5 Tokoh dan Negara Pendiri ASEAN

Updated at : October 20, 2016
5 Tokoh dan Negara Pendiri ASEAN - Organisasi ASEAN berdiri di tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan atas Deklarasi Bangkok yang diselenggarakan di kota Bangkok, Thailand. Deklarasi ini dihadiri oleh para perwakilan dari 5 negara kawasan Asia Tenggara yang merupakan negara-negara pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Filipina, Thailand, Singapura, serta Malaysia. Selanjutnya negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara ikut bergabung sampai jumlah anggota ASEAN menjadi sepuluh negara.

Tulisan sederhana ini akan membahas tentang siapa tokoh dan negara pendiri ASEAN, Mungkin diantara kalian ada yang sudah mengetahui sekilas tentang hal tersebut, Tetapi kami disini mencoba mengulas secara lebih detail lagi seputar profil tokoh pendiri ASEAN beserta negara asalnya, Silahkan kamu baca selengkapnya :

Tokoh dan Negara Pendiri ASEAN
Source :https://www.flickr.com/photos/28888122@N07/3292793316/


5 Tokoh Pendiri ASEAN beserta Asal Negaranya


1. Adam Malik berasal dari Indonesia


Adam Malik berasal dari Indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Adam_Malik
Adam Malik adalah seorang tokoh Indonesia yang dahulu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia. Beliau merupakan salat satu tokoh yang penting didalam berdirinya Perbara atau Asean. Beliau adalah wakil dari negara Indonesia di Deklarasi Bangkok. Beliau lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara, pada tanggal 22 Juli tahun 1917 dan meninggal di kota Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 5 September tahun 1984 padausia 67 tahun. Selain pernah menjabat sebagai menteri luar negeri beliau juga pernah menjadi Wakil Presiden Indonesia yang ke-3. Beliau juga ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada 6 November tahun 1998 berdasarkan atas Keppres Nomor 107/TK/1998.

Baca juga : Arti Lambang Asean, Semboyan, dan Anggota Beserta Penjelasannya.

2. Tun Abdul Razak berasal dari Malaysia


Tun Abdul Razak merupakan perwakilan dari Negara Malaysia saat Deklarasi Bangkok di Thailand. Beliau lahir di Pulau Keladi, Pekan, Pahang, Malaysia, pada tanggal 11 Maret tahun 1922. Beliau wafat di London, Inggris, pada tanggal 14 Januari tahun 1976 pada usia 53 tahun. Beliau merupakan Perdana Menteri Malaysia kedua, mulai menjabat tahun 1970 sampai tahun 1976.

Beliau dikenal sebagai salah seorang tokoh pendiri Negara Malaysia, Beliau juga merupakan penggagas Dasar Ekonomi Baru, Sebuah program guna memajukan perekonomian orang Melayu di Malaysia supaya sama dan sejajar dengan kaum Tionghoa serta Tamil. Beliau juga merupakan pendiri Barisan Nasional.

Tun Abdul Razak adalah putra sulung Dato' Hussein bin Mohd. Taib dan Ibu Hajah Teh Fatimah binti Daud.


3. Thanat Koman (Thailand)


Tokoh pendiri ASEAN yang selanjutnya adalah Thanat Khoman yang juga adalah menteri luar negeri negara Thailand pada saat itu. Beliau berasal dari keluarga Thailand-Tiongkok . Beliau mendapat gelar sarjananya di Assumption University Bangkok di tahun 1940, Selanjutnya melanjutkan studi gelar Master pada bidang Hukum di Universitas Bordeaux selain itu beliau juga menyelesaikan gelar doktor di Universitas Paris Prancis .

4. Narciso Ramos (Filipina)

Beliau merupakan salah satu dari lima tokoh yang menghadiri Deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus tahun 1967, Beliau saat itu menjabat sebagi Menteri Luar Negeri Filipina. Beliau lahir di Asingan, Pangasinan, tanggal 11 November tahun 1900 dan wafat di Manila, pada 3 Februari tahun 1986 pada usia 85 tahun.

5. S. Rajaratnam (Singapura)


Tokoh pendiri ASEAN berikutnya yang juga memiliki peranan yang besar adalah S. Rajaratnam, Beliau merupakan perwakilan dari Negara Singapura yang pada saat itu menjabat sebagai menteri luar negeri Singapura. Beliau merupakan negarawan kelahiran Sri Lanka yang dikenal sebagai politikus hebat pada masanya. Beliau pernah memangku jabatan wakil Perdana Menteri Singapura  selama 5 tahun (1980 sampai 1985).

Baca juga : Profil Lengkap 10 Negara-negara Anggota ASEAN.

Demikian pembahasan mengenai lima negara dan lima tohoh pelopor terbentuknya ASEAN. semoga tulisan sederhana ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kamu semua tentang organisasi  negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara ini.[wikipedia]





No comments: