bijian serta kitab suci. Kangchenjunga disebut dengan Sewalungma didalam bahasa Limbu dan disucikan di dalam tradisi agama Kirant.

Selain itu wilayah gunung ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh WWF(World Wildlife Fund) yang melindungi hewan Panda Merah, burung, dan flora khas Negara Nepal. Selain Nepal, India juga mempunyai wilayah yang juga dilindungi dalam Taman Nasional ini.

Ketinggian           : 8.586 meter
Pengunungan       : Himalaya
Letak                    : Negara Nepal dan India
Penakluk Pertama yang mencapai puncak adalah Joe Brown dan George Band (pada Tahun 1955)

4. Lhotse

Lhotse merupakan sebuah puncak gunung yang berada di wilayah Negara Nepal dan RRC. Gunung ini terletak pada bagian utara dari negara itu. Gunung ini mempunyai tinggi sekitar 8.516 meter atau 27.940 kaki dan merupakan gunung tertinggi keempat di dunia dan juga merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Everest.

Ketinggian           : 8.516 meter
Pengunungan     : Himalaya
Letak                  : Negara Nepal dan Tiongkok (Tibet)
Pendaki Pertama : Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss (Pada 18 Mei Tahun 1956)

5. Makalu

Makalu merupakan sebuah nama gunung yang menjadi gunung tertinggi kelima di dunia dengan ketinggiannya yang mencapai sekitar 8485 km atau 27.838 kaki. Gunung ini terletak sebelah tenggra Everest sekitar 19 kilometer, di perbatasan antara Negara Nepal dan Tiongkok.

Ketinggian           : 8.463 meter
Pengunungan     : Himalaya
Letak                  : Negara Nepal dan Tiongkok
Pendaki Pertama : Lionel Terray dan Jean Couzy (Pada Tahun 1955)

6. Cho Oyu

Ketinggian           : 8.188 meter
Pengunungan     : Himalaya
Letak                   : Nepal dan Tiongkok
Penakluk Pertama : Joseph Jöchler, Herbert Tichy serta Pasang Dawa Lama  (pada Tahun 1954)

7. Dhaulagiri

Ketinggian           : 8.167 meter
Pengunungan     : Himalaya
Letak                  : Nepal
Penakluk Pertama : Kurt Diemberger, P. Diener, E. Forrer, A. Schelbert, Nyima Dorje Sherpa, Nawang Dorje Sherpa  (pada Tahun 1960)

8. Manaslu

Ketinggian           : 8.156 meter
Pengunungan     : Himalaya
Letak                   : Nepal
Penakluk Pertama : Toshio Imanishi dan Gyaltsen Norbu (pada Tahun 1956)

9. Nanga Parbat

Ketinggian           : 8.126 meter
Pengunungan     : Himalaya
Letak                   : Pakistan
Penakluk Pertama : Hermann Buhl  (pada Tahun 1953)

10. Annapurna

Ketinggian           : 8.091 meter
Pengunungan     : Himalaya
Letak                  : Nepal
Penakluk Pertama : Maurice Herzog dan Louis Lachenal (Pada Tahun 1950)

