Contoh Teks Eksplanasi Singkat : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah dan Jenisnya

Daftar isi [Tampil]
Contoh Teks Eksplanasi - Dalam dunia pendidikan, ada berbagai macam jenis wacana atau teks yang beraneka ragam. Salah satunya adalah teks eksplanasi. Jika kamu membaca sebuah wacana atau artikel yang menjelaskan sebuah proses, tentang bagaimana dan mengapa sebuah peristiwa terjadi, itulah yang dimaksud dengan teks eksplanasi.

Contohnya adalah berita tentang banjir tsunami, gempa, ataupun sebuah peristiwa gunung meletus. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai teks eksplanasi, mari simak uraian di bawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

teks eksplanasi
Pengertian Teks Eksplanasi
Eksplanasi adalah sebuah kata serapan yang berasal dari Bahasa Inggris. Kata awalnya adalah explanation yang berarti suatu tindakan untuk menjelaskan, menerangkan ataupun menjabarkan dengan disertai keterangan. Secara umum, teks eksplanasi adalah sebuah teks atau wacana yang menjelaskan tentang sebuah proses sehubungan dengan fenomena yang terjadi di sekitar baik dalam bidang sosial, budaya, ilmu pengetahuan atau ilmu alam.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli


Sedangkan teks eksplanasi menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Menurut Restuti, teks eksplanasi diartikan sebagai sebuah uraian atau teks yang menjelaskan atau menerangkan tentang proses atau fenomena alam dan sosial.
  2. Menurut Mahsun, teks eksplanasi merupakan sebuah teks dimana memiliki susunan yang terstruktur yaitu bagian pembukaan, bagian isi (deretan penjelasan), dan sebuah penutup. Bagian pembukaan berfungsi untuk menerangkan pernyataan umum, bagian isi menjelaskan tentang inti peristiwa dan bagian penutup atau yang biasa disebut sebagai interpretasi merupakan pendapat atau kesimpulan singkat dari penulis mengenai peristiwa yang sedang dijelaskan.
  3. Menurut The Contemporary English-Indonesian Dictionary, teks eksplanasi adalah sebuah teks atau wacana yang memuat tentang berbagai proses sehubungan dengan fenomena alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.


Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Berbagai macam teks yang ada terkadang membuat kita bingung, manakah yang termasuk dalam sebuah teks eksplanasi atau bukan. Untuk membedakannya, Anda harus mengetahui ciri-ciri teks eksplanasi berikut, diantaranya adalah :

  1. Memiliki struktur yang standar yaitu sebuah pernyataan umum, deretan isi atau penjelasan dari peristiwa dan juga sebuah penutup atau interpretasi.
  2. Informasi yang dijabarkan berupa peristiwa aktual yaitu berdasarkan fakta yang ada di lapangan.
  3. Bersifat faktual yang artinya teks ini memuat informasi yang berdasarkan keilmuan atau memiliki sifat ilmiah seperti sains.
  4. Teks ini bersifat informatif atau menerangkan informasi mengenai sebuah peristiwa, yang tidak berusaha mempengaruhi para pembaca dengan hal-hal yang sedang dibahas.


Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi

Seperti sekilas penjelasan di atas, teks eksplanasi memiliki tiga struktur yakni bagian pembukaan, isi dan penutup. Berikut ini akan dijelaskan secara rinci setiap bagiannya.

1. Bagian Pembukaan atau Pernyataan Umum


Pernyataan umum merupakan sebuah wacana yang berisi pengenalan dan pernyataan yang dibuat secara umum atau general mengenai suatu topik atau pembahasan sebuah peristiwa. Pada bagian ini, berisi tentang gambaran sekilas mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa bisa terjadi. Umumnya, bagian pembuatan teks eksplanasi hanya terdiri dari satu atau dua paragraf saja tergantung dari besar kecilnya sebuah topik pembahasan.

2. Isi atau Bagian Sebab Akibat


Bagian isi atau yang juga disebut sebagai deretan penjelas merupakan bagian yang menjelaskan secara rinci tentang setiap proses dan tahapan terjadinya sebuah peristiwa. Penjelasan ini dibuat sedetail mungkin dengan tujuan agar pembacanya mampu memahami jalannya proses yang terjadi. Karena bagian isi menjelaskan dengan detail, bisa jadi akan terdapat lebih dari satu paragraf.

3. Penutup atau Interpretasi


Beberapa ahli menyatakan bahwa bagian penutup atau interpretasi bukan menjadi syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah teks eksplanasi. Pada bagian penutup, Anda akan melihat sebuah kesimpulan atau inti dari wacana atau teksnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah kebahasaan adalah kaidah atau aturan yang dipergunakan untuk membuat sebuah kata, kalimat atau teks yang menjadikannya berbeda dengan jenis kata, kalimat atau teks yang lainnya. Dalam hal ini, membuat sebuah teks eksplanasi harus mengikuti kaidah kebahasaan sebagai berikut :

  1. Topik yang dibahas lebih dikonsentrasikan pada hal-hal yang bersifat umum atau general, bukan pembahasan tentang partisipan manusia atau manusia yang ikut serta dalam sebuah kegiatan tertentu. Contohnya adalah peristiwa bencana alam atau proses terbentuknya sebuah senyawa.
  2. Setiap kata yang dipergunakan harus menggunakan istilah-istilah ilmiah.
  3. Kalimat pasif lebih banyak dipergunakan dari pada kalimat aktif.
  4. Kalimatnya banyak menggunakan kata kerja material dan relasional. Kata kerja material merupakan kata kerja yang menunjukkan aktivitas fisik yang bisa dilihat secara nyata seperti menari, menulis dan membaca. Sedangkan kata kerja relasional adalah kata kerja yang menjelaskan tentang sebuah perbuatan, tingkah laku, tindakan ataupun aktivitas yang dilakukan oleh subjek kepada objeknya, contoh memiliki, menduduki, mendapat, menjadi dan merupakan.
  5. Menggunakan konjungsi atau kata penghubung waktu dan juga klausa, contohnya sehingga, jika, bila, sebelum dan kemudian.
  6. Teks eksplanasi dibuat dengan tujuan menulis sebuah pernyataan bahwa proses yang diterangkan adalah benar adanya.


Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

NWS Department School and Education (2012) menyatakan bahwa ada empat jenis teks eksplanasi yang umumnya dipergunakan. Diantaranya adalah :

  1. Eksplanasi Sequential, Teks eksplanasi ini menjelaskan tentang rincian atau tahapan terjadinya sebuah fenomena seperti proses atau siklus rantai makanan.
  2. Eksplanasi Kausal, Teks eksplanasi yang satu ini menerangkan mengenai penyebab atau asal muasal terjadinya suatu peristiwa perubahan secara urut dan bertahap seperti proses terjadinya erosi tanah.
  3. Eksplanasi Teoritis, Teks eksplanasi ini memberikan gambaran dan beberapa kemungkinan mengenai sesuatu hal yang terjadi di balik sebuah bencana alam seperti spekulasi terjadinya tsunami setelah ada gempa.
  4. Eksplanasi Faktorial, adalah jenis teks eksplanasi dimana wacana ini menjelaskan tentang efek dan hasil sebuah proses seperti efek penjajahan.


Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi
Tidak lengkap rasanya jika kita mempelajari sebuah teori tanpa melihat contohnya secara langsung. Berikut ini kami sediakan beberapa contoh teks eksplanasi berdasarkan beberapa bidang atau aspek tertentu beserta penjelasannya.

1. Contoh Teks Eksplanasi Sosial (Kemiskinan)

Contoh Teks Eksplanasi Sosial (Kemiskinan)

Kemiskinan

Bagian Pembuka

Kemiskinan adalah salah satu permasalahan yang dihadapi oleh banyak negara berkembang termasuk Indonesia. Memiliki banyak penduduk yang tergolong miskin adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh bangsa ini. Kemiskinan terjadi oleh banyak sebab dan faktor.

Bagian Isi

Penyebab pertama dari munculnya kemiskinan adalah kondisi sosial yang diturunkan dari pendahulunya. Banyak sekali orang yang terjerat kemiskinan disebabkan oleh faktor turunan dari keluarganya yaitu terlahir dari keluarga miskin. Meskipun kemiskinan ini bisa dilepaskan, namun anak-anak dari keluarga miskin tidak banyak berupaya untuk melepaskan diri dari kemiskinan. Mereka bersikap pasrah dan tunduk atas keadaan yang menimpanya. Inilah yang menyebabkan kemiskinan menjadi terus diturunkan.

Berada dalam kondisi miskin membuat seseorang banyak kehilangan kesempatan seperti kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Karena faktor kemiskinannya, ia tidak mampu untuk membayar uang sekolah ataupun untuk membeli buku dan keperluan sekolah lainnya. Hal ini juga menjadi faktor penting mengapa kemiskinan tetap merajai. Padahal setiap orang memahami bahwa salah satu cara mengentaskan kemiskinan adalah meningkatkan taraf pendidikan masyarakat.

Penyebab kedua dari sebuah kemiskinan adalah gaya hidup yang terlalu boros. Pada mulanya, kemiskinan bukanlah bagian dari kehidupan seseorang. Namun, karena gaya hidupnya yang terlalu konsumtif menyebabkan dia jatuh miskin dan bahkan tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri seperti makan ataupun tempat tinggal. Kemiskinan yang satu ini bisa dikatakan sebagai buah perbuatan seseorang itu sendiri.

Pemerintah telah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mengentaskan masyarakat miskin dari keadaan yang membelenggunya. Contohnya yaitu menaikkan upah minimum kerja, memperluas lapangan pekerjaan, memberikan pendidikan gratis, tempat tinggal dengan harga terjangkau dan memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan atau skill.

Tentu saja, hal itu tidak dapat tercapai dengan mudah dan harus didukung dengan perilaku masyarakat dengan tidak hidup secara konsumtif, menghindari gengsi, menabung, dan membantu orang di sekitarnya. Sehingga kerja sama masyarakat dan pemerintah sangat menentukan demi mengatasi kemiskinan.

Bagian penutup

Kemiskinan seharusnya bisa diberantas dari Indonesia. Kita harus bisa menerima setiap keadaan yang diberikan serta bersyukur terhadap apa yang dimiliki. Sifat-sifat buruk yang akan menjerumuskan kita seperti yang disebut diatas harus dihilangkan, dan kerjasama pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam menghilangkan kemiskinan di Indonesia.

2. Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Budaya

Bagian Pembuka

India merupakan satu negara yang memiliki keunikan tersendiri. Baik dari segi bermasyarakat ataupun kearifan budayanya, India menjadi salah satu negara yang memberikan pengaruh tersendiri di mata dunia. Negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia ini, mengedepankan budayanya yang menarik. Salah satu hal yang menjadi sorotan banyak orang tentang negara ini adalah tata cara makan atau table manner yang terbilang unik. Mereka begitu menjaga tata cara makan agar tetap sesuai dengan aturan ataupun ketentuan.

Bagian Isi

India menyebarkan pengaruh budaya mereka melalui film-film Bollywood yang mampu membius para penikmat film. Dari film-film tersebut, banyak pelajaran yang dapat diambil dan dipelajari termasuk mengenai tata cara makan mereka. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada saat makan agar jika suatu saat anda mengunjungi negara ini, anda telah mengerti table manner mereka.

Meskipun makanan telah tersaji di meja makan, namun jika sang pemilik rumah belum mempersilahkan, maka anda sebaiknya tidak memulai makan dahulu. Hal ini menunjukkan norma kesopanan dan penghormatan terhadap tuan rumahnya. Tunggulah sampai pemilik rumah selesai berdoa untuk membuka jamuan makan. Bahkan ketika anda telah selesai makan dan masih ada banyak orang yang belum selesai, anda tidak diperkenankan meninggalkan meja makan terlebih dahulu. Akan terlihat tidak sopan, anda meninggalkan meja makan ketika orang lain masih meneruskan makannya.

Biasanya akan disediakan tempat terpisah untuk tamu laki-laki dan perempuan. Namun jika tempat jamuan tidak dipisah, untuk anda tamu wanita jangan sekali-kali menyentuh jamuan makanan untuk laki-laki. Mereka begitu menghormati perbedaan gender. Jamuan makan akan disediakan oleh tuan rumah wanita. Ambillah makanan secukupnya atau tidak terlalu banyak, seiring berjalannya jamuan makan, tuan rumah akan mempersilahkan anda untuk menambah makanan dan anda dapat menambahkan makanan sedikit demi sedikit.

Terkadang untuk jamuan makan sederhana di rumah, tuan rumah menyediakan makan dengan beralaskan daun sebagai piring. Maka, anda seharusnya anda makan dengan menggunakan tangan. Selalu gunakan tangan kanan untuk mengambil ataupun menyuap makanan. Jangan lupa mencuci tangan dan jangan sekali-kali mengambil makanan dengan tangan kiri. Perhatikan juga ketika anda menyuapkan makanan, jangan sampai makanan mengotori telapak tangan anda. Cukup gunakan jari-jari anda dan makan secara perlahan. Makan dengan tangan ini dipercaya akan membangkitkan selera makan dan sebagai pengalaman sensorik untuk indra perasa anda.

Bagi keluarga besar di india, sering diadakan acara makan bersama. Satu piring besar dihidangkan dengan berbagai macam makanan. Seluruh keluarga duduk berkumpul mengelilingi piring tersebut. Menu pembukanya adalah yang biasa kita makan sebagai makanan penutup seperti buah ataupun puding. Setelah diawali dengan doa, makan besar dimulai dengan memakan daging lalu diikuti hidangan lainnya. Di sini, anda tidak boleh saling berebut makanan dan selalu makan dengan tenang dan perlahan.

Bagian Penutup

Banyak sekali makanan india yang begitu menggugah selera dan membangkitkan nafsu makan. Ciri khas mereka adalah selalu menggunakan rempah-rempah dalam jumlah yang cukup banyak sehingga menghasilkan rasa masakan yang kuat dan dominan. Itulah beberapa tata cara makan yang bisa anda pelajari dan harus anda perhatikan ketika anda mendapatkan jamuan makan di negara india ini.

3. Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Gempa dan Tsunami

Bagian Pembuka

Belakangan ini, Indonesia sedang mengalami banyak sekali bencana alam yang cukup sering terjadi. Salah satunya adalah gempa dan tsunami. Kedua bencana alam ini memang merupakan salah satu bagian dari kejadian yang terjadi di alam ini, namun keduanya berlangsung dengan frekuensi yang bisa dikatakan sering di negara Indonesia ini. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Bagian Isi

Munculnya kedua bencana alam ini merupakan hal yang wajar mengingat Indonesia memang terletak diantara deretan pegunungan aktif. Secara geografis, Indonesia dilewati oleh dua cincin api Pasifik dan sabuk Alpide. Pertemuan keduanya menyebabkan dataran Indonesia membentuk lempengan tektonik dengan banyak gunung berapi aktif.

Lempengan itu bisa bergerak karena berada pada lapisan cair yang panas. Pergerakan lempengan ini seringkali menyebabkan tabrakan antara dua lempeng dan beberapa lempeng menusuk lempeng lainnya sehingga menyebabkan gempa bumi. Gempa bumi ini kemudian akan disusul dengan naiknya air laut ke daratan dengan kekuatan dan kecepatan tinggi. Memang tidak semua gempa yang terjadi di dasar laut akan berakhir menjadi tsunami. Akan tetapi, Indonesia memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk terjadi Tsunami.

Bagian Penutup

Bagaimanapun, terjadinya gempa dan tsunami memang tidak bisa dihindari lagi. Yang bisa kita lakukan adalah mengantisipasi jika kedua fenomena alam ini akan terjadi. Sebaik-baiknya cara adalah segera melakukan evakuasi diri jika ada peringatan terjadinya tsunami.

4. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Gerhana Matahari

Bagian Pembuka

Pernahkah Anda mendengar istilah gerhana matahari? Peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu tertentu ini merupakan salah satu peristiwa yang ditunggu-tunggu. Di beberapa wilayah yang terkena gerhana matahari total, sinar matahari akan tertutup oleh bayangan bulan. Bagaimana jelasnya fenomena ini terjadi.

Bagian Isi

Gerhana matahari terjadi jika posisi bumi, bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus. Hal ini mengakibatkan sebuah fenomena dimana matahari seolah-olah tertutup oleh bulan. Walaupun bulan berukuran jauh lebih kecil dari matahari, namun karena perbedaan posisi, bulan akan nampak lebih besar dari matahari.

Gerhana matahari memiliki empat tipe yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari hibrida. Gerhana matahari total yaitu sebuah kondisi dimana besar lingkaran matahari sama besar dengan lingkaran bulan. Hal inilah yang menyebabkan matahari tertutup sepenuhnya oleh bayangan bulan.

Gerhana matahari sebagian ditunjukkan dengan tertutupnya sebagian piringan matahari oleh bayangan bulan. Gerhana matahari cincin juga menutup sebagian dari piringan matahari, namun letak bayangan bulan tepat berada di tengah-tengah piringan matahari. Piringan bulan terlihat lebih kecil dibandingkan piringan matahari. Hal inilah yang menyebabkan matahari nampak seperti cincin yang bersinar.

Gerhana matahari hibrida adalah suatu fenomena dimana ada beberapa wilayah yang mengalami gerhana matahari total dan ada yang mengalami gerhana matahari cincin. Kondisi seperti ini jarang sekali terjadi Kalaupun sempat terjadi, jangka waktunya hanya sebentar saja

Bagian Penutup

Pada kesimpulannya, gerhana matahari merupakan proses yang pasti akan terjadi dalam jangka waktu beberapa saat. Proses revolusi bumi pada matahari dan revolusi bulan pada bumi suatu saat akan bertemu di satu garis lurus.

5. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya


Teks Eksplanasi Singkat

Pernyataan Umum/Bagian Pembuka

Pernahkah Anda mendengar tentang istilah hujan asam? Bagaimana hujan yang satu ini terjadi dan apa saja pengaruhnya terhadap kehidupan manusia sehari-hari? Hujan asam terjadi karena pengaruh aktivitas di permukaan bumi. Banyak yang mengatakan bahwa hujan asam ini cukup berbahaya.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat/Bagian Isi

Hujan dapat dikatakan sebagai hujan asam apabila mengandung kadar pH dibawah normal yaitu dibawah 7. Hujan ini bersifat asam karena karbondioksida yang larut di dalam air mengandung senyawa asam yang lemah. Proses terjadinya hujan asam melalui beberapa tahapan.

Manusia dan segala aktivitasnya di permukaan bumi merupakan salah satu penyebab terjadinya hujan asam. Asap pabrik, asam kendaraan, asap pembakaran barang-barang bekas dan lain sebagainya memicu munculnya gas seperti karbondioksida, karbonmonoksida, sulfur dioksida dan hydrogen sulfur.

Sinar matahari menyebabkan terjadinya penguapan yang akan membawa ke empat gas tadi. Bumi juga mengalami penguapan yang sangat banyak karena berbagai sumber air di permukaannya.
Uap air yang naik ke langit tadi akan bertemu dengan gas-gas penyebab hujan asam. Gas yang berperan adalah karbondioksida dan karbon monoksida.

Pertemuan uap air dan gas karbondioksida dan karbon monoksida akan membentuk suatu asam yang lemah, sedangkan pertemuan uap air dan sulfur dioksida dan hydrogen sulfur akan menghasilkan asam yang bersifat kuat. Jika keempat zat tersebut dalam keadaan yang seimbang, hujan asam tidak akan terjadi.

Kandungan uap air dan gas tadi kemudian berkumpul menjadi awan dan bergerak menuju daratan. Ketika sudah mengalami kejenuhan, awan ini akan menjatuhkan air dalam bentuk titi-titik air. Titik air inilah yang disebut dengan hujan. Sedangkan kandungan asam lemahnya pun ikut jatuh bersama air sehingga disebut hujan asam.

Interpretasi/Bagian Penutup

Itulah tahapan atau kronologi terjadinya hujan asam. Air hujan asam tidak berbeda dengan air hujan biasa, hanya saja hujan asam mengandung asam yang lemah dan kandungan asam ini sedikit banyak membawa dampak yang kurang menguntungkan bagi kehidupan sehari-hari.

6. Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir

Bagian Pembuka

Banjir bukan lagi pemandangan baru di kota-kota besar Indonesia. Hampir setiap musim penghujan tiba, berita banjir besar ataupun kecil seringkali terdengar. Mengapa sebuah daerah begitu sering terkena banjir? Bagaimana banjir ini bisa terjadi berulang kali?

Bagian Isi

Banjir merupakan suatu kondisi dimana sebuah wilayah tergenang air secara berlebihan baik itu berasal dari tingginya curah hujan, meningkatnya debit aliran sungai atau pasangnya air laut. Banjir tidak terjadi begitu saja. Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan peristiwa ini terjadi.

Faktor yang pertama adalah ketidakmampuan sungai untuk mengalirkan air hujan yang turun di atas permukaan tanah. Tingginya curah hujan membuat badan sungai tidak mampu lagi membawa air mengalir ke daerah yang lebih rendah. Pada dasarnya, sungai akan membawa air ke hulu yaitu daerah aliran sungai dan daerah penampungan.

Faktor yang kedua adalah banyaknya hambatan yang membuat air tidak bisa mengalir seperti sampah di sungai atau daerah resapan air yang sudah tertutup oleh bangunan. Wilayah-wilayah yang seharusnya menjadi lokasi dimana air diserap dengan maksimal oleh tanah menjadi berkurang karena hambatan bangunan di atasnya. Hal ini menyebabkan air tergenang dan menjadi banjir.

Umumnya, daerah yang seringkali dilanda banjir adalah daerah yang wilayah resapan airnya sangat sedikit dan banyak sampah plastik yang menutupi aliran sungai. Jika turun hujan yang cukup deras, wilayah ini akan menjadi langganan banjir.

Bagian Penutup

Banjir bukan hal yang tidak bisa dihindari. Untuk bisa menyelesaikan urusan banjir langganan ini, penduduk dan pemerintah setempat harus bisa menemukan akar permasalahannya terlebih dahulu, baik itu karena faktor lingkungan alamnya atau faktor keteledoran manusia.

7. Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Kekerasan di dunia pendidikan

Bagian Pembuka

Terjadinya kekerasan di dunia pendidikan tampaknya sudah menjadi hal yang cukup serius belakangan ini. Seringkali kita mendengar berita duka meninggalnya seorang siswa baru yang sedang menjalani masa orientasi. Kejadian memilukan ini seharusnya tidak pernah terjadi terlebih lagi di dalam dunia pendidikan.

Bagian Isi

Sungguh disayangkan, beberapa saat lalu ada sebuah berita yang mengabarkan bahwa seorang mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi meninggal dunia karena mengalami kekerasan yang dilakukan oleh kakak tingkat atau seniornya pada masa pengenalan atau orientasi sekolah. Siswa ini diketahui mengalami memar dan patah tulang akibat benturan benda tumpul. Mengapa sampai terjadi hal seperti ini?

Entah sejak kapan awalnya, kekerasan di dunia pendidikan menjadi sebuah budaya dalam penerimaan siswa baru. Kekerasan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti minimnya pengawasan, pelestarian budaya tidak baik, pengaruh tayangan dari media dan kegagalan pendidikan moral.

Faktor pertama adalah minimnya pengawasan. Seringkali pihak sekolah memberikan tanggung jawab penuh terhadap kegiatan kemahasiswaan tanpa adanya pengawasan dari pihak sekolah. Mereka melakukan hal ini dengan dalil bahwa kegiatan siswa seharusnya murni berasal dan untuk siswa. Faktor ini mendukung munculnya faktor kedua yaitu pelestarian budaya tidak baik.

Budaya orientasi siswa baru yang condong untuk melakukan kekerasan dengan hukuman fisik seharusnya ditiadakan. Budaya yang seperti ini bukan tidak mungkin tidak diketahui oleh orang banyak. Jika terindikasi adanya kekerasan di dalam sekolah, apapun jenis kegiatan itu harus segera ditinjau kembali.

Media massa baik media cetak ataupun media sosial sering kali menayangkan adegan kekerasan yang tidak patut diputar. Seperti sebuah game saling berperang, baku hantam dan lain sebagainya. Permainan ini dapat mempengaruhi alam bawah sadar seorang siswa untuk ikut melakukan tindak kekerasan serupa.

Faktor terakhir yang menjadi pemicu permasalahan ini adalah telah menurunnya nilai moral dari pelaku kekerasan di sekolah. Siswa yang mendalangi sebuah kekerasan di sekolah, dia pasti merupakan seseorang lemah dalam memanage emosi, tidak memiliki empati terhadap orang lain dan pastinya egois.

Bagian Penutup

Apapun alasannya, kekerasan di sekolah seharusnya tidak pernah terjadi. Sekolah merupakan tempat seorang siswa menuntut ilmu untuk menjadi manusia yang lebih baik, bukan semakin merusak mental dengan kekerasan dan tindakan anarki.

8. Contoh Teks Eksplanasi Lingkungan

9. Contoh Teks Eksplanasi Kompleks


Itulah beberapa contoh teks eksplanasi, struktur, ciri-ciri, serta kaidahnya.. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Contoh Teks Eksplanasi Singkat : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah dan Jenisnya"

Post a Comment