UEFA: Sejarah, Pendiri, Tujuan, Negara Anggota dan Latar Belakang

Daftar isi [Tampil]
UEFA merupakan singkatan dari Union of European Football Associations yang merupakan otoritas tertinggi yang mengatur urusan sepak bola Eropa. UEFA memiliki anggota sebanyak 54 negara, yang beberapa diantaranya memiliki sebagian wilayah di Asia dan Afrika. Kekuasaan yang dimiliki UEFA meliputi mengatur semua peraturan sepak bola Eropa, hak siar media, hadiah dan menjalankan kompetisi klub dan negara di Eropa.
UEFA: Sejarah, Pendiri, Tujuan dan Latar Belakang
www.uefa.com

Pendiri UEFA


UEFA didirikan atas persetujuan asosiasi sepak bola yang berasal dari tiga negara, yaitu Italia, Belgia dan Perancis. Pada awal pendiriannya, UEFA ini hanya memiliki 28 anggota saja. Persatuan sepak bola Uni Eropa ini memiliki presiden pertama bernama Ebbie Schwartz yang berasal dari Denmark serta Serta memiliki Sekretaris Jenderal pertama bernama Henri Delaunay yang berasal dari Belgia.

Pengertian UEFA


UEFA dalam Bahasa Indonesia berarti Asosiasi Sepak Bola Uni Eropa atau biasa disebut juga dengan nama Uni Sepak Bola Eropa. UEFA adalah konfederasi sepak bola untuk benua Eropa yang di bawah FIFA, otoritas tertinggi urusan sepak bola dunia.

Tujuan didirikannya UEFA


UEFA, seperti yang disebutkan secara resmi ketika awal pendiriannya, memiliki tujuan untuk mempromosikan, melindungi dan menjaga olahraga untuk semua level. Dalam bahasa yang lebih sederhana, UEFA dikenal dengan nama “guardian of football in Europe” yang berarti pelindung sepak bola di Eropa.

Sekarang ini, UEFA dipercaya untuk menjalankan misi-misi tujuan seperti untuk menjawab semua pertanyaan yang berhubungan dengan sepak bola Eropa dan mempromosikan sepak bola dalam beberapa hal. Diantaranya adalah mempromosikan sepak bola dalam semangat persatuan, perdamaian, solidaritas, permainan yang adil tanpa diskriminasi ras, politik, agama, gender dan lainnya.

UEFA dipercaya untuk melindungi nilai-nilai dari sepak bola Eropa dan mempromosikan dan melindungi kode etik dan aturan resmi permainan sepak bola di Eropa. Tujuan lainnya adalah untuk mendukung hubungan baik dengan semua pelaku yang berhubungan dengan sepak bola Eropa.
Negara Anggota UEFA
dailypost.ng

Sejarah Singkat dan Latar Belakang Berdirinya UEFA


UEFA didirikan dilatarbelakangi oleh keadaan di mana pada masa itu, hanya ada satu badan sepak bola dunia yang mengatur urusan sepak bola, yang kini dikenal sebagai FIFA. Atas dasar inilah kemudian beberapa mantan administrator sepak bola dari beberapa negara Eropa berinisiatif untuk membuat asosiasi untuk mengurus semua hal-hal berkaitan dengan sepak bola Eropa.

UEFA didirikan pada tanggal 15 Juni 1954 di Basel, Swiss oleh beberapa orang dari Italia, Belgia dan Perancis. Mereka adalah presiden Federasi Sepak Bola Italia dan mantan sekretarisnya, anggota dari Federasi Sepak Bola Perancis dan perwakilan dari Asosiasi Sepak Bola Belgia. Mereka memiliki misi untuk mendirikan badan sepak bola Eropa.

Pada awal pembentukannya, UEFA memiliki misi untuk memperkuat solidaritas dan persatuan antara komunitas-komunitas sepak bola di Eropa. Namun seiring berkembangnya badan tersebut serta mendapatkan dukungan dari FIF, kini UEFA telah memiliki puluhan anggota. UEFA juga kini memegang kendali atas beberapa kompetisi di Benua Biru tersebut.

Pada tahun 1960, EUFA hanya memiliki 3 karyawan dengan markasnya berada di Paris, Perancis. kini setelah lebih dari enam dekade, UEFA memiliki lebih dari 600 karyawan dan markasnya kini berlokasi di Nyon, Swiss.

UEFA mengalami perkembangan yang cukup pesat sejak awal tahun 1990-an hingga sekarang. Tercatat kini UEFA menjalankan beberapa liga besar seperti Kejuaraan Sepak bola UEFA, Liga Champions UEFA, Liga Eropa serta Piala Super UEFA dari total 19 laga besar.

Daftar Negara Anggota UEFA

No Nama Negara Kode Negara
1 Albania ALB
2 Andorra AND
3 Armenia ARM
4 Austria AUT
5 Azerbaijan AZE
6 Belanda NED
7 Belarus BLR
8 Belgia BEL
9 Bosnia-Herzegovina BIH
10 Bulgaria BUL
11 Denmark DEN
12 Estonia EST
13 Finlandia FIN
14 FYR Makedonia MKD
15 Georgia GEO
16 Gibraltar GIB
17 Hongaria HUN
18 Inggris ENG
19 Irlandia Utara NIR
20 Islandia ISL
21 Israel ISR
22 Italia ITA
23 Jerman GER
24 Kazakhstan KAZ
25 Kepulauan Faroe FRO
26 Kroasia CRO
27 Latvia LVA
28 Liechtenstein LIE
29 Lituania LTU
30 Luksemburg LUX
31 Malta MLT
32 Moldova MDA
33 Montenegro MNE
34 Norwegia NOR
35 Perancis FRA
36 Polandia POL
37 Portugal POR
38 Republik Irlandia IRL
39 Republik Ceko CZE
40 Rumania ROU
41 Rusia RUS
42 San Marino SMR
43 Serbia SRB
44 Skotlandia SCO
45 Slovenia SVN
46 Slowakia SVK
47 Spanyol ESP
48 Swedia SWE
49 Swiss SUI
50 Syprus CYP
51 Turki TUR
52 Ukraina UKR
53 Wales WAL
54 Yunani GRE
Demikian informasi tentang pengertian UEFA, tujuan UEFA, sejarah UEFA singkat serta daftar negara anggota UEFA. Organisasi ini dikenal sebagai badan sepak bola internasional yang mengatur urusan olahraga sepak bola di benua Eropa.

0 Response to "UEFA: Sejarah, Pendiri, Tujuan, Negara Anggota dan Latar Belakang"

Post a Comment