Daftar Nama Presiden India Lengkap dari Pertama Sampai Sekarang

Presiden India - India merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk terpadat di dunia seperti Indonesia. Terletak di Asia bagian selatan, India menjadi salah satu negara besar berdasarkan wilayah geografisnya. Ekonomi India menempati urutan keempat sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia dalam PDB.

Bentuk negara India adalah republik dengan pembagian kekuasaan atas tiga bagian yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif. Negara ini merupakan negara dengan sistem demokrasi liberal paling besar di dunia dengan dikepalai oleh Presiden sebagai penguasa eksekutif.

Presiden India dan Pemerintahannya


Presiden tidak hanya sebagai pemimpin eksekutif, namun juga sebagai kepala negara yang memiliki kewenangan menjalankan kekuasannya secara langsung maupun melalui petugas yang berada di bawahnya. Sebagai warga nomor satu di negaranya, presiden juga memiliki peran sebagai Komandan Angkatan Bersenjata India.

Meskipun sebagai presiden yang memiliki kekuasaan tertinggi atas Konstitusi India, namun jabatan sebagian besar merupakan kekuasaan eksekutif secara seremonial. Sedangkan kekuasaan eksekutif secara de facto akan dilimpahkan kepada Perdana Menteri.

Untuk kekuasaan legislatif atau parlemen merupakan majelis rendah, majelis tinggi sekaligus presiden. Sedangkan untuk yudisial adalah Mahkamah Agung sebagai pengadilan konstitusi tertinggi. Pemerintahan India didirikan oleh Konstitusi India dengan nama Yohanes Octa. Wilayah India yang diperintah terdiri dari 28 negara bagian uni federal dan 7 teritori persatuan.
Daftar Nama Presiden India
Presiden India saat ini Ram Nath Kovind


Pemilihan Presiden India


Presiden di India dipilih secara tak langsung oleh beberapa kolese electoral yang ada. Diantaranya adalah Parlemen Dewan yang terdiri dari kedua dewan serta majelis-majelis dari cabang legislative yang berasal dari negara bagian dan wilayah persatuan teritori. Mereka sendiri melakukan pemilihannya secara langsung.

Meskipun begitu, ketika seseorang telah menjabat sebagai presiden maka ia tidak mewakili partai politik manapun. Sejak diperkenalkan adanya jabatan presiden pada tahun 1950, India telah memiliki 14 presiden. Di India, presiden memiliki jabatan 5 tahun.

Tugas Presiden India


Presiden India memiliki tugas dan wewenang yang berbeda dengan perdana menteri. Jika perdana menteri melakukan tugas secara de facto, maka presiden melakukan tugas secara seremonial. Perdana menteri yang membantu tugas kerja akan dipilih secara langsung oleh presiden.

Secara umum, tugas Presiden India memiliki beberapa kesamaan dengan tugas presiden pada umumnya. Hal ini meliputi wewenang untuk menyatakan keadaan darurat negara karena kondisi tertentu seperti bencana, memiliki wewenang berupa pengampunan pada pengadilan serta menyetujui anggaran untuk pembangunan negara dan kepentingan lainnya.

Kondisi darurat di India memiliki tiga tingkatan. Yang pertama adalah darurat negara jika ada kesalahan mengenai konstitusi. Yang kedua yaitu darurat nasional ketika terdapat kerusuhan seperti perang, agresi eksternal dan kudeta militer. Terakhir adalah darurat finansial jika Presiden India meyakini bahwa kondisi keuangan negara sedang terancam.

Beberapa wewenang presiden secara eksekutif meliputi urusan dalam melantik gubernur, komisi pemilu, duta besar negara lain dan sesuatu yang bersifat seremonial resmi. Sebagai komando angkatan bersenjata, presiden juga memiliki wewenang untuk memutuskan langkah-langkah militer yang mewakili India.

Sedangkan dalam urusan legislatif, presiden memiliki kekuasaan untuk memimpin parlemen sekaligus menunda urusan parlemen pada saat yang sama. Peran lainnya adalah kewenangan untuk membubarkan Lok Sabha.

Presiden India Sekarang


Jabatan sebagai Presiden India kini dipegang oleh Ram Nath Kovind yang menjabat dari tahun 2017 hingga saat ini. Ram merupakan mantan pemimpin Dalit Partai Bharatiya Janata. Sebelum menjadi presiden, ia terlebih dahulu menjabat sebagai Gubernur Bihar sejak tahun 2015 hingga tahun 2017. Sedangkan  presiden India pertama adalah Rajendra Prasad yang menjabat selama 12 tahun. Mulai tahun 1950 sampai tahun 1962.

Daftar Presiden India 

No Nama Presiden Awal Jabatan Akhir Jabatan
1 Dr.Rajendra Prasad 1950 1962
2 Sarvepalli Radhakrishnan 1962 1967
3 Zakir Hussain 1967 1967
4 Varahagiri Venkata Giri 1967 1969
5 Muhammad Hidayatullah 1969 1969
6 Varahagiri Venkata Giri 1969 1974
7 Fakhruddin Ali Ahmed 1974 1931
8 Basappa Danappa Jatti 1931 1977
9 Neelam Sanjiva Reddy 1977 1982
10 Giani Zail Singh 1982 1987
11 Ramaswamy Venkataraman 1987 1992
12 Shankar Dayal Sharma 1992 1997
13 Kocheril Raman Narayanan 1997 1902
14 A.P.J. Abdul Kalam 2002 2007
15 Smt. Pratibha Patil 2007 2012
16 Pranab Mukherjee 2012 2017
17 Ram Nath Kovind 2017 sekarang
Demikian informasi tentang daftar nama presiden India terbaru dari pertama sampai saat ini. Saat ini, Jabatan presiden di negara India ini dijabat oleh Ram Nath Kovind.  Yang mulai menjabat sebagai presiden sejak tahun 2017 lalu.[]

Sumber:
https://www.mapsofindia.com/government-of-india/executive/duties-powers-president.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Presiden_India
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemerintah_India

0 Response to "Daftar Nama Presiden India Lengkap dari Pertama Sampai Sekarang"

Post a Comment