Sifat Benda Gas Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]

Daftar isi [Tampil]
Sifat Benda Gas - Benda di dunia ini terbagi menjadi tiga macam yaitu benda padat, benda cair dan benda gas. Masing-masing benda tersebut mempunyai sifat yang berbeda-beda dan dapat kita lihat secara kasat mata ataupun tidak. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sifat zat gas dan ciri-ciri benda gas beserta penjelasan lengkap.

Benda gas kebanyakan tidak bisa kita lihat keberadaanya tetapi ada juga sebagian yang bisa kita rasakan keberadaannya. Gas merupakan salah satu faktor penting pendukung kehidupan yang ada di bumi ini.

Pengertian Benda Gas


Pengertian benda gas adalah suatu benda(barang) yang berbentuk gas dengan karakteristik dan sifat mengisi ruang akan tetapi berbeda dengan benda padat dan benda cair. Mempunyai bentuk tidak tetap dan berubah-ubah tergantung dengan keadaan.

Benda gas mempunyai sifat-sifat tertentu yang unik. Nah sifat dan ciri-ciri itu yang berguna untuk membedakan benda gas dengan benda padat atau benda cair. Ciri-ciri benda gas misalnya bentuknya tidak tetap sesuai wadahnya serta menekan ke segala arah.

Pemanfaatan gas oleh manusia sangat beragam mulai dari untuk menyalakan kompor yang berbahan bakar gas elpiji, membuat balon terbang, untuk bahan bakar kendaraan, mengisi ban dalam kendaraan serta yang paling utama adalah untuk bernafas ( gas oksigen ). Sedangkan pada tumbuhan gas karbondioksida membantu mereka dalam proses fotosintesis.


Sifat Benda Gas
balon yang mengembang terisi oleh udara

Sifat-Sifat Benda Gas


1. Mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
zat gas memnuhi seluruh ruangan yang ditempatinya contoh saat kita meniup sebuah balon maka udara akan memenuhi seluruh ruangan di dalam ablon tersebut.

2. Menekan ke semua arah.
jika kita mengisi balon dengan gas maka balon tersebut akan mengembang ke semua arah karena tertekan oleh gas di dalam balon.

3. Jarak antar parikelnya berubah-ubah.
Semua benda baik itu benda cair dan benda padat mempunyai artikel penyusun termasuk benda gas. Pada benda gas, jarak antar partikelnya berubah-ubah, Dapat kita katakan jika partikel penyusun benda gas tidak tetap. Hal inilah yang membuat bentuk benda gas juga berubah-ubah sesuai wadahnya.

4. Bentuknya berubah-ubah.
Seperti penjelasan sebelumnya benda gas mempunyai bentuk yang berubah-ubah sesuai dengan wadahnya karena jarak partikelnya yang berubah ubah.

5. Memiliki berat.
Perlu kamu ketahui jika benda gas juga mempunyai berat. Walaupun tidak dapat kita lihat, tetapi benda gas juga mempunyai berat atau massa. Misalnya ban sepeda motor yang sudah terisi dengan udara akan menjadi lebih berat jika dibandingkan ban yang kempes, Nah hal itu menjadi bukti jika benda gas juga memiliki berat.

6. Susunan partikel tidak teratur.
Benda gas mempunyai susunan partikel penyusun yang tidak teratur. Ketidakteraturan partikel penyusun benda gas melebihi partikel benda cair dan benda padat. Nah ini merupakan salah satu  pembeda paling mencolok antara sifat benda gas dengan sifat benda padat serta benda cair.

7. Hampir tidak ada tarik-menarik antar partikelnya.
Gaya tarik menarik antar partikel pada benda gas juga bisa dikatakan hampir tidak ada. Berbeda tentunya dengan gaya tarik partikel pada benda padat yang sangat kuat dan partikel pada benda cair yang kurang kuat.

8. Gerakan partikel sangat bebas.
Sifat benda gas yang selanjutnya yaitu mempunyai gerakan partikel yang sangat bebas. Bahkan gerakan partikel penyusun benda gas lebih bebas daripada gerakan partikel penyusun pada benda cair.

9. Mengisi seluruh ruangan yang ditempati
Sifat-sifat benda gas yang terakhir dan yang paling utama adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya. Misalnya dalam sebuah ruangan akan diisi oleh gas yang tak bisa kita lihat. Bahkan bisa kita katakan di seluruh dunia terdapat benda gas, kecuali di ruangan hampa udara.
Contoh Benda Gas
Asap


Contoh Contoh Benda Gas


Beberapa contoh-contoh benda gas sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita, Berikut diantaranya asap, uap air serta semua udara di sekitar kita merupakan contoh benda gas, seperti oksigen, karbondioksida, helium, nitrogen dan lain-lain. Berikut selengkapnya:

  1. Udara
  2. Oksigen
  3. Nitrogen
  4. Hydrogen
  5. Uap air
  6. Karbondioksida
  7. Asap knalpot
  8. Ozon
  9. Gas alam
  10. Atmosfer
  11. Karbonmonoksida
  12. Klorin
  13. Florin
  14. Helium
  15. Neon
Perubahan Wujud Benda Gas
Perubahan wujud benda gas mengembun


Perubahan Wujud Benda Gas


Benda gas juga dapat berubah wujud menjadi zat lain. Perubahan wujud benda yang terjadi pada benda gas, meliputi dua hal yaitu :

1. Benda Gas Menjadi Benda Padat (Mengkristal)
Perubahan wujud atau bentuk benda gas menjadi benda padat disebut dengan mengkristal. Benda gas dapat berubah menjadi benda padat dipengaruhi oleh suhu sekitar yang sangat rendah.

Contoh : berubahnya uap air menjadi salju.

2. Benda Gas Menjadi Benda Cair (Mengembun)
Perubahan wujud atau bentuk benda gas menjadi benda cair disebut mengembun. Benda gas dapat berubah bentuk menjadi benda cair dipengaruhi oleh suhu sekitar yang rendah.

Contoh : embun di rerumputan pada pagi hari.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. terima kasih tlah membaca artikel tentang Sifat Benda Gas.