Daftar Nama Presiden Afrika Selatan dari Pertama sampai Sekarang

Daftar isi [Tampil]
Afrika Selatan merupakan sebuah negara berbentuk republik yang terletak di Benua Afrika bagian selatan. Negara ini merupakan negara yang terkenal akan sejarah politik aphartheid pada masa pemerintahannya. Sekarang, negara yang terletak di ujung selatan Afrika ini merupakan sebuah negara demokratis dan merupakan negara di Afrika dengan penduduk berkulit putih terbesar.

Presiden dan Pemerintahan Afrika Selatan

Daftar Nama Presiden Afrika Selatan
vibizmedia.com
Karena merupakan negara yang berbentuk republic, Afrika Selatan dipimpin oleh seorang presiden. Presiden Afrika Selatan tidak hanya memegang jabatan sebagai kepala negara, namun juga memiliki jabatan sebagai kepala pemerintahan di bawah konstitusi Afrika Selatan.

Di Afrika Selatan, pada tahun 1961 hingga 1994, pemimpin negara disebut Presiden negara. Presiden yang dipilih di bawah Konstitusi Afrika Selatan pertama kalinya adalah Nelson Mandela.

Afrika Selatan menganut demokrasi konstitusional di mana penyelenggaraan pemerintahan menggunakan sistem tiga tingkat yaitu nasional, wilayah dan pemerintahan local. Semuanya memiliki badan legislative dan eksekutif yang memiliki daerah kekuasaan masing-masing untuk melaksanakan tugasnya. Institusi kehakiman di Afrika Selatan merupakan institusi yang bebas.

Pemilihan Presiden Afrika Selatan


Presiden Afrika Selatan dipilih ketika Majelis Nasional dan Majelis Provinsi-Provinsi Nasional bersatu. Biasanya, presiden merupakan pemimpin dari partai yang memiliki suara mayoritas di parlemen.

Afrika Selatan memiliki pemilihan umum yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Masa jabatan Presiden Afrika Selatan adalah lima tahun dengan kemungkinan dipilih kembali. Konstitusi membatasi jabatan presiden yaitu untuk dua periode saja.

Tugas-tugas Presiden Afrika Selatan


Hampir seperti presiden pada umumnya, Presiden Afrika Selatan juga tidak hanya sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan namun menjabat sebagai komandan tertinggi angkatan militer negaranya. Seluruh hak dan tanggung jawab presiden hingga masalah remunerasi telah ditetapkan dalam Konstitusi Afrika Selatan pada Bab V (lima).

Kekuasaan eksekutif republik diberikan secara penuh kepada presiden. Melalui kabinetnya, presiden akan mengimplementasikan dan mendorong konstitusi serta hukum yang ada. Ia juga akan melaksanakan semua tugasnya berdasarkan objektif politiknya secara pribadi.

Selain secara eksekutif, presiden juga memiliki peran dalam urusan legislative. Presiden memiliki wewenang untuk menyetujui atau menolak hukum yang ada atau yang diajukan. Ia memiliki hak veto serta memiliki kewenangan untuk menyetujui atau menolak rancangan undang-undang secara langsung ke parlemen atau Pengadilan Konstitusi.

Yang terakhir, ia juga memiliki kuasa penuh untuk membuat sebuah referendum. Semua tugasnya dibantu oleh parlemen ketika ia sedang menjalankan tugasnya pada awal masa menjabat.

Sebagai Komandan Tertinggi Angkatan militer Afrika Selatan, residen juga memiliki wewenang untuk memberikan kebijakan hingga memberikan kendali atas kebijakan keamanan dan urusan luar negeri.

Dengan mengadopsi aturan pada konstitusi, presiden memiliki wewenang untuk menyatakan perang, menyatakan perdamaian, melakukan proses negosiasi, serta menandatangani traktat penting walaupun tidak ikut melakukan ratifikasi. Ia juga memiliki tugas lain seperti menerima utusan diplomatic negara lain ke Republik Afrika Selatan hingga memberikan penghargaan.

Siapakah Presiden Afrika Selatan Saat ini?


Kini, jabatan Presiden Afrika Selatan dipegang oleh Cyril Ramaphosa yang baru saja dilantik pada Februari 2018 lalu. Ramaphosa merupakan aktivis anti-apharteid yang menggantikan jabatan presiden sebelumnya yang dipegang oleh Jacob Zuma. Sebelum menjabat jadi presiden, ia merupakan Deputi Presiden Africa Selatan.

Ramaphosa merupakan Presiden Afrika Selatan ke lima setelah sistem pemerintahan pasca-apharteid. Ia banyak diharapkan untuk membangun Afrika Selatan setelah kemunduran Zuma yang memiliki masalah skandal. Ia mencetak sejarah pertama kali dalam demokrasi Afrika Selatan yaitu memberikan State of Nation Address tanpa deputi.

Daftar Presiden Afrika Selatan

No Nama Presiden Awal Jabatan Akhir Jabatan Partai Politik
1 Charles Robberts Swart 1961 1967 Partai Nasional
2 Theophilus Ebenhaezer Donges 1967 1967 Partai Nasional
3 Jozua François Naudé 1967 1968 Partai Nasional
4 Jacobus Johannes Fouche 1968 1975 Partai Nasional
5 Johannes de Klerk 1975 1975 Partai Nasional
6 Nicolaas Diederichs 1975 1978 Partai Nasional
7 Marais Viljoen 1978 1978 Partai Nasional
8 Balthazar Johannes Vorster 1978 1979 Partai Nasional
9 Marais Viljoen 1979 1984 Partai Nasional
10 Pieter Willem Botha 1984 1989 Partai Nasional
11 Frederik Willem de Klerk 1989 1994 Partai Nasional
12 Nelson Rolihlahla Mandela 1994 1999 Kongres Nasional Afrika
13 Thabo Mvuyelwa Mbeki 1999 2008 Kongres Nasional Afrika
13 Kgalema Motlanthe 2008 2009 Kongres Nasional Afrika
14 Jacob Zuma 2009 2018 Kongres Nasional Afrika
15 Matamela Cyril Ramaphosa 2018 sekarang Kongres Nasional Afrika
Demikian informasi tentang daftar nama presiden Afrika Selatan terbaru dari masa ke masa lengkap.

0 Response to "Daftar Nama Presiden Afrika Selatan dari Pertama sampai Sekarang"

Post a Comment