11. Gasherbrum I, pegunungan Karakoram, Pakistan/Cina, 26,470 kaki atau 8,068 meter.
12. Puncak Broad, pegunungan Karakoram, Pakistan/Cina, 26,400 kaki atau 8,047 meter.
13. Gasherbrum II, pegunungan Karakoram, Pakistan/Cina, 26,360 kaki atau 8,035 meter.
14. Shishapangma (Gosainthan), pegunungan Himalaya, Tibet, 26,289 kaki atau 8,013 meter.
15. Annapurna II, pegunungan Himalaya, Nepal, 26,041 kaki atau 7,937 meter.
16. Gyachung Kang, pegunungan Himalaya, Nepal, 25,910 kaki atau 7,897 meter.
17. Distaghil Sar, pegunungan Karakoram, Pakistan, 25,858 kaki atau 7,882 meter.
18. Himalchuli, pegunungan Himalaya, Nepal, 25,801 kaki atau 7,864 meter.
19. Nuptse, pegunungan Himalaya, Nepal, 25,726 kaki atau 7,841 meter.
20. Nanda Devi, pegunungan Himalaya, India, 25,663 kaki atau 7,824 meter.
21. Masherbrum, pegunungan Karakoram, Kashmir, 25,660 kaki atau 7,821 meter.
22. Rakaposhi, pegunungan Karakoram, Pakistan, 25,551 kaki atau 7,788 meter.
23. Kanjut Sar, pegunungan Karakoram, Pakistan, 25,461 kaki atau 7,761 meter.
24. Kamet, pegunungan Himalaya, India/Tibet, 25,446 kaki atau 7,756 meter.
25. Namcha Barwa, pegunungan Himalaya, Tibet, 25,445 kaki atau 7,756 meter.
26. Gurla Mandhata, pegunungan Himalaya, Tibet, 25,355 kaki atau 7,728 meter.
27. Ulugh Muztagh, Kunlun, Tibet, 25,340 kaki atau 7,723 meter.
28. Kungur, Muztagh Ata, Cina, 25,325 kaki atau 7,719 meter.
29. Tirich Mir, Hindu Kush, Pakistan, 25,230 kaki atau7,690 meter.
30. Saser Kangri, pegunungan Karakoram, India, 25,172 kaki atau 7,672 meter.
31. Makalu II, pegunungan Himalaya, Nepal, 25,120 kaki atau 7,657 meter.
32. Minya Konka (Gongga Shan), pegunungan Daxue, Cina, 24,900 kaki atau 7,590 meter.
34. Kula Kangri, pegunungan Himalaya, Bhutan, 24,783 kaki atau 7,554 meter.
35. Chang-tzu, pegunungan Himalaya, Tibet, 24,780 kaki atau 7,553 meter.
36. Muztagh Ata, pegununganMuztagh Ata, Cina, 24,757 kaki atau 7,546 meter.
37. Skyang Kangri, pegunungan Himalaya, Kashmir, 24,750 kaki atau 7,544 meter.
38. Puncak Ismail Samani (dulu Puncak Stalin dan Puncak Komunis), pegunungan Pamir Tajikistan, 24,590 kaki atau 7,495 meter.
39. Puncak Jongsong, pegunungan Himalaya, Nepal, 24,472 kaki atau 7,459 meter.
40. Puncak Pobeda, Tien Shan, Kyrgyzstan, 24,406 kaki atau 7,439 meter.
41. Sia Kangri, pegunungan Himalaya, Kashmir, 24,350 kaki atau 7,422 meter.
42. Puncak Haramosh, pegunungan Karakoram, Pakistan, 24,270 kaki atau 7,397 meter.
43. Istoro Nal, pegunungan Hindu Kush, Pakistan, 24,240 kaki atau 7,388 meter.
44. Puncak Tent, pegunungan Himalaya, Nepal, 24,165 kaki atau 7,365 meter.
45. Chomo Lhari, pegunungan Himalaya, Tibet/Bhutan, 24,040 kaki atau 7,327 meter.
46. Chamlang, pegunungan Himalaya, Nepal, 24,012 kaki atau 7,319 meter.
47. Kabru, pegunungan Himalaya, Nepal, 24,002 kaki atau 7,316 meter.
48. Alung Gangri, pegunungan Himalaya, Tibet, 24,000 kaki atau 7,315 meter.
49. Baltoro Kangri, pegunungan Himalaya, Kashmir, 23,990 kaki atau 7,312 meter.
50. Muztagh Ata (K-5), pegununganKunlun, Cina, 23,890 kaki atau 7,282 meter.

Setelah kamu membaca daftar di atas maka akan kita ketahui jika berbagai puncak gunung tertinggi di dunia tersebut semuanya berhasil di daki. Dan rata-rata puncak-puncak tersebut di taklukan sudah sejak lama sekitar tahun lima puluhan. Nah, Bagaimana apakah kamu tertarik untuk mengikuti jejak para penakluk tersebut?





No comments: