Sifat Benda Padat Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

Daftar isi [Tampil]
Sifat benda padat - Benda di dunia ini terbagi menjadi tiga macam yaitu benda padat, benda cair dan benda gas. Masing-masing benda tersebut mempunyai sifat yang berbeda-beda dan dapat kita lihat secara kasat mata ataupun tidak.

Benda padat mempunyai ukuran serta bentuk yang sama dan tetap walaupun kita pindahkan ke tempat yang berbeda. Wujud benda padat juga tidak mengikuti wujud wadahnya.

Pengertian Benda Padat


Benda padat adalah suatu benda yang mempunyai volume dan bentuk yang tetap, tidak berubah-ubah. mempuyai bentuk padat dan solid dan struktur kuat, erat serta kaku tidak mengalami perubahan bentuk saat dipindahkan dan tidak menyerupai bentuk lain saat di tempatkan pada suatu wadah atau ruang.

Contoh dari benda padat antara lain Pensil, meja, penggaris, kursi, batu dan masih banyak lainnya. Sekarang kita akan mencoba menulis tentang sifat benda padat.

Sifat Benda Padat

Sifat Benda Padat


1. Bentuknya tetap
Benda  padat mempunyai bentuk yang tetap, contoh kita memindahkan pensil dari atas meja ke dalam panci maka bentuk pensil tetap dan tidak berubah.


2. Menempati ruang
Ruang yang dimiliki meliputi panjang lebar dan tinggi, contoh sebuah batu bata jika dimasukan kedalam air maka batu tersebut akan menempati ruang sesuai dengan ukurannya.

3. Volumenya tetap
Volume benda tidak akan terpengaruh oleh wadah dimana ia diletakkan.

4. Bisa diubah bentuknya dengan perlakuan tertentu
Pada dasarnya beberapa jenis benda padat bisa di ubah bentuknya dengan perlakuan khusus contohnya besi bisa ditempa menjadi berbentuk keris atau cangkul, sebuah balok kayu bisa diubah menjadi berbentuk balok tipis-tipis.

5. Jarak antar partikel penyusun sangat rapat
Sifat benda padat selanjutnya yaitu jarak antar partikel penyusunnya sangat rapat. Seperti kita ketahui jika suatu benda padat terdiri atas susunan partikel-partikel penyusunnya. Nah jarak antar partikel penyusun benda padat ini sangat rapat satu dengan yang lain.

6. Gaya tarik antar partikel penyusun sangat kuat
Kamu pasti mengetahui jika ada gaya tarik menarik pada partikel tiap benda. Pada benda padat ciri-cirinya adalah gaya tarik antar partikel penyusun sangat kuat. Nah partikel pada benda padat tidak bisa bergerak bebas karena adanya gaya tarik partikel yang sangat kuat tersebut.

7. Susunan partikel penyusun teratur
Sifat benda padat selanjutnya juga masih berhubungan dengan partikel penyusunnya. Benda padat mempunyai susunan partikel yang teratur. Nah itulah yang membuat rupa benda padat tetap.

8. Partikel penyusun tidak dapat bergerak bebas
Nah karena gaya tarik antar partikel penyusun benda padat sangat kuat maka pertikel penyusun benda padat tidk dapat bergerak bebas.
Contoh Benda Padat
contoh benda padat batu


Contoh Benda Padat 


Benda padat sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita, Berikut beberapa contohnya:

  1. kayu
  2. kertas
  3. besi
  4. meja
  5. kursi
  6. bolpoin
  7. TV
  8. kulkas
  9. pintu 
  10. tulang
  11. koin
  12. sendok
  13. kaca
  14. paku
  15. keramik
  16. tanah
  17. pasir
  18. jagung
  19. beras
  20. besi
  21. tembaga
  22. gigi
Perubahan Wujud Benda Padat

Perubahan Wujud Benda Padat


Benda padat dapat berubah wujud menjadi zat lain seperti benda cair atau benda gas.

1. Benda Padat Menjadi Benda Cair ( Mencair)
Perubahan wujud atau bentuk benda padat menjadi cair disebut dengan mencair. Benda padat dapat berubah bentuk menjadi benda cair disebabkan karena energi panas.

Contohnya : 
  • coklat mencair saat direbus 
  • besi meleleh saat dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi
  • es batu yang mencair saat dikeluarkan dari dalam lemari es.

2. Benda Padat Menjadi benda Gas (Menyublim)
Perubahan wujud atau bentuk benda padat menjadi benda gas disebut dengan menyublim. Benda padat dapat berubah bentuk menjadi benda gas disebabkan karena energi panas.

Contohnya : 
  • kapur barus yang disimpan di lemari lama-kelamaan akan habis.
Demikian sedikit info mengenai sifat-sifat benda padat dan ciri-ciri benda padat beserta penjelasannya semoga bisa menambah pengetahuan kita semua dan terima kasih sudah berkunjung.