Apa Itu Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA?

Updated at : March 18, 2017
Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah sebuah istilah yang saat ini sering kita dengar baik melalui berita di televisi, radio dan juga media informasi lainnya baik itu media cetak ataupun media elektornik. Tahukah kamu jika masyarakat ekonomi ASEAN atau yang biasa di singkat MEA sangat erat berhubungan dengan persaingan para tenaga kerja di bursa kerja Indonesia. Dimana intinya MEA semakin membuka peluang bagi para tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai pekerjaan atau profesi di negara kita Indonesia.

Hal ini akan mempengaruhi banyak orang, yang paling utama adalah para pekerja yang berkecimpung di bidang keahlian khusus.

Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah


Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan ASEAN Economic Community (AEC) menurut wikipedia adalah sebuah integrasi ekonomi ASEAN didalam menghadapi perdagangan bebas antar negara-negara anggota organisasi ASEAN. Seluruh negara anggota ASEAN yaitu Indonesia dan sembilan lainnya telah menyepakati perjanjian ini. MEA sendiri dirancang guna mewujudkan Wawasan ASEAN 2020.
Masyarakat Ekonomi ASEAN, sumber gambar
ASEAN Vision 2020 sendiri pada intinya menitikberatkan pada pembentukan kawasan ASEAN yang makmur, stabil serta kompetitif dengan pertumbuhan ekonomi yang adil dan merata dan juga bisa mengurangi kemiskinan serta kesenjangan sosial.

Sedang pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dilansir situs resmi asean yaitu asean.org merupakan tujuan dari integrasi ekonomi regional kawasan Asia Tenggara yang diberlakukan di tahun 2015. Karakteristik utama dari MEA atau AEC sendiri meliputi: (1) berbasis pada pasar tunggal dan produksi, (2) kawasan ekonomi yang kompetitif, (3) wilayah pembangunan ekonomi yang merata (4) kawasan yang terintegrasi penuh dalam hal ekonomi global.

Bagaimana MEA mempengaruhi Para Pencari Kerja?


Dengan adanya MEA beragam profesi seperti ahli medis bisa diisi oleh para tenaga kerja asing pada tahun 2015. MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang dan jasa saja tetapi juga lowongan pasar kerja profesional misalnya akuntan, dokter, pengacara dan posisi kerja lainnya.

Seperti di lansir laman bbc.com Dita Indah Sari Staf khusus Menteri tenaga kerja dan transmigrasi
menjelaskan jika MEA menyaratkan penghapusan aturan-aturan yang dimana sebelumnya menghalangi penerimaan tenaga kerja asing.

Dimana intinya MEA semakin membuka peluang bagi para tenaga kerja asing guna mengisi berbagai pekerjaan atau profesi di negara kita Indonesia.

Hal ini tentu akan mempengaruhi banyak orang, yang paling utama adalah para pekerja yang berkecimpung di bidang keahlian khusus.

Apa keuntungan Masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA bagi negara-negara Asia Tenggara?


Riset terbaru dari ILO atau Organisasi Perburuhan Dunia menyebutkan jika pembukaan pasar tenaga kerja akan mendatangkan manfaat besar.

Selain bisa menciptakan banyak lapangan kerja baru, hal ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi sekitar 600 juta orang yang hidup di wilayah Asia Tenggara.

Beberapa hal yang harus diketahui tentang Masyarakat Ekonomi Asean yang merupakan perwujudan jangka panjang bagi Indonesia khususnya


MEA atau AEC telah direncanakan sejak lama, tetapi baru di tahun 2015 di wujudkan untuk pasar perdagangan di negara Indonesia.

MEA atau AEC membuka kesempatan bagi para pekerja di kawasan ASEAN atau Asia Tenggara guna meningkatkan taraf kesejahteraan hidup mereka karena semakin banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia.

Produk-produk baik yang berasal dari Indonesia serta negara lainnya dapat di perjualbelikan dengan bebas serta legal tentunya. Karena telah banyak produk dari Indonesia yang telah di akui di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga : Bendera Negara ASEAN Beserta Lambang dan Nama Negaranya.

Untuk lebih jelas mengetahui apa itu Masyarakat Ekonomi ASEAN kamu bisa melihat dua buah video youtube berikut ini :



Demikian uraian mengenai Apa itu Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sudah berlangsung pada tahun 2015. Harapan kami semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan baru dan ilmu pengetahuan bagi para pembaca sekalian khususnya tentang ASEAN.





No comments: