Manfaat Mempelajari Sejarah dan Fungsi Sejarah Bagi Kehidupan Manusia

Daftar isi [Tampil]
Manfaat sejarah – Sejarah merupakan salah satu jenis ilmu pengetahuan yang wajib untuk dipelajari. Hal-hal yang dipelajari sejarah sangat beragam namun biasanya mempelajari peristiwa masa lalu yang menjadi bagian penting dari perkembangan sekelompok manusia.

Pada dasarnya, kita mempelajari sejarah agar bisa belajar banyak hal dari masa lalu untuk menjalani masa depan yang lebih baik. Selain bermanfaat, mempelajari sejarah memiliki fungsi khusus yang menguntungkan.

Berikut ini merupakan uraian mengenai manfaat dan fungsi dalam mempelajari sejarah bagi kehidupan manusia.
Manfaat sejarah
manfaat.id


Manfaat Mempelajari Sejarah


Manfaat-manfaat yang didapatkan ketika mempelajari sejarah adalah sebagai berikut:

  1. Memahami peristiwa masa lalu dengan akurat

Salah satu manfaat mempelajari sejarah adalah tidak hanya sekedar mengetahui peristiwa masa lalu, namun memahami dengan baik segala hal yang terjadi di masa lampau dengan kebenaran yang hampir terjamin.

Sejarah kini lebih banyak disajikan untuk keperluan akademik sehingga sejarah yang dipelajari telah diteliti dengan metodologi ilmiah yang membuatnya sebagai sejarah asli. Dengan mempelajari sejarah dengan sebenar-benarnya, kita bisa mengambil manfaat dan pengalaman masa lalu dari berbagai bidang.

Baca juga: Macam-Macam Sejarah Menurut Jenis, Wilayah, isi, Waktu dan Tujuannya

Sejarah juga bisa menjadi sumber dalam memecahkan suatu masalah masa kini serta mas depan dari berbagi bidang, seperti ekonomi, sosial, budaya dan bahkan untuk urusan politik suatu negara.

  1. Sebagai sebuah profesi

Sejarah merupakan ilmu yang terbuka bagi siapa saja yang ingin mempelajari masa lalu dan tertarik mengkaji lebih dalam mengenai peristiwa bersejarah. Namun perlu dicatat bahwa dalam mengkaji lebih dalam suatu peristiwa bersejarah harus berdasarkan bukti ilmiah, metode ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. Bukti-bukti akurat juga harus disediakan untuk memperkuat kebenaran sejarah.

Profesi-profesi yang lahir dari mempelajari sejarah adalah arkeolog, sejarawan peneliti, dosen dan lain-lain. Mempelajari sejarah juga diperlukan untuk mendukung profesi-profesi penting lainnya seperti antropolog, filsuf serta politisi.

  1. Sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa

Salah satu manfaat lain dalam mempelajari sejarah adalah suatu negara terdorong untuk menciptakan pedomannya sendiri atas kejadian yang terjadi sebagai sejarah nasional. Karena setiap negara memiliki sejarah masing-masing yang mungkin tercatat dalam waktu yang lama, negara bisa belajar mengenai pedoman-pedoman yang memperbaiki negaranya.

Sejarah mampu membantu masyarakat untuk mempelajari kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Perjuangan-perjuangan pahlawan masa lalu dan tokoh-tokoh bersejarah lainnya bisa menjadi teladan untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Sejarah juga bisa mendorong sebuah negara untuk bangkit kembali dari keterpurukan. Analisis yang baik berdasarkan sejarah masa lalu bisa membantu menemukan jalan keluar atas keterpurukan suatu bangsa.

  1. Sejarah bisa memberikan kegembiraan

Sejarah memiliki ruang lingkup yang luas seperti mempelajari budaya, sosial, ekonomi hingga kehidupan berpolitik. Selain itu, sejarah juga disajikan dalam berbagai bentuk yang mengandung nilai estetika di dalamnya. Bahkan dalam tulisan, biasanya terdapat nilai keindahan dari pemilihan kata-katanya sehingga membangkitkan emosi pembacanya.

Hal tersebut membuat sejarah bisa memberikan kesenangan bagi pembacanya dan penikmatnya. Fakta-fakta masa lalu yang unik dan menarik juga bisa meningkatkan antusiasme pembaca dan membuat seseorang bisa merasa senang. Bagi yang suka belajar dari peristiwa masa lalu yang penting, mempelajari sejarah merupakan sebuah kesenangan sendiri yang tidak bisa digantikan.
Fungsi Sejarah Bagi Kehidupan Manusia
pixabay.com


Fungsi sejarah


Selain memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, sejarah juga memiliki fungsi tertentu dalam kehidupan manusia. Fungsi sejarah adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi ilmu pengetahuan

Sejarah berfungsi sebagai ilmu pengetahuan yang berarti bahwa sejarah membantu ilmu lainnya dalam kajian yang lebih dalam serta berkaitan dengan konsep, teori, perspektif dan metodologi ilmiah dalam mengkajinya.

Sebagai pengetahuan, kebenaran sebuah sejarah harus bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Terlebih sejarah merupakan ilmu yang strategis dalam kelompok ilmu pengetahuan sosial dan humaniora. Sejarah dituntut untuk jauh dari sifat objektif karena sejarah yang objektif akan kehilangan nilai dan maknanya.

Sejarah yang benar akan berpengaruh terhadap ilmu lainnya karena setiap cabang ilmu lainnya memiliki sejarahnya masing-masing. Arkeolog, filsafat, bahkan matematika pun memiliki sejarahnya masing-masing. Sejarah yang tidak akurat secara ilmiah bisa mempengaruhi ilmu lainnya.

  1. Sejarah sebagai informasi

Fungsi lainnya dari ilmu sejarah adalah sebagai informasi. Menurut presiden asosiasi sejarawan Amerika, sejarah dapat dijadikan hiburan sekaligus sumber inspirasi. Sejarah sebagai informasi memiliki arti bahwa sejarah adalah sumber informasi dari apapun yang kita ingin ketahui. Sebagai contoh adalah untuk keperluan data, maka sejarah bisa membantu dalam menyediakan data yang diinginkan.

Melalui sejarah yang bersifat informative mengenai masa lalu, kehidupan manusia diharapkan menjadi lebih baik. Kesadaran manusia untuk berbuat lebih baik ke depannya dalam berbagai bidang juga diharapkan meningkat ketika mereka mempelajari sejarah dengan baik. Dari sejarah, manusia bisa memahami dan mempelajari kegagalan dan keberhasilan pemimpin masa lalu, mempelajari penyebab jatuhnya dan bangkitnya peradaban dan lainnya yang erat kaitannya dengan kemajuan kehidupan manusia dalam bernegara.

Uraian mengenai manfaat dan fungsi sejarah di atas diharapkan mampu meningkatkan pemahaman mengenai betapa pentingnya mempelajari sejarah untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

0 Response to "Manfaat Mempelajari Sejarah dan Fungsi Sejarah Bagi Kehidupan Manusia"

Post a Comment