IORA : Pengertian, Tujuan, Sejarah dan Daftar Negara Anggota IORA Lengkap

Daftar isi [Tampil]
Negara-Negara Anggota IORA - Letak geografis beberapa negara yang berada di suatu kawasan tertentu dapat dijadikan alasan untuk membentuk sebuah asosiasi. Sama dengan halnya IORA (Indian Ocean Rim Association) yang mengumpulkan negara-negara di tepian Samudera Hindia. Samudera Hindia sendiri merupakan salah satu Samudera terbesar di dunia yang berperan penting dalam lalu lintas perairan antar negara.

Sementara pengertian dari IORA sendiri adalah himpunan kerja sama Internasional antar negara-negara yang terletak di pesisir Samudera Hindia. Pembentukan asosiasi ini berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, budaya, sosial dan yang paling penting adalah kemaritiman. Indonesia pun ikut menjadi anggotanya.
Negara-Negara Anggota IORA
daily-bangladesh.com

Latar Belakang Berdirinya IORA (Indian Ocean Rim Association)


Terbentuknya sebuah asosiasi dalam skala Internasional tentu bukan tanpa alasan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Samudera Hindia berperan penting sebagai lalu lintas perairan. Tapi bukan hanya sekedar lalu lintas saja. Karena dengan adanya Samudera ini sebagai pemisah antar negara di pesisirnya, justru membuat negara-negara tersebut sadar akan pentingnya menjalin persatuan. Hal ini dilakukan demi memperoleh keuntungan satu sama lain, bukan semata-mata keuntungan internal.

Ada banyak bidang yang dapat dieksplor dengan adanya asosiasi ini. Salah satunya adalah perdagangan. Perdagangan ini menjadi faktor utama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kerja sama. Oleh karena itulah kawasan pesisir Samudera Hindia ini mendirikan kelompok yang dapat mengatur keamanan dan ketenteraman masing-masing negara.

Jika dijabarkan, prioritas kerja sama IORA meliputi beberapa sektor :

1. Perdagangan dan Investasinya.
2. Keamanan dan Keselamatan dalam bidang kemaritiman.
3. Manajemen perikanan kelautan.
4. Manajemen Risiko terhadap bencana.
5. Kerja sama dalam hal akademik dan ilmu pengetahuan teknologi.
6. Bidang pariwisata dan kebudayaan.

Sejarah Singkat Pendirian Indian Ocean Rim Association


IORA (Indian Ocean Rim Association) pertama kali didirikan antara tanggal 6 – 7 Maret 1997. Sejak awal pembentukannya, asosiasi ini mempunyai nama Indian Ocean Rim Association for Regional Cooperation (IOR-ARC). Jadi, asosiasi ini memang menjalin hubungan kerja sama untuk hal-hal yang berkaitan dengan wilayah regional Samudera Hindia saja. Namun pada akhirnya nama IOR-ARC ini diubah menjadi IORA pada konferensi Tingkat Menteri ke 13 yang diadakan di Perth, Australia.

Meskipun hanya meliputi beberapa negara di kawasan Samudera Hindia, tapi pada kenyataannya IORA dapat berperan secara aktif. Pertumbuhannya pun dinilai meroket beberapa tahun ini. Faktor pendorongnya adalah sejak India menjabat sebagai ketua IORA pada periode 2011 – 2013 dan Australia di periode 2013 – 2015.

IORA juga memiliki beberapa program kerja aktif dan cukup efektif di tahun 2014 – 2015. Indonesia sendiri mengambil peran dengan menjadi ketua IORA pada periode 2015 – 2017. Pertemuan Tingkat Menteri ke 15 pun diadakan di Padang, Sumatera Barat. Pertemuan ini menghasilkan beberapa keputusan yang berguna bagi pertumbuhan kerja sama regional.

Tujuan Didirikan IORA

Pendiri IORA


Asosiasi yang mempunyai markas besar di Ebene, Mauritis ini dibentuk oleh beberapa negara. Diantaranya adalah Indonesia dan Afrika Selatan. Sampai saat ini ada 21 negara yang menjadi anggotanya. Selain Indonesia dan Afrika Selatan yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, Australia, Bangladesh, Yaman, India, Komoros, Iran, Kenya, Mauritis, Madagaskar, Oman, Mozambik, Uni Emirat Arab, Somalia, Tanzania, Sri Lanka, dan Seychelles.

IORA juga menghadirkan 7 negara lain sebagai mitra dialog. Diantaranya adalah Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Mesir, Jerman, China dan Prancis. Sedangkan organisasi lain yang meninjau keberlangsungan kegiatan asosiasi yakni dari Indian Ocean Tourism Organization (IOTO) dan Indian Ocean Research Group (IORG).

Tujuan Didirikan IORA


Tujuan didirikan IORA ini adalah :

  1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan menjalin kerja sama secara optimal dalam skala regional.
  2. Memfasilitasi kegiatan perdagangan lintas antar negara, dan
  3. Menyingkirkan hambatan-hambatan yang dapat menghalangi kegiatan perdagangan dan investasi.

Negara-Negara Anggota IORA

No. Nama Negara
1 Afrika Selatan
2 Australia
3 Bangladesh
4 India
5 Indonesia
6 Iran
7 Kenya
8 Komoro
9 Madagaskar
10 Malaysia
11 Mauritius
12 Mozambik
13 Oman
14 Seychelles
15 Singapura
16 Sri Lanka
17 Tanzania
18 Thailand
19 Uni Emirat Arab
20 Yaman

Negara-Negara Mitra Dialog

No. Nama Negara
1 Amerika Serikat
2 China
3 Inggris
4 Jepang
5 Mesir
6 Perancis
Seperti itulah seluk beluk berdirinya IORA (Indian Ocean Rim Association). Dengan adanya asosiasi ini, semoga dapat memperkuat hubungan antar anggotanya. Kita pun patut mendukung upaya pemerintah dalam melibatkan Indonesia agar berperan di kancah regional Samudera Hindia.

Demikian іnfоrmаѕі tеntаng реngеrtіаn IORA, tujuаn IORA, ѕеjаrаh IORA ѕіngkаt ѕеrtа dаftаr nеgаrа аnggоtа IORA.

0 Response to "IORA : Pengertian, Tujuan, Sejarah dan Daftar Negara Anggota IORA Lengkap"

Post a Comment