Daftar Nama Presiden Cina (RRC) dari Tahun ke Tahun

Daftar isi [Tampil]
Cina merupakan salah satu negara raksasa di Asia dari berbagai segi, terutama segi ekonomi. Letaknya berada di bagian Asia Timur dengan ibu kotanya adalah Beijing. Cina biasanya dikenal dengan beberapa sebutan lain yaitu RRC, RRT atau Tiongkok.

Sistem pemerintahan di negara ini mengalami banyak perubahan. Setelah perang saudara pada tahun 1949, Tiongkok dipimpin oleh sebuah partai tunggal bernama Partai Komunis Tiongkok. Meskipun secara politik diperintah oleh satu partai komunis, namun dalam bidang ekonomi semuanya telah berbeda. Bahkan kini, ada beberapa pengamat mengatakan bahwa Cina mulai menjadi negara demokratis.

Sistem Pemerintahan Cina


Sebelum mengulas banyak mengenai Presiden Cina sebagai orang nomor satu di negara tersebut, mar kita lihat bagaimana sistem pemerintahan yang dijalankan di Cina. Secara resmi, Cina hingga kini masih dipandang sebagai negara komunisme meskipun semakin hari istilah itu mulai tidak penting untuk mendefinisikan cina. Cina merupakan negara berbentuk republik dengan otoritas tertinggi adalah presiden.

Lembaga penting negara yang pertama adalah yang memegang peran sebagai lembaga legislatif. Lembaga ini memiliki dua tingkat yaitu tingkat pusat dan tingkat rendah. Tingkat pusat adalah untuk urusan nasional dengan tingkat rendah merupakan tingkat provinsi. Parlemen tertinggi ada di tangan parlemen pusat atau Kongres Rakyat Nasional yang dipilih setiap lima tahun sekali. Tugas parlemen adalah untuk membuat dan merancang undang-undang, merancang anggaran ekonomi negara dan memilih sekaligus memiliki wewenang untuk memberhentikan presiden.

Untuk lembaga eksekutif terdiri dari presiden dan perdana menteri. Presiden Cina merupakan kepala negara sedangkan perdana menteri merupakan kepala pemerintahan. Presiden memiliki wewenang untuk mengangkat dan memberhentikan perdana menteri. Perdana menteri memiliki hak untuk membentuk kabinet yang kemudian disetujui oleh presiden. Karena tugasnya, maka perdana menteri disebut Kepala Eksekutif Yuan.

presiden china

Tanggung Jawab Presiden Cina


Presiden Cina memiliki tanggung jawab dan peran penting yang diatur dalam Konstitusi yang disahkan tahun 1982. Peran pertamanya adalah untuk memberikan contoh dan mengajarkan hukum kepada semuanya, menyatakan status darurat, dan memberikan informasi mengenai krisis-krisis yang terjadi. Adapula tugas dalam negeri lainnya yang harus dijalankan sesuai dengan pertimbangan partai yaitu meliputi melantik maupun memecat wakil presiden, konselor, menteri, komisi-komisi serta sekretaris umum.

Untuk urusan yang berhubungan dengan luar negeri, presiden memiliki kekuasaan untuk menerima dan mengembalikan perwakilan negara asing dari Cina. Presiden juga yang nantinya akan berperan dalam negosiasi internasional, ratifikasi bahkan menandatangani traktat internasional. Yang terbaru adalah adanya Kongres Masyarakat Nasional yang hasilnya menghapus batasan-batasan tugas presiden, artinya tanggung jawab presiden lebih luas.

Kualifikasi Presiden Cina


Menurut konstitusi Republik Rakyat Tiongkok, untuk bisa menjadi Presiden Cina haruslah sebagai penduduk asli Cina dengan minimum umur 40an tahun. Menjadi Presiden Cina dipilih oleh NCO. NCO merupakan Kongres Masyarakat Nasional. NPC merupakan kekuasaan aling tinggi di pemerintahan Cina saat ini.

Siapakah Presiden Cina Saat ini?


Presiden Cina saat ini dipegang oleh Xi Jinping menjadi pemimpin negara RRC sejak tahun 2013 hingga sekarang. Sebelum menjabat sebagai presiden, Xi menjabat sebagai wakil presiden tahun 2008-hingga tahun 2013. Setelah menjadi wakil dari seorang presiden dengan masa jabatan dua kali, Xi memutuskan untuk menjadi kandidat presiden selanjutnya. Xi kini mendapatkan banyak julukan seperti pemimpin Cina paling berpengaruh karena program dan kebijakan yang ia buat.

Pengalamannya menjadi Sekretaris Jenderal untuk partainya dan kepala Komisi Militer Menengah serta pengalaman lainnya berhasil membawa Cina lebih maju, terutama dalam bidang ekonomi.

Daftar Nama Presiden Cina

No Nama Presiden Awal Jabatan Akhir Jabatan
1 Mao Zedong 27 September 1954 27 April 1959
2 Liu Shaoqi 27 April 1959 31 Oktober 1968
3 Li Xiannian 18 Juni 1983 08 April 1988
4 Yang Shangkun 09 April 1988 27 Maret 1993
5 Jiang Zemin 27 Maret 1993 15 Maret 2003
6 Hu Jintao 15 Maret 2003 14 Maret 2013
7 Xi Jinping 14 Maret 2013 sekarang
Demikian informasi daftar nama presiden Cina terbaru dari tahun ke tahun lengkap. Jabatan presiden china saat ini dijabat oleh Xi Jinping yang mulai menjabat sejak tahun 2013 lalu.

0 Response to "Daftar Nama Presiden Cina (RRC) dari Tahun ke Tahun"

Post a Comment