Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid / Menstruasi

Updated at : February 19, 2017
Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid / Menstruasi - Haid atau Menstruasi merupakan salah satu najis yang menjadi penghalang perempuan untuk melaksanakan ibadah sholat serta puasa, oleh karena itu setelah seorang wanita selesai haid atau menstruasinya mereka harus bersuci dengan cara mandi wajib atau yang lebih dikenal dengan nama mandi haid.

Agar amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT maka sebaiknya didalam melaksanakan ajaran agama islam haruslah sesuai dengan tuntunan Rosulullah SAW.

Baca juga : Bacaan Doa Mandi Wajib, Tata Cara Mandi Wajib dan Niat Mandi Wajib Lengkap.

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid / Menstruasi
multiscreensite.com

Seperti dilansir muslimah.or.id berikut ini kami ringkas tata cara mandi wajib setelah haid atau menstruasi agar lebih mudah dalam membacanya. Tata cara ringkasnya yaitu sebagai berikut:
  1. Wanita atau perempuan tersebut mengambil air serta sabunnya, lalu berwudhu dan membaguskan wudhu mereka.
  2. Menyiramkan air ke atas kepala kemudian menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air bisa sampai di tempat tumbuhnya rambut atau kulit kepala. Didalam hal ini tidak wajib bagi mereka untuk menguraikan atau melepas jalinan rambut kecuali apabila dengan menguraikan jalinan rambut tersebut akan dapat membantu sampainya air menuju tempat tumbuhnya rambut .
  3. Menyiramkan air ke seluruh badan.
  4. Mengambil secarik kain atau kapas(atau sejenisnya) kemudian diberi minyak wangi kasturi atau sejenisnya lalu mengusap bekas darah (farji) dengan kapas atau kain tersebut.
Demikian pembahasan singkat mengenai Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid / Menstruasi semoga bermanfaat bagi semua.





No comments: