Daftar Nama Raja Arab Saudi Lengkap dari Pertama sampai Sekarang

Daftar isi [Tampil]
Arab Saudi dikenal sebagai negara yang menganut sistem monarki dengan nama resmi Kerajaan Arab Saudi atau Kingdom of Saudi Arabia (KSA). KSA merupakan negara Arab dari kawasan Asia Barat yang beribu kota di Riyadh.

Arab Saudi sebagai negara berbentuk kerajaan merupakan negara monarki absolut dengan syariat Islam di mana hukum-hukumnya didominasi dari Raja yang menggunakan syariat Islam sebagai sumber hukum. Hukum yang digunakan berasal dari pemahaman para sahabat Nabi yang secara spesifik bermazhab Hanbali. Karena pemahamannya, terkadang juga disebut sebagai negara yang menganut Salafi.

Sistem Pemerintahan Negara Arab


Konteks monarki absolut merupakan konteks di mana kekuasaan raja adalah mutlak dan raja merupakan kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Arab Saudi merupakan satu dari beberapa negara kerajaan yang memiliki raja untuk dua peran sekaligus. Pemerintahan didominasi oleh keluarga kerajaan yang luas, sehingga aktor utama pemerintahan adalah keluarga raja. Bahkan kepribadian raja bisa mempengaruhi kebijakan nasional.

Kekuasaan eksekutif di Arab Saudi berada di tangan raja dan perdana menteri. Perdana menteri Arab Saudi saat ini adalah Salman bin Abdul Aziz yang memulai jabatannya sejak tahun 2013. Untuk kekuasaan legislative berada di tangan Majelis Syuro. Majelis ini memiliki wewenang untuk menasihati raja beserta menteri. Peran utama Majelis Syuro adalah menilai hingga memperbaiki undang-undang hingga perjanjian antar negara.

Untuk kekuasaan yudikatif kekuasaan tertinggi dipegang oleh Dewan Mahkamah Agung. Mahkamah ini merupakan pengadilan tertinggi yang akan menimbang dan memeriksa kembali kasus seperti kasus hukuman mati yang diurus oleh pengadilan lebih rendah.
raja arab saudi
King Salman


Peran Raja Arab Saudi


Raja Arab Saudi diatur dalam undang-undang yang menyebutkan bahwa raja harus dipilih dari kalangan raja dengan ketentuan putra pertama. Raja yang sekarang memerintah merupakan penguasa de facto negara.

Peran raja yang utama adalah mengenai kebijakan negara, melegitimasi kebijakan yang sesuai dengan syariat Islam, mengatasi pelaksanaan syariah Islam hingga melindungi negara dari ancaman luar.

Tanggung jawab lainnya adalah melantik sekaligus berwenang untuk memecat dewan yang bertanggung jawab pada urusan administrasi, keuangan, pertahanan hingga pendidikan. Di Arab Saudi, raja akan mengawasi sebanyak 150 Dewan Konsultasi. Anggota dewan ini dilantik langsung oleh raja. Berbeda dengan raja, dewan-dewan ini separuhnya dipilih secara demokratis melalui pemilihan umum.

Meskipun bersifat absolut secara teori, namun dalam perjalanan mengemban tugasnya dasar utamanya tidak dibuat oleh Raja, namun juga dibantu oleh pihak di luar raja. Salah satunya adalah adanya consensus.

Bagaimana Memilih Raja Arab Saudi?


Dalam praktiknya, yang menjadi Raja Arab Saudi tidak hanya dilihat dari garis keturunannya saja, namun dilihat dari kemampuannya dalam memimpin. Sebagai contoh adalah pengganti Raja Abdullah. Penggantinya adalah saudaranya sendiri yaitu Raja Salman yang kini menjabat sebagai Raja Arab Saudi.

Sekilas Profil Raja Arab Saudi Saat Ini


Raja Saman adalah raja yang kini memerintah Arab Saudi. Ia merupakan putra dari Ibn Saud yang memerintah sebagai raja pada tahun 1953 hingga 1964. Sebelum menjabat sebagai raja, ia merupakan Gubernur Riyadh dengan masa kekuasaan lama, yaitu 48 tahun.

Setelah menjadi gubernur, ia diangkat menjadi Menteri Pertahanan pada tahun 2011. Setahun setelah menjadi menteri, ia terpilih sebagai putra mahkota. Ia dipilih setelah saudaranya Nayef meninggal. Pada tahun 2015, ia menggantikan posisi raja setelah sang Raja Abdullah yang merupakan saudara tirinya wafat.

Sedangkan untuk Putra Mahkotanya, Raja Salman menunjuk Pangeran Muqrin bin Abdul Aziz yang kemudian dicopot dan diganti dengan Muhammad bin Nayef.
raja arab saudi pertama
raja arab saudi pertama Ibn Saud


Daftar Nama Raja Arab Saudi Lengkap (1932–sekarang)

No Nama Raja Mulai Menjabat Akhir Menjabat
1 Abdulaziz ibn Abdul Rahman (Ibn Saud) 22 September 1932 9 November 1953
2 Saud bin Abdulaziz Al Saud 9 November 1953 2 November 1964
3 Faisal bin Abdulaziz Al Saud 2 November 1964 25 Maret 1975
4 Khalid bin Abdulaziz Al Saud 25 Maret 1975 13 Juni 1982
5 Fahd bin Abdulaziz Al Saud 13 Juni 1982 01 Agustus 2005
6 Abdullah bin Abdulaziz Al Saud 01 Agustus 2005 23 Januari 2015
7 Salman bin Abdulaziz Al Saud 23 Januari 2015 sekarang

Raja Arab Saudi pertama adalah Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud atau Ibn Saud, Beliau lahir di Riyadh, Negara Saudi Kedua, pada tanggal 15 Januari 1875 dan wafat di Ta'if pada tanggal 9 November 1953 pada usia 78 tahun.

0 Response to "Daftar Nama Raja Arab Saudi Lengkap dari Pertama sampai Sekarang"

Post a Comment