Ciri-ciri Sejarah Sebagai Peristiwa Beserta Contoh dan Penjelasannya

Sejarah merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia. Secara sempit, sejarah bisa diartikan sebagai sesuatu peristiwa yang telah dialami oleh manusia yang bersumber dari kebebasan, realisasi diri, serta keputusan rohani. 

Jika diartikan secara luas, sejarah bisa diartikan sebagai suatu catatan tentang peristiwa yang telah terjadi pada jaman dahulu. Setiap orang memiliki sejarahnya masing-masing. Sejarah sendiri memiliki peranan yang sangat penting bagi setiap bangsa. Dengan mengenal sejarah, setiap warga negara bisa mengenal bagaimana dan apa yang terjadi pada negaranya di masa lampau.

Apa yang Dimaksud Dengan Sejarah?

Ciri-ciri Sejarah Sebagai Peristiwa
theteachersdigest.com
Sejarah bisa diartikan sebagai sebuah peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau (Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dari peristiwa masa lampau, kehidupan dan perilaku manusia pada jaman dulu bisa diketahui. Hal ini dapat berguna baik untuk kehidupan sekarang maupun kehidupan yang akan datang karena semua ada kaitannya.

Hingga sekarang, sejarah dikenal sebagai salah satu cabang dari sebuah ilmu pengetahuan, yaitu masuk sebagai mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Sejarah mempelajari berbagai macam hal. Contohnya saja sejarah Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan, Sejarah jaman kerajaan Islam dan Kerajaan Hindu Budha di Indonesia, hingga sejarah manusia Purba di Indonesia.

Sejarah bisa dinilai dari beberapa pandangan yaitu sejarah sebagai sebuah peristiwa, kisah, sejarah sebagai ilmu, dan sejarah sebagai seni.

Sejarah bisa diartikan sebagai suatu peristiwa. Dalam hal ini pandangan mengenai sejarah bisa dilihat dari 2 aspek. Aspek pertama adalah sejarah sebagai peristiwa atau realitas dan aspek kedua adalah sejarah sebagai kisah sejarah.

1. Sejarah sebagai peristiwa
Sejarah sebagai suatu peristiwa bisa diartikan bahwa sejarah adalah kejadian yang benar-benar terjadi di masa lalu

2. Sejarah sebagai kisah
Sejarah sebagai kisah bisa diartikan bahwa sejarah merupakan kisah dari peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Masing-masing pandangan tentang sejarah memiliki ciri-cirinya masing-masing. Berikut ciri-ciri sejarah sebagai suatu peristiwa.

Ciri Sejarah Sebagai Peristiwa


Suatu sejarah tidak bisa diulang lagi. Sejarah juga menjadi sebuah fakta yang saling memiliki keterkaitan. Berikut beberapa ciri sejarah jika dipandang sebagai suatu peristiwa.

1. Unik

Peristiwa sejarah merupakan salah satu hal yang sangat unik. Peristiwa ini memiliki pengaruh yang sangat besar pada masa lalu dan masa-masa selanjutnya. Contohnya saja, sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dampaknya tentu bisa dirasakan oleh semua orang hingga saat ini.

2. Pengaruhnya sangat besar

Sejarah sebagai peristiwa juga memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan. Meskipun sejarah sudah terjadi di masa lampau, namun dampaknya yang besar masih bisa dirasakan hingga sekarang. Contohnya sejarah Sumpah Pemuda. Pengaruhnya sangat besar baik di masa lalu hingga masa sekarang. Dengan demikian, sejarah merupakan salah satu hal yang sangat penting dan mempengaruhi banyak orang.

3. Abadi

Sejarah sebagai suatu peristiwa memiliki sifat yang abadi. Mengapa bisa dikatakan abadi? Abadi di sini memiliki arti akan dikenang sepanjang masa. Sejarah masa lalu bukan hanya akan dikenal oleh Anda, namun juga akan dikenal oleh anak cucu Anda kelak. Peristiwa di dalam sejarah telah terjadi dan dengan cara apapun tidak akan bisa diubah.

4. Objektif

Peristiwa sejarah di masa lalu harus berdasarkan fakta yang terjadi sebenarnya atau sebagaimana adanaya, tidak mengalami penambahan atau pengurangan.

Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa


1. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI.
2. Peristiwa Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).
3. Peristiwa Rengasdengklok yakni peristiwa diculiknya Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta.
4. Peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya.
5. Peristiwa Supersemar.

Begitu pentingnya sejarah bagi kehidupan manusia sehingga Anda harus bisa menghargai setiap sejarah yang terjadi. Sifat-sifat sejarah yang unik, abadi, dan memiliki pengaruh besar bagi kehidupan membuat semua orang bisa belajar untuk menjadi lebih baik dari sesuatu kejadian yang telah terjadi.

0 Response to "Ciri-ciri Sejarah Sebagai Peristiwa Beserta Contoh dan Penjelasannya"

Post a Comment