Sungai Terpanjang di Pulau Jawa

Updated at : August 03, 2017
Sungai Terpanjang di Pulau Jawa – Sungai mempunyai peranan yang sangat vital bagi kehidupan manusia, sekarang sudah banyak bentuk pemanfaatan untuk memenuhi berbagai macam keperluan yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya juga untuk masyarakat luas yang ikut merasakan manfaatnya. Sungai merupakan salah satu bentuk kekayaan alam yang telah banyak difungsikan sebagai sumber irigasi bagi pertanian, sarana transportasi umum, pembangkit listrik, dan juga budidaya ikan.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia Indonesia memiliki ribuan pulau yang tiap tiap pulau memiliki sungai baik itu berukuran besar atau kecil. Sungai terpanjang di Indonesia terdapat di beberapa pulau terbesar yaitu Kalimatan, Sumatera, Pulau Jawa dan Papua.

Nah pada kesempatan kali ini kopiireng mencoba menulis tentang urutan sungai terpanjang di pulau Jawa. Pulau Jawa sendiri memiliki sungai yang jumlahnya sangat banyak, Tiap-tiap provinsi memiliki sungai yang paling panjang masing-masing.

Daftar Sungai Terpanjang di Pulau Jawa


Berikut ini adalah daftar Sungai-sungai Terpanjang di Pulau Jawa lengkap dengan kepanjangan dan lokasi sungai yang bersangkutan.


1. Sungai Bengawan Solo

Sungai Terpanjang di Pulau Jawa
via rezaafirmansyah.files.wordpress.com
Sungai Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa Indonesia yang memiliki 2 hulu yaitu dari daerah Pegunungan Sewu, Wonogiri serta Ponorogo, Sungai ini bermuara di wilayah Gresik Jawa Timur.

Sungai ini mempunyai panjang kurang lebih 548,53 km dan mengalir melewati dua provinsi di Indonesia yaitu Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur.


  • Panjang sungai : 548,53 km
  • Hulu sungai      : Pegunungan Sewu, Wonogiri serta Ponorogo
  • Hilir sungai       : Gresik
  • Keterangan        : Sungai terpanjang di Pulau Jawa.


2. Sungai Brantas

Sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa dan Sungai terpanjang di Provinsi Jawa Timur.
via wikipedia.org
Sungai Brantas merupakan sungai yang terletak di Provinsi Jawa Timur yang juga merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Sungai Bengawan Solo. Panjang sungai utama kurang lebih sekitar 320 km.

Sungai Brantas memiliki mata air yang berasal dari Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, yang berasal dari Gunung Arjuno, kemudian mengalir melalui Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Jombang, Mojokerto. Nah di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur sungai ini bercabang menjadi dua yaitu Kali Mas yang mengarah ke Surabaya dan Kali Porong yang mengarah ke Sidoarjo.


  • Panjang sungai utama 320 km
  • Mata air Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, yang berasal dari Gunung Arjuno
  • Keterangan : Sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa dan Sungai terpanjang di Provinsi Jawa Timur.

3. Sungai Ci Tarum

Sungai terpanjang di Jawa Barat
via info10000.blogspot.com
Sungai citarum adalah sungai terpanjang dan terbesar di Provinsi Jawa Barat Indonesia. Sayangnya sungai yang memiliki nilai sejarah, ekonomi serta sosial yang penting ini, sejak tahun 2007 menjadi salah satu sungai dengan tingkat ketercemaran paling tinggi di dunia. Sungai ini memiliki panjang sekitar 300 km.

Sungai citarum mengalir dari hulunya yang berada di Gunung wayang selatan Bandung kemudian mengalir ke arah utara yang memiliki muara di laut jawa.


  • Panjang sungai sekitar 300 km
  • Mata air Gunung Wayang
  • Muara Laut Jawa
  • Keterangan : Sungai terpanjang di Jawa Barat

Sumber :
http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/toxics/Air/citarum/
https://id.wikipedia.org/wiki/Ci_Tarum
https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Brantas
https://id.wikipedia.org/wiki/Bengawan_Solo





No comments: