Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Daftar isi [Tampil]
Pengertian Sejarah - Sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, sejarah memiliki banyak teori yang terus berkembang karena digali terus kebenarannya. Bahkan teori mengenai pengertian sejarah itu sendiri pun berkembang sehingga banyak teori yang membahas mengenai pengertian sejarah.

Untuk bisa memahami sejarah perlu mengetahui pengertian sejarah itu sendiri sebagai landasan dalam pembelajaran. Pengertian sejarah sangat beragam karena banyak ahli yang meneliti sejarah dan kemudian mengembangkan teorinya. Pengertian sejarah bisa ditinjau secara umum dan secara khusus menurut para ahli seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Pengertian Sejarah Secara Umum
Pengertian Sejarah
Sejarah secara umum memiliki pengertian sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari segala bentuk kejadian masa lalu atau hal-hal yang telah terjadi di masa lampau yang berpengaruh terhadap peradaban manusia.

Dalam bahasa Yunani, sejarah memiliki nama Historia yang memiliki makna sebuah penyelidikan atau pengetahuan yang didapatkan dengan melakukan penelitian mendalam. Sedangkan dalam bahasa Arab, sejarah berasal dari kata syarataun yang memiliki arti pohon bercabang-cabang. Maksudnya adalah sejarah merupakan ilmu yang berkembang dan antar kejadian bisa saling terhubung layaknya cabang-cabang pada pohon.

Sedangkan dalam bahasa Jawa, sejarah memiliki makna babad yang berarti sebuah riwayat. Dalam bahasa Inggris, sejarah berasal dari kata Historia yang memiliki makna masa lampau. Maksudnya adalah masa lampau yang berhubungan dengan umat manusia.

Secara umum menurut bahasa, sejarah juga memiliki pengertian dalam arti luas dan sempit. Dalam arti sempit, sejarah merupakan sebuah peristiwa atau kejadian yang telah terjadi. Sedangkan secara luas, sejarah memiliki arti sebagai suatu peristiwa masa lalu yang memiliki dasar dalam realisasi diri yang berupa kebebasan serta keputusan daya rohani.

Baca juga: Manfaat sejarah

Menurut bahasa Indonesia melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sejarah memiliki tiga arti. Yang pertama yaitu berarti sebagai asal usul peristiwa atau silsilah. Arti kedua adalah sejarah merupakan sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu dan benar adanya. Yang ketiga sejarah memiliki pengertian sebagai ilmu pengetahuan dan juga sebuah cerita.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
Pengertian Sejarah
Pengertian sejarah juga dikembangkan oleh para ahli yang mengkaji sejarah secara lebih dalam. Berikut ini merupakan uraian sejarah menurut para ahli:

1. Aristoteles

Aristoteteles memiliki teori tersendiri mengenai pengertian sejarah. Ia mengatakan bahwa sejarah merupakan sebuah sistem yang mempelajari berbagai kejadian sejak awal yang tersusun dengan baik kronologisnya di dalam masa yang sama. Definisi sejarah lainnya yang dikemukakan oleh Aristoteles adalah segala peristiwa masa lalu yang terjadi dan memiliki rekam jejak, catatan dan bukti yang jelas.

2. Herodotus

Herodotus merupakan Bapak Sejarah yang memiliki teori bahwa sejarah merupakan suatu uraian yang menceritakan segala peristiwa tentang jatuh dan bangunnya seorang tokoh, masyarakat bahkan peradaban manusia.

3. Bendette Croce

Menurut Benette Croce, sejarah adalah rekaman suatu kreasi yang berasal dari jiwa manusia dalam berbagai bidang termasuk secara teoritis maupun secara praktikal. Kreasi tersebut berasal dari hati dan pikiran manusia jenius, budayawan, para pemikir yang mengutamakan tindakan serta orang-orang yang mencari kebenaran atas agama.

4. W.H Walsh

Pengertian sejarah menurut W.H Walsh adalah sebuah catatan yang berarti bagi peradaban manusia. Catatan peristiwa tersebut terdiri dari berbagai hal meliputi perilaku dan pengalaman manusia yang terjadi masa lalu yang mengandung hal penting di dalamnya sehingga sangat berarti dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

5. Roeslan Abdulgani

Teori lain mengenai pengertian sejarah dikemukakan oleh Roeslan Abdulgani. Ia mengatakan bahwa ilmu sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan meneliti seluruh perkembangan masyarakat serta manusia di masa lampau secara sistematis. Penyelidikan tersebut kemudian digunakan untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitian mengani kejadian yang dimaksud. Hasil dari proses tersebut nantinya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian saat ini. hasil tersebut juga bisa dijadikan pedoman untuk menentukan langkah-langkah masa depan.

6. Sir Charles Firth

Pengertian sejarah selanjutnya menurut ahli bernama Sir Charlesb Firth. Ia mengatakan bahwa sejarah merekam kehidupan manusia dalam bermasyarakat, perubahan masyarakat, segala ide yang menjadi bagian dari masyarakat dan membatasinya, serta merekam segala kondisi material yang berpengaruh dalam perkembangan kehidupan manusia.

7. Robert V Daniels

Pengertian sejarah menurut Robert V Daniels yaitu merupakan kenangan dari kejadian atau tumpuan masa lalu. Sejarah yang dikemukakan oleh Robert Daniels merupakan sejarah yang didefinisikan sebagai sejarah manusia.

Menurutnya, manusia adalah pelaku sejarah. Manusia memiliki kemampuan untuk menangkap kejadian-kejadian yang ada di sekelilingnya yang disimpan di dalam memori atau ingatan mereka. Memori atau ingatan ini nantinya yang akan menjadi sumber sejarah.

8. J Bank

J Bank mengatakan bahwa sejarah merupakan berbagai kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu. Menurutnya, sejarah bisa membantu pelajar untuk memahami perilaku manusia di masa lampau masa sekarang hingga di masa yang akan datang. Peristiwa-peristiwa yang terjadi menurut pendapat J. Bank merupakan kejadian yang erat kaitannya dengan manusia atau melibatkan manusia di dalamNya. Dalam peristiwa atau kejadian tersebut, ada penjelasan bagaimana manusia berperilaku.

9.Costa

Costa memiliki pendapatnya tersendiri dalam memahami sejarah. Costa mengatakan bahwa sejarah bisa diartikan dengan sebuah catatan yang mencatat keseluruhan pengalaman yang dialami oleh manusia baik secara individu maupun secara kelompok atau kolektif yang terjadi di masa lalu. Intinya, segala kehidupan umat manusia masa lalu adalah sejarah.

10. E.H Carr

Pendapat mengenai pengertian sejarah juga dikemukakan oleh E.H Curr. Menurutnya, sejarah merupakan suatu proses interaksi saling ketergantungan baik dengan sejarawan maupun dengan fakta yang ada atas dialog-dialog yang tidak pernah selesai baik pada masa saat ini maupun masa lalu.

11. Ibnu Khaldun

Ahli sejarawan yang namanya cukup terkenal bernama Ibnu Khaldun mengemukakan pengertiannya mengenai sejarah. Menurutnya, sejarah adalah catatan-catatan manusia sebagai masyarakat umum maupun masyarakat sebagai peradaban manusia yang terjadi pada masa lalu. Sejarah lebih banyak menceritakan watak atau sifat masyarakat tersebut.

12. J. V Brice

Selanjutnya adalah pengertian sejarah menurut ahli bernama J.V Brice. Sejarah menurut Brice merupakan segala sesuatu yang merupakan catatan yang telah dipikirkan, dikatakan maupun dilakukan oleh manusia. Brice juga menegaskan bahwa pengertian sejarah dengan pengertian ilmu sejarah merupakan dua hal yang berbeda. Menurutnya, sejarah merupakan peristiwa masa lalu, namun ilmu sejarah merupakan ilmu yang mempelajari peristiwa atau kejadian yang telah berlangsung di masa lalu. Kejadian-kejadian tersebut bersifat penting dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

13. Karl Popper

Karl Popper merupakan seorang filsuf yang juga memberikan kontribusi untuk memahami pengertian sejarah. Menurut Karl, ilmu pengetahuan sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai peristiwa atau kejadian yang dalam penjelasannya dilakukan secara spesifik. Ia mengatakan bahwa sejarah secara umum dideskripsikan sebagai peristiwa masa lalu yang terjadi secara aktual atau benar-benar terjadi.

14. Moh. Ali

Moh. Ali merupakan tokoh sejarawan nasional yang mengemukakan pengertian sejarah dalam buku karangannya berjudul Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Menurutnya, arti sejarah memiliki arti sebagai sebuah perubahan, kejadian dan berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita dan nyata adanya di masa lampau. Sedangkan ilmu sejarah merupakan ilmu yang mempelajari berbagai bentuk perubahan, kejadian dan kenyataan dari peristiwa tersebut.

15. Moh Hatta

Moh Hatta mengatakan bahwa sejarah tidak hanya sekedar cerita atau kejadian di masa lalu. Sejarah juga tidak hanya sekedar menceritakan kejadian masa lalu sebagai masalah. Namun sejarah merupakan sebuah pemahaman masa lampau yang mengandung pelajaran bagi manusia dan mengandung berbagai dinamika yang penting bagi kehidupan manusia untuk masa yang akan datang. 

16. Kuntowijoyo

Kuntowijoyo menyatakan bahwa sejarah memberikan fakta secara ideografis, unik, empiris sekaligus diakronis. Ideografis maksudnya adalah sejarah tersebut erat kaitannya dengan menggambarkan peristiwa atau menceritakan sesuatu yang terjadi. Sejarah juga unik karena memiliki ciri khas tersendiri dan akan selalu berbeda satu sama lain. Empiris memiliki arti bahwa peristiwa tersebut benar-benar terjadi tanpa adanya rekayasa. Yang terakhir adalah diakronis yang memiliki makna bahwa sejarah berkaitan erat dengan waktu.

17. Rochiati Wiriatmadja

Menurut salah satu sejarawan Indonesia Rochiati Wiriatmadja sejarah merupakan sebuah disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, nilai-nilai spiritual, kebijaksanaan dan kultural karena kajiannya. Kajian sejarah bersifat memberikan pedoman kepada manusia meliputi keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, cerminan pengalaman, keteladanan dalam keberhasilan dan pembelajaran dalam kegagalan yang bisa dijadikan pengalaman untuk menata masa depan.

18. Muhammad Yamin

Menurut Muhammad Yamin, sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang disusun yang merupakan hasil dari penyelidikan beberapa peristiwa. Penyelidikan tersebut memiliki bukti yang akan memperkuat bahwa kejadian tersebut nyata adanya.

19. Nugroho Noto Susanto

Selanjutnya merupakan pengertian sejarah dari Nugroho Susanto yang mendefinisikan sejarah sebagai peristiwa di masa lampau yang menyangkut manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat.

20. Drs. Sidi Gazalba

Menurut Sidi Gazalba, arti sejarah adalah masa lalu manusia dan seputarnya yang secara ilmiah disusun dengan rapi dan lengkap yang memperhatikan urutan fakta pada masa tersebut. Tafsiran dan penjelasan yang lengkap pada penyajiannya memberikan pengertian dan pemahaman lebih dalam mengenai peristiwa tersebut.

21. Ismaun

Ismaun mengatakan bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai peristiwa yang benar-benar terjadi atau berlangsung dalam segala aspek yang berlaku di masa lalu. Sejarah itu sendiri merupakan catatan atau rekaman yang disusun secara teliti secara ilmiah yang menggunakan segala aspek mengenai kehidupan manusia di masa lalu.

22. Muthahhari

Berbeda dengan yang lainnya, Muthahhari mendefinisikan sejarah melalui tiga aspek, yaitu sejarah tradisional, sejarah ilmiah dan filsafat sejarah.

Sejarah tradisional merupakan ilmu pengetahuan yang membahas berbagai hal yang terjadi, peristiwa serta keadaan manusia pada masa lalu. Kejadian tersebut ada kaitannya dengan keadaan masa sekarang. Sejarah secara ilmiah maksudnya adalah pengetahuan mengenai berbagai hukum yang menguasai kehidupan di masa lampau.

Pengetahuan tersebut didapatkan melalui pendekatan dan analisis dari peristiwa yang terjadi di masa lalu. Filsafat sejarah maksudnya adalah pengetahuan mengenai perubahan yang mempengaruhi manusia sebagai masyarakat secara bertahap. Sejarah dalam pengertian ini juga membahas hukum yang menguasai perubahan tersebut. Dalam bahasa yang lebih sederhana, sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan pada masyarakat yang tidak hanya mempelajari wujudnya saja.

23. Sunnal dan Haas

Salah satu ahli sejarah cukup ternama yaitu Sunnal dan Haas memiliki pendapat bahwa sejarah merupakan pelajaran kronologis yang tersusun berdasarkan penafsiran dan pencarian arti dari peristiwa yang telah berlangsung di masa lalu. Metode yang digunakan adalah metode sistematis yang akan mengungkapkan kebenaran dari peristiwa tersebut.

24. Sartono Kartodirjo

Ahli sejarah dari Indonesia lainnya bernama Sartono Kartodirjo mengemukakan bahwa sejarah merupakan bentuk dari penggambaran pengalaman yang bersifat kolektif atau mengelompok dan terjadi di masa lalu. Untuk mengungkapkannya bisa melalui aktualisasi dan penetasan pengalaman yang terjadi di masa lampau pula. Sejarah bisa diceritakan secara verbal yang bertujuan untuk membuat peristiwa tersebut terasa hadir kembali.

25. Bernheim

Bernheim mengungkapkan bahwa sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari sekaligus menelusuri berbagai peristiwa dengan menempatkan ruang dan waktu. peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berkaitan erat dengan perkembangan manusia yang berhubungan dengan sebab, akibat, batin maupun lahir. Manusia yang dimaksud bisa bersifat individual maupun kolektif atau berkelompok.

26. Jan Romein

Definisi sejarah menurut Jan Romein melihat dari kata sejarah yang dalam bahasa Inggris yang kemudian di interpretasikan ke dalam bahasa Jerman yaitu geschichte. Geschichte merupakan cerita mengenai berbagai kejadian atau peristiwa yang telah terjadi atau berlangsung di masa lampau.

27. J.V Bryce

Bryce mengemukakan dengan singkat mengenai pengertian sejarah. Menurutnya, sejarah adalah catatan yang telah dipikirkan dan dikatakan oleh manusia.

28. W.J.S Poerwadarminta

Poerwadarminta memiliki penjelaan mengenai sejarah yang dibagi menjadi tiga hal yaitu kesusasteraan lama, silsilah dan asal usul sebuah kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Sejarah juga sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari peristiwa masa lalu.

29. Abramiwitz

Menurut Abramiwitz, sejarah merupakan runtutan dari suatu kejadian yang pernah terjadi sebelumnya.

30. Ertis Stern

Ertis Stern mengemukakan bahwa sejarah adalah pengetahuan yang hadir dari persoalan hidup yang diantaranya persoalan melayani masyarakat. Oleh karena itu, sejarah akan selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu, pemikiran manusia yang berkembang dan harapan yang nanti akan tumbuh.

31. R.G Collingwood

Collingwood mengatakan bahwa sejarah merupakan bentuk dari penyelidikan mengenai sejumlah peristiwa yang sudah dilakukan oleh manusia di masa lalu.

32. Cleveland

Cleveland mengatakan bahwa sejarah merupakan suatu konsep yang digunakan dari peristiwa masa lalu untuk mengenali kehidupan manusia.

33. Taufik Abdullah

Menurut Taufik Abdullah, Sejarah merupakan suatu tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu yang terjadi di masa lampau dan dilakukan di tempat tertentu. Dengan demikian, peristiwa sejarah terikat tempat dan waktu.

34. Patrick Gardiner

Sejarah menurut Patrick sangat sederhana yaitu didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang telah diperbuat oleh manusia.

35. Henry Steele Commager

Yang terakhir adalah ahli bernama Henry S Commager. Menurut Henry, sejarah adalah rekaman atau catatan dari keseluruhan masa lampau yang meliputi kesusastraan hukum, pranata sosial, bangunan, agama, filsafat, serta apapun yang teringat pada memori manusia.

Demikian uraian mengenai pengertian sejarah yang didasarkan pada pengertian umum dan pengertian khusus yang didasarkan pada teori sejarah. Dengan mengetahui definisi sejarah secara umum dan khusus, diharapkan bisa memahami dasar-dasar sejarah dengan lebih luas dan lebih dalam.

Pengertian-pengertian sejarah menurut para ahli yang sangat beragam bisa dimanfaatkan untuk menyimpulkan pengertian sejarah dalam perspektif yang baru.

0 Response to "Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dan Secara Umum"

Post a Comment