Pengertian Energi Kinetik, Rumus dan Contohnya Lengkap

Daftar isi [Tampil]
Pengertian energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena gerakannya. Energi ini sangat dipengaruhi oleh dua hal yaitu massa benda dan kecepatannya.

Kata kinetik datang dari bahasa yunani, kinetikos, yang berarti “gerak”. Saat benda bergerak, benda mempunyai kecepatan. Dengan begitu, kita bisa menyimpulkan jika energi kinetik adalah energi yang dipunyai benda lantaran gerakan atau kecepatannya.

Dilansir dari wikipedia pemahaman Energi kintetis atau energi gerak yang biasa dimaksud dengan energi genetik ialah energi yang dipunyai oleh satu benda karena gerakannnya.

Energi kinetik suatu benda didefinisikan menjadi usaha yang diperlukan untuk menggerakkan suatu benda dengan massa tertentu dari kondisi diam sampai mencapai kecepatan tertentu. Energi kinetis suatu benda sama juga dengan jumlahnya usaha yang dibutuhkan untuk menyatakan kecepatan serta rotasinya, diawali dari kondisi diam.

Secara Umum Energi kinetik ialah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena benda itu bergerak, atau dalam kata lainnya benda itu memiliki kecepatan.

Jika energi kinetik berbanding lurus dengan massa benda m serta berbanding lurus dengan kuadrat kecepatannya. Jika massa dijadikan 2x jadi energi kinetiknya menjadi 2x juga, serta Jika kecepatannya ditingkatkan menjadi 2x maka tingkatkan daya kinetiknya jadi 4x.

Contoh lainnya Jika anda melempar batu kecil mengarah depan, maka batu itu akan terlepas dari tangan anda dengan kecepatan tertentu. Batu yang anda lempar dengan kecepatan tertentu ini mempunyai energi, serta batu itu bisa melakukan usaha dengan menabrak tujuan didepannya. Energi yang dipunyai oleh batu karena kecepatannya dimaksud energi kinetik.

Energi ini sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari manusia sehingga jika kita mencari contohnya sangat banyak di sekitar kita.

Energi kinetik sebuah benda memiliki definisi sebagai usaha yang diperlukan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu.

Pengertian Energi Kinetik dan contohnya lengkap

Energi kinetik benda sama dengan jumlah usaha yang diperlukan untuk menyatakan kecepatan dan rotasinya, dimulai dari keadaan diam.

Beberapa jenis Energi Kinetik 


Energi gerak atau energi kinetik dikateregorikan dalam dua jenis yaitu energi kinetik translasi serta energi kinetik rotasi.

Energi Kinetik Translasi 

Daya kinetik translasi adalah satu energi yang terdapat atau dipunyai oleh satu benda yang tengah mengalami gerak garis lurus.

Energi Kinetik Rotasi 

Pemahaman energi kinetik rotasi adalah satu energi yang terdapat dalam satu objek yang tengah berputar-putar.

Contoh energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari


a. Bola menggelinding di lantai rumah.
b. truk sedang melaju di jalan
c. Bola yang dilempar.
d. sepeda motor yang berjalan di jalan dan lain-lain

Rumus Energi Kinetik


EK = ½ m v2

Keterangan :
EK = Energi kinetik
m = massa (kg)
v = kelajuan (m/s)
Energi kinetik mempunyai satuan Joule


Energi kinetik pegas

    EK = 1/2 k(A² - y²)

Keterangan:

    Ek: Energi kinetik pegas (J)
    k : konstanta pegas (N/m²)
    x : perpanjangan pegas (m)

Energi kinetik relativistik

    Ek = m γ c² - mc²

Contoh Soal Energi Kinetik


Agar teman-teman lebih mudah memahami mengenai rumus energi kinetik, dibawah ini kami berikan contoh soal energi kinetik dan penyelesaiannya.

Contoh Soal 1
Ahmad Bustomi mengendarai sepeda dengan kecepatan 4 m/s. Jika massa sepeda Ahmad Bustomi adalah 20 kg. Berapa energi kinetiknya?

Diketahui :
m = 20 kg dan v = 4 m/s

Ditanya EK …?

Jawab :
Ek = ½ x m x v2
Ek = ½ x 20 kg x (4 m/s)2
Ek = 10 kg x 16
Ek = 160 joule

Jadi energi kinetiknya adalah 160 Joule.

Contoh Soal 2
Pak Tono mengendarai Mobil dengan kecepatan 2 m/s. Massa mobil pak Tono adalah 1 ton. Berapakah energi kinetik mobil pak Tono?

Diketahui :
m = 1 ton = 1000 kg dan v = 2 m/s

Jawab :
Ek = ½ x m x v2
Ek = ½ x 1000 kg x (2 m/s)2
Ek = 500 x 4
Ek = 2000 joule

Jadi energi kinetik mobil pak Tono adalah 2000 joule.

Contoh Soal 3
Sebuah bola yang sedang menggelinding dilapangan memipunyai energi kinetik 500 joule. Jika diketahui massa bola tersebut adalah 10 kg. Berapa kecepatan bola itu?

Diketahui :
Ek = 500 J dan m = 10 kg
Ek = ½ x m x v2

Ditanya v …?

Jawab :
v2 = 2Ek : m
v2 = (2 x 500 J) : 10 kg
v2 = 1000 : 10
v2 = 100
v = akar 100
v = 10 m/s

Jadi kecepatan bola tersebut adalah 10 m/s

Demikian tulisan singkat tentang pengertian energi kinetik dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari semoga bermanfaat dan bila ada kekeliruan mohon koreksinya.[]