Ciri-ciri Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan Beserta Contoh dan Penjelasannya

Daftar isi [Tampil]
Sejarah merupakan salah satu hal yang penting untuk dikenang, dihargai, serta dipelajari untuk hidup yang lebih baik di masa depan Anda. Pada dasarnya, sejarah bisa diartikan sebagai suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau dan tidak bisa diubah dengan cara apapun. Setiap sejarah memiliki pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia, bahkan suatu bangsa.

Mengapa Sejarah Sangat Penting Untuk Dipelajari?

Ciri-ciri Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Sejarah merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipelajari. Dalam bahasa Belanda, sejarah memiliki arti “berarti terjadi” sedangkan dalam bahasa inggris History berarti masa lampau umat manusia. 

Hal ini menunjukkan bahwa suatu sejarah merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan manusia yang telah berlalu dari masa ke masa hingga manusia bisa hidup di era modern seperti sekarang. Mengapa mempelajari sejarah adalah hal yang penting?

1. Sejarah mampu memberikan gambaran kehidupan masyarakat di masa lampau

Anda bisa mengenal bagaimana tingkah laku dan cara hidup orang-orang yang hidup di masa lampau. Dengan mempelajari hal tersebut, Anda bisa belajar menghargai sebuah kehidupan.

2. Untuk mengingat data-data dan fakta

Sejarah adalah suatu fakta yang benar-benar terjadi. Dengan mempelajari sejarah, Anda tidak hanya akan mengingat data-data dan fakta, namun juga bisa memaknainya. Anda bisa bertanya-tanya mengapa sejarah tersebut bisa terjadi.

3. Mengetahui kejadian di masa lampau

Banyak kejadian penting yang terjadi di masa lampau seperti masa penjajahan Belanda selama 3,5 abad lebih dan masa penjajahan Belanda hingga Indonesia bisa merdeka seperti sekarang. Tanpa sejarah, Anda tidak akan pernah mengetahui hal tersebut.

4. Menjadikan sejarah sebagai acuan hidup

Sejarah sebagai peristiwa yang telah terjadi di masa lampau tentu memiliki nilai-nilai positif yang bisa dipelajari dan diambil hikmahnya. Mempelajari sejarah akan membuat Anda menjadi lebih baik dalam menjalani kehidupan Anda sekarang.

Sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang dipelajari oleh jutaan manusia, sejarah bisa dilihat dari beberapa sudut pandang. Salah satunya sejarah bisa dilihat dari sudut pandang ilmu pengetahuan. Apakah ciri-ciri sejarah jika dilihat dari sudut pandang ilmu pengetahuan?

Ciri-ciri Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan


1. Bersifat empiris
Sejarah bersifat empiris artinya dari sejarah, Anda bisa melakukan kajian dari peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau.

2. Memiliki teori
Sejarah memiliki teori tentang kaidah-kaidah dari suatu ilmu. Teori tersebut diajarkan dari berbagai macam peradaban. Teori sendiri merupakan pendapat yang dikemukakan tentang suatu peristiwa. Dari teori itulah sejarah bisa dikatakan valid.

3. Memiliki objek
Artinya ada objek untuk diteliti, Objek sejarah merupakan perubahan dari aktivitas manusia di masa lampau. Waktu merupakan unsur yang penting dari sejarah.

4. Memiliki metode
Sejarah memiliki metode yang teratur dan tujuan yang teratur pula. Tujuan dari ilmu sejarah adalah untuk menjelaskan perkembangan kehidupan manusia. Metode yang digunakan dalam mempelajari ilmu sejarah dilakukan untuk menjelaskan bahwa sejarah tersebut memang benar-benar terjadi. Jadi, para sejarahwan benar-benar bisa mengambil kesimpulan yang sewajarnya saja atau tidak terlalu berani.

5. Memiliki generalisasi
Dari ilmu sejarah bisa ditarik suatu kesimpulan. Kesimpulan ini umumnya bersifat umum dari pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis atau sejarawan.

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu

  • Teori Agama Hindu Budha masuk ke Indonesia
  • Teori Agama Islam masuk ke Indonesia
  • Teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
  • Teori Asal Usul Manusia
  • Mempelajari sejarah di sekolah dapat mengetahui dan memahami peristiwa masa lalu.  

Itulah ciri-ciri sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan sosial khususnya tentang sejarah selalu berubah-ubah sesuai dengan kondisi suatu tempat dan perubahan waktu. Bagaimanapun juga, manusia memiliki rasa ingin tahu tentang apa yang terjadi di masa lampau. Oleh karena itu, belajarlah mengenai sejarah dan ambillah nilai-nilai positif dari sejarah yang telah terjadi.

0 Response to "Ciri-ciri Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan Beserta Contoh dan Penjelasannya"

Post a Comment