Sifat Benda Cair Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]

Daftar isi [Tampil]
Sifat benda cair - Benda di dunia ini terbagi menjadi tiga macam yaitu benda padat, benda cair dan benda gas. Masing-masing benda tersebut mempunyai sifat yang berbeda-beda dan dapat kita lihat secara kasat mata ataupun tidak. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sifat benda cair dan ciri-ciri benda cair beserta penjelasan lengkap.

Benda cair mempunyai sifat-sifat tertentu yang unik. Nah sifat dan ciri-ciri itu yang berguna untuk membedakan benda cair dengan benda padat atau benda gas. Ciri-ciri benda cair misalnya meresap melalui celah-celah kecil serta selalu mengalir ke tempat yang rendah.

Ada banyak sekali benda cair di lingkungan sekitar kita, ada  air, minyak, saus, susu dan sabun cair. Masing-masing benda tersebut memiliki sifat yang berbeda dari benda lainnya.

Contoh minyak akan lebih mudah mengalir daripada susu dan saus tetapi minyak lebih lambat mengalir dari air. Nah dengan melihat berbagai sifat yang membedakan tersebut kita bisa mempelajari macam-macam sifat benda cair.

Pengertian Benda Cair


Pengertian benda cair adalah suatu barang atau benda yang berbentuk cair, yang mempunyai sifat mengalir, basah, serta bisa berubah bentuk menurut tempat atau wadahnya karena partikelnya bergerak bebas.

Sifat Benda Cair
selalu mengikuti bentuk wadahnya

Sifat Benda Cair


1. Bentuk benda cair tidak tetap dan selalu mengikuti bentuk wadahnya.
Jika air dimasukkan kedalam gelas maka bentuk air akan mengikuti bentuk gelas, begitu juga bila air dimasukkan kedalam mangkuk maka air juga akan mengikuti bentuk dari mangkuk.

2. Selalu mengalir ke tempat yang rendah.
Contoh kasus pada air, air selalu mengalir ke segala penjuru arah dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah seperti sungai dan air terjun.

3. Mempunyai tekanan ke segala arah.
Air mempunyai tekanan ke segala arah dan semakin dalam tekanan yang di milikinya semakin besar, contoh jika anda melubangi sebuah ember pada dindingnya secara memutar kemudian menuangkan air ke dalam ember maka air akan mengalir keluar melalui semua lubang yang ada secara merata.

4. Meresap melalui celah-celah kecil ( kapilaris )
Contoh yang paling mudah adalah handuk yang kita gunakan sesudah mandi akan menjadi basah jika kita gunakan untuk mengelap tubuh yang basah sedangkan tubuh kita menjadi kering.

5. Volumenya tetap.
Walaupun bentuknya berubah mengikuti bentuk wadah tetapi volume benda cair selalu tetap dan tidak berubah.

6. Jarak antar partikel penyusun renggang.
Benda cair tersusun atas partikel-partikel yang berdekatan tapi lebih renggang jika dibandingkan dengan benda padat.

7. Gaya tarik antar partikel kurang kuat.
Sifat benda cair selanjutnya yaitu mempunyai gaya tarik antar partikel yang kurang kuat. Tidak sekuat gaya tarik partikel penyusun benda padat.

8. Permukaan benda cair yang tenang selalu datar
Ciri-ciri benda cair selanjutnya yaitu bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar. Permukaan benda cair yang tenang selalu datar, meski wadahnya dimiringkan bagaimanapun, berbeda dengan permukaan benda cair yang bergejolak.
Contoh Benda Cair
contoh benda cair madu


Contoh Contoh Benda Cair


  1. Air
  2. Minyak goreng
  3. Bensin
  4. Solar
  5. Tinta
  6. Madu
  7. Sirup
  8. Susu
  9. Santan
  10. Oli
  11. Kecap
  12. Parfum
  13. Air kelapa
  14. Darah
  15. Keringat
Perubahan Wujud Benda Cair
Air yang membeku karena suhu dingin

Perubahan Wujud Benda Cair


Berikut ini merupakan perubahan wujud yang biasa terjadi pada benda cair:

1. Benda Cair Menjadi Benda Padat (Membeku)
Benda cair bisa berubah wujud menjadi benda padat yang biasa kita sebut dengan membeku. Perubahan wujud atau bentuk ini dipengaruhi oleh perubahan suhu, yaitu suhu yang rendah.

Contoh : air yang dimasukkan kedalam kulkas atau freezer berubah menjadi es batu.

2. Benda Cair Menjadi Benda Gas (Menguap)
Selain menjadi benda padat,benda cair juga bisa berubah bentuk atau wujud menjadi benda gas. Perubahan wujud benda cair menjadi gas disebut dengan menguap. Perubahan wujud ini dipengaruhi oleh perubahan suhu, yaitu yang tinggi.

Contoh : air yang direbus, saat mendidih terdapat air yang berubah menjadi uap.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. terima kasih tlah membaca artikel tentang sifat benda cair.