Daftar Nama Presiden Turki dari Tahun ke Tahun Lengkap

Daftar isi [Tampil]
Turki merupakan sebuah negara yang memiliki wilayah di dua benua, yaitu Eropa dan Asia. Negara ini menjadi salah satu negara yang cukup terkenal di dunia, khususnya bagi umat Muslim. Sebab, penduduk Turki mayoritas beragama muslim. Di negara ini juga terdapat sejarah tentang agama islam. Bentuk negara yang memiliki ibu kota di Istanbul ini adalah republik.

Seperti kebanyakan negara berbentuk demokrasi lainnya, Turki memiliki kepala negara bergelar presiden. Sistem pemerintahan di Turki dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu eksekutif yang ada di tangan presiden dan menteri, legislatif yang berada di tangan parlemen dan yudikatif.

Presiden Turki tidak hanya menjadi kepala negara, namun juga sebagai kepala pemerintahan. Menurut peraturan umum pemilu tahun 2018, menjadi presiden berarti memiliki kapasitas untuk mewakili Republik Turki sebagai negara dan kesatuan warganya. Ia juga memiliki kapasitas untuk menjalankan Konstitusi Turki dan menjaga serta menjalankan pemerintahan negara dengan harmonis.
presiden turki pertama
wikipedia

Peran Dan Tanggung Jawab Presiden Turki


Tanggung jawab dan peran sebagai Presiden Turki dibagi berdasarkan fungsi kekuasaan. Yang pertama adalah peran sebagai fungsi legislatif. Perannya sebagai legislatif meliputi mempublikasikan hukum, memimpin pertemuan parlemen jika dibutuhkan, dan menyerahkan hukum kepada parlemen untuk dipertimbangkan kembali.

Ia juga berhak untuk mengajukan referendum jika sangat dibutuhkan. Selain itu, ia memiliki wewenang penuh untuk membentuk pemilihan umum presiden dan parlemen yang baru serta menyampaikan anggaran.

Yang kedua adalah peran presiden sebagai fungsi eksekutif. Peran utamanya adalah memilih wakil presiden dan menteri dan bertanggung jawab atas urusan militer Turki. Dalam tingkat internasional, Presiden Turki memiliki kekuasaan untuk memberikan akreditasi kepada negara lain dan menerima perwakilan negara lain untuk Republik Turki.

Dalam urusan kebijakan atau traktat internasional, presiden akan ikut serta meratifikasi. Ia juga diwajibkan untuk memimpin pertemuan Dewan Keamanan Nasional Turki dan memberikan instruksi terhadap badan hukum lain.

Yang ketiga adalah berdasarkan fungsi yuridis. Perannya adalah untuk memilih pengadilan konstitusi dan anggotanya. Semua peran dan tanggung jawab presiden sudah ditentukan oleh hukum konstitusi yaitu pada peraturan bernomor 101 hingga 106.

Pemilihan presiden


Presiden Turki dipilih melalui pemilihan umum untuk masa jabatan selama lima tahun. Dalam peraturan yang berlaku, seorang presiden boleh dipilih kembali. Untuk menjadi presiden, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah seseorang harus berumur setidaknya 40 tahun dan telah menyelesaikan pendidikan tinggi.

Pada awalnya, Presiden Turki dipilih oleh parlemen. Namun pada tahun 2014, Turki menggelar pemilihan presiden secara langsung untuk pertama kalinya setelah 90 tahun lamanya.
Daftar Nama Presiden Turki
Recep Tayyip Erdoğan via harituhan.files.wordpress.com

Siapa Presiden Turki Saat Ini?


Presiden Turki saat ini dijabat oleh Recep Tayyip Erdogan. Erdogan merupakan seorang tokoh politikus Turki dan menjabat sebagai presiden setelah memenangkan pemilu pada tahun 2014.

Sebelum menjadi presiden, ia menjabat sebagai Perdana Menteri Turki dari tahun 2003 hingga tahun 2014.

Pengaruhnya di Turki sangat besar sehingga namanya cukup sering disorot oleh media internasional. Bahkan pada tahun 2010, Erdogan terpilih sebagai salah satu tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia.

Ketika terpilih menjadi presiden melalui pemilu, pelantikan Erdogan membawa era baru bagi Turki. Salah satunya adalah mengenai pembuatan kebijakan atau konstitusi baru yang diharapkan bisa merubah keadaan negara tersebut.

Erdogan merupakan satu-satunya presiden yang sejak Juli 2018 mendapat gelar Presiden Eksekutif. Gelar ini menandakan bahwa ia memiliki kekuasaan legislatif dan yuridis yang lebih besar.

Daftar Nama Presiden Turki

No Nama Presiden Awal Jabatan Akhir Jabatan Partai Politik
1 Mustafa Kemal Atatürk 29 Oktober 1923 10 November 1938 Partai Rakyat Republik
2 Mustafa İsmet İnönü 11 November 1938 22 Mei 1950 Partai Rakyat Republik
3 Mahmut Celal Bayar 22 Mei 1950 27 Mei 1960 Partai Demokrat
4 Cemal Gürsel 10 Oktober 1961 28 Maret 1966 Independent
5 Cevdet Sunay 28 Maret 1966 28 Maret 1973 Independent
6 Fahri Korutürk 6 April 1973 6 April 1980 Independent
7 Kenan Evren 9 November 1982 9 November 1989 Independent
8 Turgut Özal 9 November 1989 17 April 1993 Partai Tanah Air
9 Süleyman Demirel 16 Mei 1993 16 Mei 2000 Partai Jalan Kebenaran
10 Ahmet Necdet Sezer 16 Mei 2000 28 Agustus 2007 Independent
11 Abdullah Gül 28 Agustus 2007 28 Agustus 2014 Partai Keadilan dan Pembangunan
12 Recep Tayyip Erdoğan 28 Agustus 2014 Petahana Partai Keadilan dan Pembangunan
Demikian info mengenai dаftаr nama рrеѕіdеn Turkі tеrbаru dаrі masa ke masa lеngkар. Jаbаtаn рrеѕіdеn Turkі pertama dijabat oleh Mustafa Kemal Atatürk dan presidean turki ѕеkаrаng dіjаbаt оlеh Rесер Tаууір Erdоgаn yang реrtаmа menjabat ѕеjаk tаhun 2014 lаlu dаn dіkеnаl sebagai реmіmріn уаng tegas.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Politics_of_Turkey
https://en.wikipedia.org/wiki/President_of_Turkey
https://id.wikipedia.org/wiki/Recep_Tayyip_Erdo%C4%9Fan

0 Response to "Daftar Nama Presiden Turki dari Tahun ke Tahun Lengkap"

Post a Comment