Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli, KBBI, Secara Umum [LENGKAP]

Daftar isi [Tampil]
Pengertian Abstrak - Apa itu abstrak? Abstrak yang akan kita bahas kali ini sering kali digunakan sebagai kosakata dalam arti kata benda seperti lukisan abstrak, seni abstrak dan lain sebagainya. Selain itu, juga bisa berarti abstrak yang mungkin kamu temui di dalam sebuah karya ilmiah.

Umumnya, abstrak diletakkan di bagian awal atau halaman-halaman depan sebuah karya ilmiah, penelitian dan lain-lain. Untuk memahaminya lebih jauh mengenai abstrak, silahkan simak uraian berikut ini.

Pengertian Abstrak

Pengertian Abstrak Secara Umum


Jika diartikan secara umum, abstrak dipergunakan untuk menggambarkan sebuah benda atau situasi yang tidak memiliki bentuk atau wujud. Seperti jika kamu melihat sebuah lukisan abstrak, kamu tidak akan bisa menemukan sebuah bentuk yang pasti, presisi atau secara tepat disebut dengan sebuah bentuk.

Lukisan yang dibuat dengan bentuk tanpa wujud, tidak teratur, dan tidak berpola adalah yang dikatakan sebagai lukisan abstrak.

Dalam bidang literature, abstrak dimaknai sebagai sebuah penjelasan secara ringkas tentang inti dari sebuah karya tulis atau penelitian. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, abstrak dalam karya tulis diletakkan di bagian depan karya tulis untuk memberikan gambaran secara singkat mengenai apa isi karya tulis tersebut.

Pengertian Abstrak Menurut KBBI


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, abstrak memiliki pengertian tidak berwujud, tidak berbentuk, mujarad dan niskala. Sedangkan pengertian abstrak yang kedua adalah ikhtisar (untuk sebuah karangan, laporan dan sebagainya), ringkasan, inti.

Dari pengertian ini bisa dilihat bahwa kata abstrak bisa diartikan menjadi 2 bagian yaitu sebagai kata sifat dan sebagai kata benda. Abstrak sebagai kata sifat dipergunakan untuk menggambarkan suatu hal yang tidak memiliki wujud seperti dalam bidang ekonomi kita mengenal istilah produk abstrak yakni produk jasa.

Sedangkan abstrak sebagai kata benda adalah abstrak yang terdapat pada karya ilmiah sebagai bagian dari penulisan yang berisi tentang ringkasan singkat tentang isi dari karya ilmiah yang dimaksud.

Pengertian Abstrak Adalah

Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli


Beberapa ahli memberikan pendapat berbeda-beda mengenai pengertian abstrak, diantaranya adalah :

1. Maizel (Smith: Singer, 1984)

Menurut Maizel, abstrak adalah sebuah ringkasan yang dibuat secara ringkas dan jelas, berisi tentang tujuan, jangkauan dan hasil penemuan dari sebuah artikel atau penelitian.

2. Lancaster (1991)

Menurut Frederick Wilfrid Lancaster, abstrak adalah serangkaian kalimat perwakilan yang menggambarkan secara akurat tentang isi sebuah buku. Lancaster membedakan antara komposisi abstract dan extract. Extract juga bisa dikatakan sebagai ringkasan singkat yang dibuat dengan cara mengambil kalimat-kalimat yang ada di dalam sebuah buku secara tepat. Sedangkan abstract dibuat dengan cara mengolah kembali kalimat yang digunakan atau tidak sama persis dengan kalimat di dalam buku.

3. Davis dan Rush

Kedua pakar pendidikan ini menyatakan bahwa abstrak adalah sebuah paket kalimat yang diambil dari kalimat-kalimat yang ada di dalam sebuah buku, karya ilmiah atau penelitian untuk dijadikan sebuah ringkasan.

4. Rowley (dalam bukunya Abstracting and Indexing)

Rowley memaknai abstrak sebagai sebuah ringkasan singkat dan akurat mengenai isi sebuah buku yang ditulis dengan gaya bahasa yang sama dengan bukunya.

5. Collison

Abstrak menurut Collison adalah sebuah ringkasan singkat yang disajikan dengan bahasa pengarang tentang poin utama atau inti dari buku yang dimaksud.

6. American National Standards Institute’s (1979)

Institusi ini mangartikan abstrak sebagai sebuah pernyataan singkat, jelas dan akurat dengan tidak menambahkan kritik, tafsiran ataupun pemikiran yang terpengaruh untuk siapa abstrak itu dibuat.

7. ISO (international Standard Organisation, 1976)

Menurut standar ISO, abstrak adalah sebuah penjelasan singkat dan tepat mengenai apa isi dari sebuah buku, dokumen, laporan tanpa memberikan tambahan kritik dan penilaian terkait dengan siapa yang membuat buku tersebut.

Pengertian Abstrak Dalam Seni Rupa


Abstrak dalam seni rupa diartikan sebagai ketiadaan wujud. Seni abstrak adalah sebuah karya seni dari salah satu jenis kesenian kontemporer atau yang saat ini sedang berlangsung, yang tidak menggambarkan sebuah objek dalam dunia nyata. Seni abstrak lebih kepada penggunaan warna dan bentuk dalam cara yang tidak bisa diwakilkan.

Seni abstrak dalam seni rupa seperti lukisan, pahatan, gambar ataupun grafis yang tidak menggambarkan sebuah wujud tertentu yang ada dalam dunia asli atau dunia nyata. Anda tidak akan menemukan sebentuk benda di dunia nyata yang serupa dengan karya abstrak seni rupa. Seni abstrak mengolah bahan menjadi sesuatu hal yang bernilai estetik dan tidak dalam tujuan mewakili sebentuk benda apapun.

Pengertian Abstrak dan Fungsi Abstrak dalam Dunia Penelitian


Dalam dunia penelitian, abstrak diartikan sebagai sebuah ringkasan singkat dan akurat mengenai seluruh aktivitas dan kegiatan yang dilakukan selama masa penelitian. Selain diletakkan di bagian awal sebuah laporan penelitian, abstrak biasanya dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa ibu, yang dalam hal ini adalah bahasa Indonesia dan bahasa Internasional yang berarti bahasa Inggris.

Pembuatan abstrak dalam dua bahasa bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi orang-orang agar bisa memanfaatkan hasil laporan meskipun tidak berasal dari tempat atau negara yang sama.

Fungsi Abstrak


Dalam dunia penelitian, abstrak memegang peranan yang cukup penting, diantaranya adalah :


1. Bagian utama dari Laporan Penelitian

Abstrak berfungsi sebagai bagian utama dari sebuah laporan penelitian. Sebagai komponen utama, abstrak tidak bisa dipisahkan keberadaannya. Tanpa adanya abstrak, sebuah laporan penelitian, karya ilmiah, dan lain sebagainya tidak akan dianggap lengkap dan menjadi sulit dipelajari.

2. Gambaran secara Umum mengenai Hasil Laporan

Abstrak memberikan gambaran pada calon pembaca agar mereka memiliki sedikit pandangan tentang apa isi dari laporan yang hendak mereka baca. Abstrak akan menyajikan secara singkat namun akurat mengenai hasil akhir dari penelitian sehingga jika pembaca ingin mengetahui lebih jelas mengenai prosesnya, mereka akan membaca laporan penelitian tersebut.

3. Bahan Pertimbangan bagi Para Pembaca

Tidak selalu laporan penelitian dibaca seluruhnya. Ada kalanya, karena keterbatasan waktu dan tempat, pembaca hanya membaca bagian abstraknya saja. Hal ini sudah bisa dikatakan mewakili keseluruhan isi buku. Dengan demikian, pembaca akan lebih menghemat waktu dan tenaga sehingga bisa mempertimbangkan untuk membaca laporan tersebut lebih jauh atau tidak.

Jenis-Jenis Abstrak


Pada dasarnya, abstrak dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

1. Abstrak Informatif

Abstrak yang satu ini menyajikan ringkasan dengan lengkap dan jelas sehingga pembaca bisa memahami isi keseluruhan buku atau laporan tanpa membacanya lebih dalam. Abstrak ini memberikan kesempatan pada pembaca untuk bisa mengerti isi buku karena keterbatasan bahasa, akses dan lain sebagainya untuk bisa membaca buku lebih jauh.

2. Abstrak Indikatif

Abstrak indikatif membahas isi buku dengan ringkas dan padat namun jelas. Tujuan dari abstrak indikatif adalah untuk menjelaskan secara singkat tentang permasalahan yang dibahas di dalam karya tulis atau laporannya.

Itulah beberapa pengertian abstrak menurut beberapa ahli dan juga KBBI beserta fungsi dan jenisnya. Semoga artikel ini bisa menambah informasi dan pengetahuan kamu.

0 Response to "Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli, KBBI, Secara Umum [LENGKAP]"

Post a Comment