Macam-Macam Sejarah Menurut Jenis, Wilayah, isi, Waktu dan Tujuannya

Daftar isi [Tampil]
Macam-macam sejarah – Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari masa lalu. Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, sejarah memiliki arti luas dan sempit. Arti sempit sejarah adalah segala peristiwa yang terjadi di masa lalu. Sedangkan dalam arti luas, sejarah merupakan peristiwa masa lampau yang berkaitan dengan perkembangan manusia dan memiliki pengaruh dalam perkembangan manusia ke depannya.

Ilmu sejarah dibagi ke dalam beberapa jenis untuk memudahkan dalam mempelajarinya. Setidaknya sejarah dikelompokkan berdasarkan jenisnya, waktu, wilayah dan tujuan.

Macam-macam sejarah

Macam-Macam Sejarah Menurut Jenisnya


Sejarah menurut jenis-jenisnya dibagi menjadi lima berdasarkan bidangnya.

a. Sejarah politik

Sejarah politik merupakan sejarah yang berisi peristiwa lampau yang terjadi akibat faktor politik. Sejarah ini biasnya berkaitan dengan kekuasaan, kepemimpinan sebuah negara, sistem pemerintahan dan peperangan.

b. Sejarah sosial

Sejarah sosial berkaitan dengan masa lampau yang terjadi berkaitan dengan isu sosial yang terjadi pada masa tersebut.

c. Sejarah ekonomi

Sejarah ekonomi membahas peristiwa sejarah yang berkaitan dengan perkembangan konsep ekonomi yang terjadi pada masa lampau.

d. Sejarah kebudayaan

Seperti namanya, sejarah kebudayaan merupakan peristiwa masa lampau yang berkaitan dengan perkembangan kebudayaan yang berkembang di masyarakat pada masa tersebut.

e. Sejarah intelektual

Sejarah ini merupakan pembahasan sejarah yang mengedepankan perkembangan ide, cara berpikir manusia dari zaman ke zaman serta perkembangan pola berpikir dan cara pandang manusia.


Macam-Macam Sejarah Menurut Wilayahnya


Menurut wilayahnya, sejarah dibagi menjadi tiga macam.

a. Sejarah global atau internasional

Sejarah global berisi peristiwa masa lampau yang mempengaruhi perkembangan dunia secara menyeluruh. Contoh sejarah global adalah revolusi industri Perancis dan Inggris.

b. Sejarah nasional

Yang kedua adalah sejarah nasional. Sejarah nasional merupakan segala peristiwa masa lampau yang mempengaruhi kondisi nasional. Contoh sejarah nasional adalah sejarah mengenai kolonialisme di Indonesia serta mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia.

c. Sejarah lokal atau regional

Sejarah lokal bersifat lebih sempit karena hanya membahas peristiwa masa lalu dalam lingkup lokal atau regional saja. Cakupannya adalah terjadi di sebuah provinsi, kabupaten atau kota. Contoh sejarah lokal adalah pemberontakan petani tahun 1988 di Banten. Namun demikian beberapa sejarah lokal dapat menjadi sejarah nasional jika mempengaruhi perkembangan keadaan nasional.


Macam-Macam Sejarah Menurut Waktu


Sejarah juga bisa dibagi jenisnya berdasarkan waktu yang meliputi:

a. Sejarah masa lalu

Seperti namanya, sejarah masa lalu membahas segala peristiwa yang terjadi di masa lalu. Namun sejarah masa lalu masih banyak yang tersembunyi dan belum terbukti kebenarannya sehingga memerlukan penelitian lebih lanjut.

b. Sejarah masa kini

Sejarah masa kini memiliki arti bahwa sejarah yang dimaksud telah benar-benar diketahui dengan bukti-bukti ilmiah yang kuat baik berupa tulisan maupun benda sejarah lainnya.

c. Sejarah masa depan

Sejarah masa depan merupakan sejarah yang terjadi saat ini jika ada usaha untuk menyajikannya. Jika tidak ada usaha, maka tidak bisa disebut sejarah.


Macam-Macam Sejarah Menurut Tujuannya


Bagian sejarah yang terakhir dibedakan berdasarkan tujuannya. Maksudnya adalah berdasarkan tujuan sejarah itu dipelajari. Ada tiga jenis sejarah berdasarkan tujuannya.

a. Sejarah ilmiah

Sejarah ilmiah biasa disebut sejarah akademik. Sejarah ini diungkap untuk keperluan akademik atau pengetahuan. Untuk meneliti peristiwanya, diperlukan metodologi khusus serta perlu validitas. Tidak semua sejarah terbukti kebenarannya. Beberapa sejarah mendekati kebenaran secara objektif.

b. Sejarah warisan

Sejarah warisan ditujukan untuk memberikan semangat atau sesuatu yang bisa diwariskan kepada orang yang mempelajarinya. Biasanya, sejarah warisan menampilkan sejarah pahlawan yang patut diteladani dan diwarisi sikap-sikap kepahlawanannya. Sebagai contoh adalah Pangeran Diponegoro.

c. Sejarah ideologi

Sejarah ideologi merupakan sejarah yang bertujuan mempelajari ideologi suatu kelompok masyarakat. Dalam sejarah ini, validitas dan metodologi tidak begitu penting. Asas persamaan semangat lebih diunggulkan. Sebagai contoh adalah sejarah ideologi kerajaan Majapahit.


Macam-Macam Sejarah Menurut isinya


Selain berdasarkan kategori di atas, sejarah masih dibedakan lagi berdasarkan beberapa aspek lainnya. Menurut isinya, sejarah dibedakan menjadi tiga macam.

a. Sejarah palsu

Sejarah palsu merupakan sejarah yang tidak pernah ada dan ada karena diciptakan oleh seseorang. Kebenaran sejarahnya tidak pernah terbukti dan hanya rekayasa belaka. Contohnya adalah seseorang yang mengatakan ia keturunan raja besar padahal nyatanya tidak.

b. Sejarah rekayasa

Sejarah rekayasa adalah sejarah yang berada diantara sejarah asli dan palsu. Sejarah rekayasa sebenarnya benar adanya namun dalam perkembangannya direkayasa. Maksudnya adalah terjadi penambahan maupun pengurangan dalam sejarah yang benar-benar terjadi.

c. Sejarah asli

Sejarah asli merupakan sejarah yang benar adanya dan alurnya tidak ada rekayasa sama sekali. Apa yang dipelajari merupakan apa yang terjadi pada masa lampau dengan sebenar-benarnya.




Macam-Macam Sejarah menurut penyajiannya

Menurut penyajiannya, sejarah dibedakan menjadi dua. Yang pertama adalah secara naratif yang disajikan secara lengkap. Yang kedua adalah secara analitis yang menggunakan teori dan metodologi tertentu. Penyajian seperti ini menyajikan sejarah yang utuh dan komprehensif.

0 Response to "Macam-Macam Sejarah Menurut Jenis, Wilayah, isi, Waktu dan Tujuannya"

Post a Comment