Fakta & Informasi Menarik Tentang Sungai Amazon

Sungai Amazon di Amerika Selatan merupakan sungai yang memiliki debit air terbesar di dunia dan merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil.

Sungai Amazon (dalam bahasa Spanyol: Río Amazonas, dan bahasa Portugis: Rio Amazonas) ialah sungai di Amerika Selatan yang disebut sungai terpanjang ke-dua dalam dunia – Sungai Nil di Afrika adalah yang terpanjang didunia.

Sungai Amazon

Sungai Amazon mempunyai keseluruhan aliran air paling besar jika dibandingkan sungai manapin didunia, membawa aliran air lebih banyak dari Sungai Mississippi, Nil, serta Yangtze jika semuanya dipadukan. Amazon ikut mempunyai skema peraliran paling besar dari semua skema sungai. Walau Nil adalah sungai terpanjang didunia, akan tetapi Amazon dapat dipandang "terkuat didunia" (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik).

Banyaknya air tawar yang dilepaskan ke Samudra Atlantik begitu besar: 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) pada musim hujan. Aliran Amazon adalah seperlima dari banyaknya semua air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini mempunyai kandungan garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.

1. Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil di Afrika. Amazon menjadi satu diantara sungai paling besar di dunia, Amazon mempunyai debet air kurang lebih 3,4 juta galon per menit.

2. Sungai Amazon, sebagai nadi kehidupan Amazon membentang kira-kira 4.007 mil dari hulu sampai ke hilirnya di Samudera Atlantik.

3. Sungai Amazon merupakan sungai dengan volume air terbanyak di dunia, sungai ini mengumnpulkan air dari sekitar 40 % area daratan Amerika Selatan dengan lebih dari 1000 anak sungai,dan 17 diantaranya memiliki panjang 1.600 kilometer.

4. Sebagian besar aliran Amazon meleati hutan hujan tropis sepanjang Peru, Equador, Colombia, Venezuela dan Brazil, area ini disebut dengan Amazonia.

5. Sebagian besar hutan hujan tropis Amazon dipenuhi dengan hutan yang sangat lebat, sulit ditembus dan beberapa area belum terpetakan dengan baik.

6. Penduduk pertama di sepanjang sungai Amazon adalah Indian Amerika Selatan yang datang dari Utara sekitar 10.000 tahun lalu.

7. Pergerakan kerak bumi mengawali pembentukan sungai Amazon sekitar 135 juta tahun yang lalu.

8. Sungai Amazon memiliki 1.100 anak sungai, dengan 17 diantaranya memiliki panjang lebih dari 900 mil.

Sungai Amazon memiliki cabang-cabang utama antara lain :
Maranon (1.600km) bermuara di Nauta.
Tapajos (2.010km) bermuara di Santarem.
Madeira (3.241km) bermuara di Itacoatiara.
Purus (3.211km) bermuara di Anori.
Tocantins (2.699km) bermuara di Jurua
Javari (966km) bermuara di Leticia.
Napo (1.120km) bermuara di Fransisco de Orellana.
Trombetas (756km) bermuara di Obidos.
Negro (2.400km) bermuara di Manaus.
Japura (2.414km) bermuara di Foz do Copea.
Putumayo (1.600km) bermuara di Santo Antonia do Ica.
Xingu (1.979km) bermuara di Porto De Mos.

9. Bangsa Eropa yang pertama kali melihat muara Amazon adalah penjelajah Spanyol bernama Amerigo Vespucci di tahun 1499 tetapi tidak mendarat.

10. Bangsa Eropa yang pertama kali mendarat di Amazon adalah pelaut Portugis bernama Pedro Cabal tahun 1500 dan mengklaim Brasil sebagai daerah kekuasaan Portugis.

11. Pada tahun 1540, pelaut Spanyol kembali menyusuri Amazon dari barat ke timur melalui Equador hingga Samudera Atlantik.

12. Nama Amazon diberikan oleh Fransesco de Orellana, pelaut Spanyol yang berhasil menyusuri Amazon pertama kali.

13. Ular anakonda, belut listrik, buaya, piranha dan ikan arapaima adalah beberapa fauna yang mendiami sungai Amazon.

14. Hutan Amazon dibagi menjadi 3 bagian yaitu : Kanopi Hutan, Lapisan Bawah Hutan dan Lantai Hutan.

15. Beragam fauna yang mendiami hutan Amazon sangat beragam, antara lain : monyet melolong, sloth (lemur), jaguar, armadillo (FIFA World Cup 2014 Mascot), agouti, rusa, tapir dsb.

0 Response to "Fakta & Informasi Menarik Tentang Sungai Amazon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel