10+ Pengertian Globalisasi: Teori, Faktor Penyebab dan Dampak Globalisasi

Istilah globalisasi sering digunakan, khususnya ketika berbicara mengenai perkembangan zaman. Globalisasi merupakan istilah yang diambil dari kata globalize (Bahasa Inggris) yang mendeskripsikan sebuah keadaan yang dipengaruhi oleh munculnya jaringan sistem sosial dan ekonomi berskala internasional.

Istilah globalisasi pertama kali digunakan pada sebuah tulisan yang memiliki judul Towards New Education. Istilah dengan makna yang hampir sama diketahui telah muncul pada tahun 1897 yang dicetuskan oleh Charles Taze Russel.
pengertian globalisasi
yesmagazine.org


Pengertian Globalisasi Secara Umum


Secara umum, pengertian globalisasi adalah sebuah proses perubahan dalam skala internasional menyeluruh karena beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya globalisasi adalah pandangan mengenai sesuatu, pemikiran, sebuah produk serta aspek-aspek kebudayaan lainnya.

Beberapa kemajuan teknologi banyak dianggap sebagai faktor yang ikut mendorong terjadinya globalisasi. Munculnya internet menjadi salah satu tonggak utama munculnya globalisasi di abad modern.

Meskipun begitu, pengertian globalisasi sebenarnya bermacam-macam. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan globalisasi menurut pandangan mereka sendiri yang lebih spesifik.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli


Berikut ini merupakan pendapat para ahli yang mencoba mendefinisikan globalisasi.

  1. Emanual Ritcher

Menurut Ritcher, globalisasi didefinisikan sebagai suatu jaringan kerja global yang mampu menyatukan masyarakat. Globalisasi juga dikatakan mengubah masyarakat yang tadinya menyebar justru menjadi terisolasi ke dalam saling ketergantungan dalam dunia yang menyatu.

  1. Laurence E.Rothernberg

Laurence mengatakan bahwa globalisasi memiliki pengertian sebuah percepatan dari intensifikasi interaksi atau hubungan serta integrasi antar manusia, pemerintahan, perusahaan dari negara yang berbeda.

  1. Anthony Giddens

Anthony Giddens dalam The Consequences of Modernity menyebutkan bahwa globalisasi adalah mengenai intensifikasi hubungan sosial yang menghubungkan tempat jauh. Hal ini membuat peristiwa yang terjadi bisa saling mempengaruhi walaupun terjadi dalam tempat dan waktu yang berbeda.

  1. Malcom Waters

Waters memiliki pendapat bahwa globalisasi adalah sebuah proses sosial yang mengakibatkan batas geografis tidak lagi menjadi halangan pada perkembangan sosial dan budaya. Semuanya terwujud atas kesadaran manusia.

  1. Martin Albrow

Pendapat selanjutnya datang dari Martin Albrow yang mengatakan bahwa globalisasi merupakan seluruh bentuk proses yang mengubah penduduk menjadi terhubung dalam komunitas dunia yang sama atau tunggal. Komunitas yang dimaksud adalah komunitas global, yang terdiri dari berbagai orang dari banyak negara.

  1. Selo Sumarjan

Pengertian globalisasi selanjutnya datang dari ahli yang berasal dari Indonesia. Menurut Selo Soemardjan, globalisasi memiliki pengertian suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat global. Sistem tersebut membuat orang-orang terdorong untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang seragam.

  1. Dr. Nayef Al-Rodhan

Globalisasi menurut Al-Rhodan adalah sebuah proses yang meliputi penyebab, kasus hingga konsekuensi dari sesuatu yang disebut transnasional dan transcultural kegiatan manusia dengan non-manusia.

  1. Achmad Suparman

Achmad Suparman mengungkapkan bahwa pengertian globalisasi adalah proses yang mampu mengubah suatu benda atau perilaku tanpa dibatasi oleh wilayah.

  1. Roland Robertson

Seorang penulis pertama dalam bidang globalisasi bernama Roland Robertson mendefinisikan globalisasi sebagai sebuah pemadatan dunia dan proses memperkaya kesadaran atas dunia secara menyeluruh.

  1. David Held

Dalam Global Transformation, David Held mengatakan beberapa hal mengenai globalisasi. Ia mengemukakan bahwa globalisasi dalam definisi sederhana mengacu pada pelebaran, pendalaman serta percepatan interkoneksi global.

Meskipun demikian, ia mengatakan bahwa definisi globalisasi perlu dijelaskan lebih jauh lagi. Elemen-elemen globalisasi menurut Held meliputi jangkauan, kecepatan intensitas serta pengaruh.
Teori Globalisasi
mahallojistik.com


Teori Globalisasi


Dalam kaitannya dengan globalisasi, ada tiga teori yang dapat dilihat sesuai dengan apa yang dicetuskan oleh Cochrane dan Pain. Ketiganya adalah:

  1. Globalis

Teori ini mengatakan bahwa mereka kaum globalis mempercayai jika globalisasi adalah sesuatu yang nyata. Kenyataan ini tentu saja memiliki konsekuensi yang berpengaruh terhadap bagaimana sekelompok orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan. Globalis juga mempercayai hilangnya negara-negara serta kebudayaan lokal yang disebabkan oleh terpaan budaya global yang homogen.

Ada dua jenis globalis, yaitu positif dan negative. Globalis positif merupakan globalis yang menanggapi perubahan tersebut dengan baik dan percaya bahwa globalisasi akan berakibat pada masyarakat yang lebih toleran. Sedangkan globalis pesimis menganggap fenomena tersebut sebagai hal yang negatif.

  1. Tradisionalis

Tradisionalis tidak mempercayai akan terjadinya globalisasi dan justru menganggap globalisasi adalah mitos belaka. Mereka percaya bahwa apa yang terjadi sekarang ini hanyalah lanjutan dari sebuah revolusi perdagangan kapital sehingga tidak perlu dibesar-besarkan.

  1. Transformasionalis

Posisi transformasionalis berdiri diantara globalis dan tradisionalis. Mereka menganggap bahwa globalisasi itu nyata namun para globalis disebut terlalu melebih-lebihkan.


Faktor Penyebab Globalisasi

Faktor Penyebab Globalisasi
hec.edu
Globalisasi tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya globalisasi seperti dijelaskan di bawah ini:
  1. Perkembangan teknologi informasi, komunikasi serta transportasi
Teknologi informasi serta transportasi dianggap sebagai salah satu faktor utama terjadinya globalisasi. Teknologi informasi kini mampu menembus wilayah dan mempermudah segala urusan. Begitu pula mudahnya transportasi yang membuat mobilisasi masyarakat menjadi lebih mudah..
  1. Kerja sama internasional
Beberapa kerja sama internasional baik bidang ekonomi maupun politik dikatakan sebagai salah satu penyebab globalisasi. Hal ini terjadi karena kerja sama terus menerus sehingga batasan wilayah bisa dianggap tidak penting.
  1. Perekonomian terbuka
Salah satu contoh yang nyata adalah adanya kebijakan MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN. Akses yang lebih luas mendorong globalisasi terjadi.
  1. Pemikiran masyarakat yang semakin berkembang


Dampak Globalisasi

Dampak Globalisasi
ge.com
Globalisasi memiliki dampak baik dampak positif maupun dampak negative. Berikut ini informasinya:

  1. Dampak positif globalisasi

Dampak positif globalisasi meliputi:

  1. Kemudahan dalam mendapatkan sesuatu, berkomunikasi dan memenuhi kebutuhan pribadi
  2. Kemudahan dalam mengakses ilmu pengetahuan
  3. Penyebaran informasi yang lebih cepat, begitu juga akses informasi bagi pembacanya.
  4. Sikap toleran yang meningkat.
  5. Transaksi yang mudah bahkan untuk transaksi internasional.
  6. Peningkatan pertumbuhan ekonomi antar negara yang menguntungkan pendapatan negara.
  7. Transportasi yang mudah didapatkan sehingga mempermudah aktivitas sehari-hari

  1. Dampak negatif globalisasi

Globalisasi juga ternyata memiliki dampak negative, yaitu:

  1. Potensi kriminalitas meningkat dan metode kriminalitas akan selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman.
  2. Masuknya paham-paham yang tidak sesuai dengan ideologi negara serta penyalahgunaan berita, termasuk berita hoax yang bisa mengadu domba masyarakat.
  3. Budaya masyarakat konsumtif akan meningkat karena merasa semuanya lebih mudah. Hal ini bisa memicu gaya hedonism yaitu gaya berfoya-foya atau konsumsi berlebih terhadap sesuatu.,
  4. Budaya lokal terancam hilang karena masyarakat akan cenderung mengikuti budaya atau tren yang sedang muncul ke permukaan.
  5. Manusia akan bersifat lebih individual.
  6. Kesenjangan sosial akan meningkat karena masyarakat akan cenderung fokus terhadap diri sendiri.
  7. Dampak terhadap lingkungan. Globalisasi memicu dibangunnya gedung-gedung tinggi dan pembangunan lainnya yang memicu polusi udara, mengurangi lahan hijau serta menurunkan kualitas udara sehat. Jika tidak diimbangi dengan rasa peduli terhadap lingkungan, maka globalisasi hanya akan menambah rusaknya bumi.


Demikian ulasan mengenai globalisasi yang diharapkan bisa membantu untuk memahami globalisasi lebih dalam. Sebagai masyarakat yang hidup dalam era globalisasi, ada baiknya untuk melakukan penyaringan terhadap informasi, budaya barat serta dalam bertindak untuk meminimalisir dampak negative yang ditimbulkan.[]

0 Response to "10+ Pengertian Globalisasi: Teori, Faktor Penyebab dan Dampak Globalisasi"

Post a Comment