Daftar Nama Presiden Mesir Lengkap

Daftar isi [Tampil]
Mesir merupakan negara yang terletak di dua benua atau trans benua. Negara ini terletak di Benua Afrika sekaligus Benua Asia. Mesir atau Egypt dalam Bahasa Inggris ini memiliki nama lengkap Republik Arab Mesir. Negara ini memiliki sebagian wilayah besar di bagian timur Afrika. Itulah mengapa Mesir masih digolongkan sebagai negara yang berada di benua Afrika.

Namun, berbagai organisasi tradisional menyebut Mesir terletak di Timur Tengah. Negara ini berbatasan langsung dengan Jalur Gaza dan Israel pada bagian Timur. Sedangkan di bagian Barat, negara ini berbatasan dengan negara Libya. Negara yang memiliki penduduk mayoritas muslim ini memiliki kepala pemerintahan perdana menteri dan kepala negara seorang presiden.
Daftar Nama Presiden Mesir Lengkap
Presiden Mesir 


Presiden Republik Arab Mesir


Negara Mesir memiliki nama lengkap Republik Arab Mesir atau dalam bahasa Inggris Arab Republic of Egypt. Nama lokal dari negara ini adalah Jumhuriyat Misr Al-Arabiyah. Negara ini dipimpin oleh seorang presiden. Kepala pemerintahan dari Negara Mesir adalah seorang Perdana Menteri.

Negara yang beribukota di Kairo ini kini memiliki presiden bernama Abdaelfattah Said ELSISI. Presiden Abdaelfattah memimpin Mesir sejak tanggal 8 Juni 2014 hingga sekarang. Sedangkan Perdana Menteri mesir kini dijabat oleh Sherif Ismail. Sherif Ismail sendiri menjabat sebagai perdana menteri Mesir sejak 12 September 2015.

Latar belakang presiden Mesir mulai dari yang pertama adalah Muhammad Naguib. Ia adalah pemimpin dari revolusi Mesir tahun 1952. Ia menjabat sebagai presiden di negara Mesir sejak tanggal 18 Juni 1953. Saat Muhammad Naguib menjabat sebagai presiden Mesir, saat itu pula Mesir dideklarasikan sebagai negara dengan bentuk pemerintahan Republik.

Profil Negara Mesir


Negara yang terkenal dengan Spinx dan Piramida nya ini sangat terkenal di seantero dunia. Bagaimana tidak, dua keajaiban dunia tersebut terletak di negara ini. Negara ini memiliki luas wilayah 1.001.450 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 94.666.993 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 2.51% per tahun.

Mesir merupakan negara yang terletak di Benua Afrika dengan mata uang Pound Mesir atau EGP. Mesir merupakan salah satu negara maju di Afrika. Lambang negara Mesir radalah elang emas yang menghadap ke kanan. Lambang ini dikenal dengan sebutan Elang Salahuddin. Negara ini juga dikenal sebagai negara penghasil buah kurma paling banyak atau terbesar di dunia.

Sistem Pemerintahan Negara Mesir


Setiap negara memiliki sistem pemerintahan masing-masing. Begitu juga dengan negara yang berada di Timur Tengah ini. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Mesir merupakan negara presidensiil yang memiliki kepala negara seorang Presiden. Dalam pembagian administratifnya, Mesir memiliki 26 Governorat.

Kekuasaan eksekutif dari negara Mesir dibagi antara presiden dan perdana menteri. Namun pada prakteknya langsung jelas terpusat pada presiden dan selama ini presiden dipilih langsung melalui pemilu sebagai kandidat tunggal. Kekuasaan legislatif adalah dibawah Majelis Rakyat atau Majelis rendah parlemen Mesir. Majelis ini merupakan padanan dari DPR dan dipilih melalui referendum. Masa jabatannya adalah 6 tahun.

Lembaga yudikatif Mesir adalah Mahkamah Konstitusi Agung di Republik Arab Mesir. Mahkamah Agung Mesir memiliki pusat di Kairo. Hal tersebut bertujuan untuk mengontrol hukum serta menghapus hukum yang tidak sesuai dengan konstitusi Mesir.

Sistem pemerintahan Mesir juga sering disebut dengan Eksekutif Ganda atau dual Eksekutif. Mengapa demikian? Di dalam sistem pemerintahan ini, presiden langsung dipilih oleh rakyat dan memiliki kekuasaan yang kuat. Presiden juga melaksanakan kekuasaan yang dimilikinya bersama-sama langsung dengan perdana menterinya.

Pada tanggal 4 Juli 2013, Panglima Angkatan Bersenjata Mesir yang bernama Abdel Fatah Al Sisi mengumumkan revolusi untuk mengamankan negara Mesir. Ini dilakukannya dengan tujuan untuk menggulingkan Moursi. Mengapa demikian? Karena Moursi sendiri merupakan presiden Mesir pertama yang dipilih secara demokrasi. Hal yang menarik dari negara Mesir adalah bahwa negara Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kedaulatan negara Indonesia.

Daftar Nama Presiden Mesir

No Nama Presiden Masa Jabatan
1 Muhammad Naguib 1953-1954
2 Gamal Abdel Nasser 1954
3 MuḼammad Naguib 1954
4 Gamal Abdel Nasser 1954-1970
5 Anwar Sadat 1970-1981
6 Sufi Abu Taleb 1981
7 Hosni Mubarak 1981–2011
8 Mohamed Hussein Tantawi(pemerintahan militer_ 2011-2012
9 Mohamed Morsi 2012-2013
10 Adly Mansour 2013-2014
11 Abdel Fattah al-Sisi 2014-sekarang
Demikian infromasi daftar nama presiden Mesir terbaru dari masa ke masa lengkap. Saat ini, jabatan presiden di negara Mesir ini dijabat oleh Abdel Fattah al-Sisi.[]

0 Response to "Daftar Nama Presiden Mesir Lengkap "

Post a Comment