Kepanjangan ASEAN, Tujuan dan Anggotanya

Updated at : September 23, 2016
Kopi-ireng.com - Bila kamu sedang mencari informasi mengenai kepanjangan ASEAN, maka tepat sekali jika kamu membaca tulisan ini. Karena di tulisan ini akan di bahas secara detail dan jelas tentang informasi yang sedang kamu cari tadi. 

Pertanyaan mengenai ASEAN entah itu mengenai anggotanya, tujuan didirikannya dan kepanjangannya seringkali muncul saat kita sedang belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kepanjangan dari ASEAN beserta tujuannya dan Anggotanya bisa kamu baca di bawah ini.
Kepanjangan ASEAN, Tujuan dan Anggotanya
Kepanjangan ASEAN, Tujuan dan Anggotanya, Sumber

Penjelasan Tentang Kepanjangan ASEAN


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang singkatan ASEAN ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu Apa itu ASEAN?. ASEAN merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi yang didirikan oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara, ASEAN didirikan di kota Bangkok Thailand pada tanggal 8 bulan Agustus tahun 1967 yang berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, serta Thailand.  Kelima negara tersebut merupakan negara pendiri ASEAN.

Perlu kamu tahu akronim dari ASEAN yaitu Association of Southeast Asian Nations atau jika dalam Bahasa Indonesia mempunyai arti Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara. Tahukah kamu jika ASEAN juga mempunyai nama lain yaitu PERBARA yang merupakan kependekan dari Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Jadi Apa itu Kepanjangan ASEAN?

Kepanjangan ASEAN adalah Association of Southeast Asian Nations


Tujuan ASEAN


Berikut ini tujuh tujuan ASEAN yang tercantum dalam Deklarasi Bangkok :

1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayaan di wilayah Asia Tenggara. Hal tersebut dilakukan melalui usaha bersama dengan semangat kesamaan dan semangat persahabatan untuk memperkuat landasan masyarakat dari bangsa-bangsa di kawasan Asia tenggara yang damai dan sejahtera.

2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional yang dilakukan dengan jalan saling menghormati keadilan serta tertib hukum di dalam hubungan diantara negara-negara kawasan Asia Tenggara serta mematuhi prinsip-prinsip dari piagan Perserikatan Bangsa-Bangsa agar tidak menjadi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan.

3. Peningkatan kerjasama yang aktif serta saling bantu membantu diantara negara-negara anggota dalam memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama yang mencakup bidang ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, administrasi, dan juga teknik.

4. Saling bantu membantu baik itu dalam bidang sarana-sarana latihan dan juga penelitian dalam bidang pendidikan, profesional, administrasi, dan teknik.

5. Membina serta menjalin kerjasama yang lebih efektif dalam rangka meningkatkan hasil pertanian, industri, perluasan perdagangan komoditi internasional, perbaikan sarana dan prasarana pengangkutan serta komunikasi, dan peningkatan taraf hidup rakyat dari negara-negara ASEAN.

6. Meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan diantara negara-negara Asia Tenggara.

7. Memelihara kerjasama yang erat dengan organisasi-organisasi internasional maupun regional lainnya dengan tujuan yang sama, dan untuk lebih mengeksplor kemungkinan-kemungkinan diadakannya kerjasama yang lebih erat lagi(organisasi-organisai tersebut).

Nama-nama Negara Anggota ASEAN Beserta Ibu kotanya


Setelah kita mengetahui apa itu akronim dari ASEAN, Berikut ini adalah  nama negara anggota ASEAN beserta ibu kotanya :

1. Indonesia, ibukota Jakarta.
2. Malaysia, ibukota Kuala Lumpur.
3. Thailand, ibukota Bangkok.
4. Singapura, ibukota Singapura.
5. Filipina, ibukota Manila.
6. Brunei Darussalam, ibukota Bandar Seri Begawan.
7. Vietnam, ibukota Hanoi.
8. Laos, ibukota Vientiane.
9. Myanmar, ibukota Nay Pyi Taw.
10. Kamboja, ibukota Phnom Phen.

Untuk informasi lengkap mengenai profil negara anggota ASEAN kamu bisa membacanya di sini : Profil Lengkap 10 Negara-negara Anggota ASEAN Beserta Ibukotanya.

Demikian penjelasan sederhana tentang kepanjangan ASEAN beserta tujuannya dan anggotanya yang semoga menambah wawasan pengetahuan kita semua, Bila terdapat kesalahan mohon koreksinya karena manusia merupakan tempatnya salah dan dosa. Sumber tulisan ini kami rangkum dari berbagai sumber yang juga membahas mengenai materi kepanjangan ASEAN.






No comments: